Monday May 20, 2024 23:33
Featured

Punya Akantosis Nigrikans? Ini Penyebabnya

Punya Akantosis Nigrikans? Ini Penyebabnya

MATA LELAKI - Mempunyai kulit cerah merata merupakan idaman banyak orang. Pasalnya kulit belang sering kali membuat seseorang menjadi hilang percaya diri. Area gelap tersebut biasanya muncul pada daerah lipatan kulit seperti ketiak, leher, atau selangkangan. Tak hanya karena masalah kebersihan, ada kemungkinan area gelap pada kulit tersebut menandakan masalah kesehatan yang lebih serius, salah satunya akantosis nigrikans.

Punya Akantosis Nigrikans? Ini PenyebabnyaSource: pexels.com

Akantosis nigrikans merupakan perubahan kulit yang menjadi lebih gelap dan seperti beludru di lipatan kulit dan lipatan tubuh. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, namun biasanya sering terjadi pada orang yang obesitas atau diabetes. Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan gejala kulit tambahan, seperti, kekeringan, kasar, gatal dan bau yang tidak biasa.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya akantosis nigrikans. Namun, gangguan ini sering terjadi akibat peningkatan kadar insulin dan resistensi insulin. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang diduga memicu terjadinya akantosis nigrikans.

Punya Akantosis Nigrikans? Ini PenyebabnyaSource: orami.co.id

    • Resistensi insulin. Kebanyakan orang yang mengidap akantosis nigricans mengalami resistensi insulin, yaitu ketika insulin tidak bisa bekerja dengan efektif atau dengan kata lain terjadi diabetes.
    • Kelainan hormon. Akantosis nigrikans terjadi pada orang yang mengalami kista ovarium, penurunan fungsi kelenjar tiroid, dan masalah pada kelenjar adrenal.
    • Obat-obatan tertentu. Selain akibat kondisi medis tertentu, akantosis nigrikans juga bisa dipicu oleh penggunaan obat dan suplemen seperti niacin dosis tinggi, pil KB, prednison dan obat kortikosteroid lainnya
    • Kanker. Kadang akantosis nigrikan terjadi bersamaan dengan penyakit limfoma, atau ketika adanya tumor atau kanker pada daerah perut, usus besar atau liver.
    • Genetik. Akantosis nigrikan herediter mungkin bisa muncul sejak lahir. Namun, kebanyakan orang mengembangkan kondisi kulit ini selama masa kanak-kanak atau di kemudian hari.

    Punya Akantosis Nigrikans? Ini PenyebabnyaSource: klikdokter.com

    Penyakit akantosis ini bisa dicegah dengan menghindari faktor risikonya seperti menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, serta membatasi makanan tinggi gula demi mencegah peningkatan kadar gula darah. Selain itu kalian juga harus rutin berolahraga agar dapat menjaga berat badan yang ideal.

    Mari mulai hidup sehat mulai sekarang, sehingga penyakit seperti akantosis nigrikans ini bisa dihindari.

    You may also like

    Leave a comment