Friday Mar 01, 2024 15:50
Featured

Awas, Jangan Lakukan Ini Saat Rayakan Imlek

Awas, Jangan Lakukan Ini Saat Rayakan Imlek

MATA LELAKI - Bulan depan, yaitu bulan Februari, warga Tionghoa akan menyambut Tahun Baru Imlek. Bermacam-macam cara dilakukan warga Tionghoa ketika menyambut Tahun Baru Imlek, mulai dari menghias rumah dengan pernak-pernik khas Imlek, hingga menyediakan hidangan spesial. Perayaan Imlek juga sering dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Berbicara tentang Imlek, tentu ada banyak tradisi yang biasa dilakukan umat Tionghoa, salah satunya adalah adanya pantangan saat perayaan Imlek. Pantangan ini sudah dijalankan secara turun-temurun dari zaman nenek moyang hingga sekarang. Konon ketika ada salah seorang yang melanggar pantangan tersebut akan mendatangkan sial atau malapetaka. Berikut 5 pantangan yang tidak boleh warga Tionghoa lakukan saat Imlek.

1. Mencuci rambut

Awas, Jangan Lakukan Ini Saat Rayakan ImlekSource: era.id

Pantangan yang pertama ialah mencuci rambut saat Imlek, Dalam bahasa Tiongkok kata rambut diucapkan dan ditulis hampir menyerupai dengan kata 'fa' dalam 'facai' yang berarti 'menjadi kaya raya'. Oleh sebab itu mencuci rambut menurut kepercayaan mereka berarti 'membuang keberuntungan'.

2. Menyapu atau bersih-bersih

Awas, Jangan Lakukan Ini Saat Rayakan ImlekSource: pixabay.com

Warga Tionghoa sangat percaya bahwa bersih-bersih atau menyapu harus dilakukan sebelum perayaan Imlek. Akan tetapi mereka pantang jika melakukan bersih-bersih atau menyapu saat tahun baru tiba. Mereka yakin kalau membersihkan atau membuang sampah malah bisa menghilangkan keberuntungan. Jika ingin melakukannya, pastikan untuk memulai dari tepi luar ruangan dan menyapu ke dalam. Dan tidak lupa untuk mengantongi semua sampah dan buang sesudah hari ke-5.

3. Memakai pakaian putih dan hitam

Awas, Jangan Lakukan Ini Saat Rayakan ImlekSource: popbela.com

Memakai baju hitam dan putih saat Imlek biasanya tidak diperbolehkan, karena warna hitam dan putih diasosiasikan dengan kabar duka atau kegiatan melayat. Sebab karena itu sangat tidak beruntung jika memakai warna hitam atau putih sepanjang bulan di Tahun Baru Imlek.

4. Memecahkan gelas, mangkuk dan sejenisnya

Awas, Jangan Lakukan Ini Saat Rayakan ImlekSource: tempo.com

Menurut kepercayan warga Tionghoa, memecahkan mangkuk, piring, gelas, vas, atau cermin pada saat merayakan Tahun Baru Imlek dianggap sebagai pembawa nasib buruk, yang berarti kehilangan uang atau kehancuran keluarga.

Apabila di antara barang tersebut ada yang pecah secara tidak sengaja, warga Tionghoa biasanya menggunakan kertas merah untuk membungkus pecahannya, lalu mengucapkan "Sui sui ping'an" yang artinya 'selamat dan sehat sepanjang tahun'.

5. Mengunjungi keluarga istri

Awas, Jangan Lakukan Ini Saat Rayakan ImlekSource: halodoc.com

Pantangan saat Imlek yang terakhir adalah mengunjungi keluarga istri. Mereka percaya hal ini berarti ada masalah pernikahan dan mungkin juga membawa kesialan bagi seluruh keluarga.
Pasangan bisa mengunjungi keluarga istri pada hari ke-2, dan boleh membawa anak-anak mereka hingga membawa hadiah sederhana untuk dinikmati bersama keluarga.

Itulah beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan pada saat merayakan Hari Raya Imlek. Semoga buat kalian yang akan merayakan Imlek 2024 nanti tidak melanggar pantangan-pantangan yang ada di atas.

You may also like

Leave a comment