Wednesday Jul 24, 2024 12:39
Featured

Vodka, Wiski, Rum, Apa Bedanya?

Vodka, Wiski, Rum, Apa Bedanya?

MATA LELAKI - Di negara kita, Indonesia, banyak orang yang mengkonsumsi minuman keras atau beralkohol, baik untuk sekadar santai menemani waktu malam, maupun seru-seruan bersama dengan teman. Beda halnya dengan negara yang memiliki 4 musim atau negara dengan iklim dingin. Selain untuk menghilangkan dahaga, tak sedikit dari mereka yang memilih minuman beralkohol untuk menghangatkan badan.

Sama seperti di Indonesia, minuman beralkohol tak dijual bebas layaknya soft drink atau minuman biasa lainnya. Membeli minuman beralkohol ini hanya bisa dibeli di tempat tertentu, dan tak bisa dibeli sembarang orang. Minuman beralkohol bisa dibeli dengan syarat si pembeli harus sudah cukup umur. Batas umur seseorang yang legal untuk mengkonsumsi minuman beralkohol berbeda tiap negara, ada yang harus minimal berusia 18 tahun, ada juga yang membatasi usia minimal seseorang harus berusia 21 tahun baru bisa meminum alkohol.

Jenis dari minuman beralkohol ini pun banyak macamnya, seperti misalnya vodka, wiski, atau rum. Tentunya, setiap orang memiliki preferensinya masing-masing dalam memilih minuman beralkohol. Namun, sebenarnya apa yang membedakan antara minuman berlkohol yang satu dengan lainnya? Buat kalian yang belum tahu, simak penjelasannya berikut ini!

Vodka

Vodka, Wiski, Rum, Apa Bedanya?
Source: pixabay.com

Vodka adalah minuman beralkohol dengan kadar tinggi, bening, dan tidak berwarna, yang biasanya disuling dari pati atau biji-bijian seperti gandum dan jagung yang sudah difermentasi sebelumnya. Banyak yang menduga bahwa kata Vodka diambil dari kata bahasa Slavia, yaitu "Voda" yang berarti "air". Vodka sendiri mengandung alkohol sekitar 35-60%. Sedangkan Vodka yang berasal dari Rusia mengandung alkohol sebanyak 40%.

Wiski

Vodka, Wiski, Rum, Apa Bedanya?
Source: pixabay.com

Diambil dari bahasa Irlandia, wiski, atau kadang ditulis whiskey, juga dibuat dengan menggunakan biji-bijian hasil fermentasi seperti malt jelai, gandum dan jagung. Kemudian minuman ini disimpan di dalam tong kayu ek selama minimal 3 tahun. Scotch atau wiski dari Skotlandia memiliki kesamaan dengan wine yang akan berasa lebih nikmat seiring dengan bertambahnya usia minuman itu sendiri. Kadar alkohol wiski bisa mencapai 40%. Untuk warnanya, wiski memiliki warna coklat keemasan. Minuman ini mulai diperkenalkan pada tahun 1494.

Rum

Vodka, Wiski, Rum, Apa Bedanya?
Source: thebrilliantkitchen.com

Rum adalah minuman beralkohol hasil fermentasi dan distilasi sari tebu atau air tebu yang kemudian mengalami pematangan di dalam tong kayu ek, mirip seperti wiski. Rum dengan kualitas terbaik memberikan rasa yang kompleks, yaitu campuran rasa manis, lembut, bau asap dan tanah. Kadar alkoholnya pun beragam, mulai dari 3%, sampai dengan kadar alkohol tertinggi 40%. Minuman Rum ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat sedang santai, karena diminum dengan perlahan.

Itulah perbedaan antara minuman vodka, wiski, dan rum. Kalau kalian sendiri apa minuman beralkohol favorit kalian? Atau kalian punya minuman beralkohol favorit selain yang sudah disebutkan di atas?

You may also like

Leave a comment