Saturday Apr 27, 2024 15:38
Featured

Tips Ampuh Tetap Produktif Selama Ramadan

Tips Ampuh Tetap Produktif Selama Ramadan

MATA LELAKI - Bagi kalian yang muslim, selama bulan Ramadan jadwal makan dan minum kalian otomatis akan berubah mengikuti waktu yang sudah ditentukan. Hal tersebut tentu bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan seharian. Aktivitas dan tanggung jawab tetap harus dilakukan walaupun sedang menahan lapar dan dahaga.

Saat bulan puasa, tubuh perlu beradaptasi dengan pola makan dan tidur yang berubah. Maka dari itu penting untuk menjaga kebugaran jasmani dan stamina dengan baik. Karena kedua hal tersebut jika tidak diperhatikan akan menyebabkan menurunnya imun sehingga kalian akan mudah sakit. 

Berikut ini adalah tips menjaga stamina untuk kalian yang menjalani puasa agar tetap produktif.

Tips Ampuh Tetap Produktif Selama RamadanSource: pexels.com

1. Sahur

Menu makanan sahur tentu saja menjadi pondasi kita untuk menjalani aktivitas di siang harinya. Maka dari itu pilihlah menu makanan yang sehat saat sahur seperti:

  • Makanan yang tinggi serat akan membantu kalian untuk kenyang lebih lama yang bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran.
  • Makan makanan sumber protein agar tubuh tetap berenergi sepanjang hari, seperti daging sapi dan ayam, ikan, maupun telur.
  • Asupan karbohidrat kompleks meliputi gandum, kacang-kacangan, oatmeal, dan nasi.

2. Minum

Atur jadwal minum kalian agar cairan dalam tubuh tetap terpenuhi sehingga dapat menjaga stamina. Karena jika kekurangan cairan, tubuh menjadi lemas dan tidak dapat beraktivitas secara optimal. Adapun waktu untuk minum selama bulan puasa yang bisa kalian ikuti sebagai berikut:

  • Sebelum tidur.
  • Setelah bangun sahur.
  • Selepas sahur.
  • Saat berbuka puasa.
  • Setelah salat Maghrib.
  • Sehabis makan malam.
  • Setelah salat Isya.
  • Setelah salat Tarawih.

Disarankan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak daripada jenis minuman lainnya untuk kebaikan dan kesehatan saat puasa.

Tips Ampuh Tetap Produktif Selama RamadanSource: pexels.com

3. Olahraga

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dan tidak berolahraga. Kalian bisa menyesuaikan kapan waktu yang tepat untuk olahraga pada saat bulan puasa. Misalnya, olahraga di sore hari menjelang waktu berbuka sehingga bisa langsung minum dan makan untuk mengembalikan energi yang hilang.

Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali per minggu dengan durasi latihan 30 - 45 menit serta fokus pada latihan kekuatan untuk menghindari kehilangan massa otot seperti plank, push-up, atau sit-up. Adapun aktivitas lainnya yang bisa kalian lakukan antara lain seperti jogging, berenang, bersepeda, atau jalan cepat.

4. Berbuka

Bulan puasa biasanya indentik dengan makanan manis, minuman dingin dan juga gorengan. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi hidangan tersebut sesekali. Karena kebanyakan jenis makanan ini terlihat nikmat namun sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi terlalu sering.

Kalian bisa berbuka dengan sederhana namun menyehatkan, seperti segelas air putih dan kurma. Kemudian kalian bisa melanjutkan makan malam dengan porsi normal serta mengandung gizi seimbang setelah jeda kurang lebih 30 menit. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi suplemen vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Tips Ampuh Tetap Produktif Selama RamadanSource: pexels.com

5. Istirahat

Salah satu hal yang paling penting dalam menjaga stamina adalah istirahat yang cukup. Setelah berpuasa dan menjalani aktivitas seharian tentu tidur menjadi hal yang sangat penting karena ini adalah waktunya bagi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri.

Kalian bisa mencoba untuk mengatur jam tidur lebih awal agar mendapatkan waktu tidur yang cukup. Hindari begadang jika tidak ada hal penting yang dilakukan untuk menjaga stamina tubuh tetap stabil saat menjalani puasa esok hari.

Itulah tips untuk tetap fit dan produktif selama bulan Ramadan. Sudahkah kalian melakukan semuanya?

You may also like

Leave a comment