Monday May 20, 2024 22:48
Featured

Festival Songkran, Pesta Main Air di Thailand

Festival Songkran, Pesta Main Air di Thailand

MATA LELAKI - Thailand menjadi salah satu negara pilihan sebagai destinasi liburan. Beragam macam wisata kuliner dan wisata alam yang bisa dikunjungi di negara tersebut. Namun negeri gajah putih ini selalu mengadakan sebuah festival yang menjadi daya tarik pengunjung setiap satu tahun sekali, yaitu festival Songkran.

Festival Songkran sendiri sebenarnya adalah sebuah perayaan tahun baru Thailand yang diadakan setiap tanggal 13 sampai 15 April. Selain itu, Songkran juga menjadi waktu untuk membersihkan diri secara simbolis, menyambut musim panas dan bersenang-senang bersama.

Festival ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat Thailand tetapi para wisatawan asing juga banyak yang ikut memeriahkan acara tersebut. Terdapat beberapa daya tarik dari festival Songkran, antara lain sebagai berikut:

Festival Songkran, Pesta Main Air di ThailandSource: bangkokpost.com

1. Perang Air

Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara pada festival Songkran adalah perang air. Air menjadi simbol pembersihan diri dari dosa-dosa tahun sebelumnya untuk memulai tahun yang baru dengan semangat.

Orang-orang di Thailand baik lokal maupun turis, akan memadati jalanan di kota-kota besar Thailand seperti Bangkok dan Phuket dengan pistol air, ember, dan berbagai alat lain untuk saling menyiram air satu sama lain.

2. Perayaan dengan Hari Libur Panjang

Festival Songkran menjadi salah satu perayaan yang banyak dinantikan wisatawan lokal maupun asing. Umumnya perayaan Songkran diadakan setiap tanggal 13 April sampai 15 April. Namun, regulator di Thailand juga menetapkan tanggal 17 April sebagai hari libur nasionalnya.

Festival Songkran, Pesta Main Air di ThailandSource: bookingtogo.com

3. Ajang Kumpul Keluarga

Perayaan Songkran juga menjadi waktu untuk berkumpul dan berlibur bersama keluarga. Biasanya perayaan ini dilakukan dengan ritual Rod Nam Dam Hua, yang merupakan prosesi menyiram air ke telapak tangan dan kaki orang-orang tua sebagai tanda rasa hormat pada orang tua dan kakek-nenek mereka.

Selain itu, masyarakat biasanya juga akan biasanya membersihkan rumah, sekolah, kantor, dan ruang publik lainnya untuk membersihkan hal-hal negatif dan nasib buruk.

Festival Songkran, Pesta Main Air di ThailandSource: idntimes.com

4. Kontes Kecantikan Miss Songkran

Selain perang air, Songkran ternyata juga menghadirkan kontes kecantikan layaknya ajang Miss Grand atau Miss Universe. Dalam acara ini, para peserta biasanya mengenakan baju tradisional Thailand yang dihadiri oleh berbagai kontestan cantik dari berbagai daerah di Thailand.

Tak hanya itu, terdapat juga juri yang akan menilai dan memberikan pertanyaan kepada para kontestan.

Itulah beberapa daya tarik perayaan tahun baru Thailand dengan festival Songkran. Apakah kalian tertarik untuk mengikuti festival tersebut?

You may also like

Leave a comment