Sunday Apr 28, 2024 23:36
Featured

Tips Ampuh Berhenti Merokok

Tips Ampuh Berhenti Merokok

MATA LELAKI - Zaman sekarang, segalanya makin dipermudah, termasuk dalam hal membeli rokok. Jika dilihat, sekarang makin banyak pula yang merokok, baik itu laki-laki atau perempuan. Masalahnya, jika sudah sekali merokok, akan sulit untuk bisa berhenti merokok.

Jika kalian memutuskan untuk berhenti merokok saat ini, kalian mungkin sudah berada di jalur yang tepat, karena berhenti merokok dapat memperbaiki kesehatan kalian. Tetapi tidak dapat dipungkiri berhenti merokok merupakan tantangan tersendiri, terutama bagi kalian yang sebelumnya merupakan perokok berat. Berikut ini 5 cara yang bisa kalian lakukan untuk bisa berhenti merokok.

1. Konsumsi makanan sehat

Tips Ampuh Berhenti MerokokSource: jawapos.com

Kalian bisa melawan hasrat ingin merokok dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang diperlukan tubuh kalian terpenuhi sehingga tidak mencari pelarian dengan merokok. Mengonsumsi makanan sehat lama-kelamaan juga dapat memperbaiki efek merokok terhadap indra perasa yang sebelumnya kalian alami.

2. Sibukkan diri

Tips Ampuh Berhenti MerokokSource: pantau.com

Stres merupakan salah satu hal yang dapat membuat kalian ingin merokok, sebab bagi sebagian orang rokok menjadi penghalau stres yang cukup ampuh. Agar hal ini tak terjadi pada kalian, ada baiknya untuk menyibukkan diri dengan melakukan berbagai kegiatan menyenangkan, misalnya melakukan olahraga bagi yang memang hobi olahraga. Jangan lupa juga untuk beristirahat cukup.

3. Kurangi asupan kafein

Tips Ampuh Berhenti MerokokSource: magelangekspres.disway.id

Asupan kafein seperti yang ada pada kopi merupakan pasangan yang sangat pas jika digandengkan dengan rokok. Karena kafein akan bekerja dua kali lebih keras jika nikotin berkurang. Efek nikotin yang keras ini bisa memancing kalian untuk merokok lagi. Jadi jika memang ingin berhenti merokok, kalian bisa mulai dengan mengurangi asupan kafein harian kalian.

4. Hitung pengeluaran untuk rokok

Tips Ampuh Berhenti MerokokSource: kompas.com

Tips berhenti merokok yang satu ini sebenarnya sangat mudah untuk kalian lakukan. Cobalah untuk mulai menghitung untung rugi dari setiap pengeluaran yang kalian keluarkan untuk membeli rokok. Jika berhenti merokok kalian akan memiliki keuntungan kesehatan, dan kalian akan meminimalkan risiko terkena penyakit jantung koroner ataupun kanker paru-paru. Kalian juga bisa berhemat karena tidak perlu lagi membeli satu atau dua kemasan rokok tiap hari.

5. Sering konsumsi susu

Tips Ampuh Berhenti MerokokSource: eksposkaltim.com

Cara yang terakhir, cobalah kalian mengonsumsi susu karena susu bukanlah minuman yang enak jika didampingi dengan rokok. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjauhi lingkungan yang penuh dengan perokok. Dengan sendirinya kalian akan berusaha untuk mengurangi rokok.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan jika ingin berhenti merokok. Mari sayangi tubuh kalian sebelum sakit kanker dan penyakit lain menyerang tubuh kalian.

You may also like

Leave a comment