Tuesday Jun 25, 2024 05:15
Featured

Belajar DJ Sulit? Ini Tahapan Dasarnya

Belajar DJ Sulit? Ini Tahapan Dasarnya

MATA LELAKI - Belajar DJ untuk zaman sekarang bukanlah satu hal yang sulit, apalagi jika sudah didukung dengan perlengkapan yang canggih. Pada dasarnya tugas seorang DJ adalah mencampurkan beberapa lagu atau memindahkan satu lagu ke lagu berikutnya. Banyak yang ingin mahir memainkan alat DJ tapi bingung harus mulai dari mana? Simak penjelasan berikut!

Belajar DJ Sulit? Ini Tahapan Dasarnya

Source: pexels.com

1. Pengenalan alat

Alat DJ mempunyai banyak merek seperti Pioneer, Numark, Denon dan yang lainnya. Ketahui alat apa yang digunakan, karena setiap alat memiliki penempatan tombol yang berbeda. Setelah menentukan alat yang akan digunakan, tahap selanjutnya adalah mencari tahu fungsi dan cara penggunaan dari setiap tombol.

Belajar DJ Sulit? Ini Tahapan Dasarnya

2. Beat dan Tempo

Saat ingin me-mixing lagu, perhatikan terlebih dahulu tempo pada kedua lagu yang ingin di-mix. Pastikan kedua tempo sama, dan lanjutkan untuk mendengar ketukan beat dan clap pada kedua lagu. Jika beat dan clap masih bertabrakan, kalian bisa menyamakan atau mengejarnya dengan menggunakan jog wheel pada alat DJ pilihan kalian.

Belajar DJ Sulit? Ini Tahapan DasarnyaSource: pexels.com

3. Volume dan Frekuensi

Setelah beat dan temponya sama, terkadang ada beberapa lagu yang memiliki volume atau frekuensi yang berbeda, seperti bass atau treble yang terlalu besar, bahkan terlalu kecil. Sampai di tahap ini tugas kita sebagai DJ adalah menyamakan semua frekuensi agar perpindahan lagu terasa lebih halus.

Setelah ketiga tahap itu kalian kuasai, mungkin kalian bisa mempelajari bagaimana mengaplikasikan efek-efek seperti flanger, echo, filter, dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan efek-efek tersebut. Kalian juga harus mengetahui genre apa yang akan kalian putar. Ada berbagai macam genre yang bisa kalian pilih, antara lain house, techno, electro, trance, progrressive, breakbeat, hardstyle, jungle, hip-hop dan yang lainnya.

Bagaimana? Tertarik untuk mulai belajar DJ?

You may also like

Leave a comment