Tuesday Apr 30, 2024 19:34
Featured

Polusi Rendah, Ini Negara Paling Bersih Sedunia

Polusi Rendah, Ini Negara Paling Bersih Sedunia

MATA LELAKI - Belakangan ini polusi udara di Indonesia menjadi perbincangan masyarakat karena kualitasnya yang sangat buruk. Fakta ini semakin kuat karena didasari oleh data-data kredibel yang menunjukkan kalau kualitas negara di Indonesia tidak sehat.

Menurut IQAir, sebuah perusahaan teknologi kualitas udara Swiss, kualitas udara Indonesia menduduki peringkat 160 dan masuk ke dalam 10 negara besar dengan kualitas udara yang buruk. Hal ini disebabkan karena banyaknya jumlah pengendara motor. Selain itu sektor industri, dan pembangkit listrik juga mempengaruhi kualitas udara di Indonesia.

Sementara itu, di tengah isu udara buruk yang terjadi di Indonesia, terdapat negara lain yang menjadi negara terbersih dengan tingkat polusi rendah. Negara apa saja itu? Simak ulasan berikut.

1. Denmark

Polusi Rendah, Ini Negara Paling Bersih SeduniaSource: pexels.com

Negara ini menjadi salah satu negara paling bersih dengan skor EPI 82,5 pada tahun 2020. Peran pemerintah yang juga didukung oleh kesadaran masyarakatnya menghasilkan pencapaian yang luar biasa.

Beberapa kebijakannya antara lain seperti mengurangi emisi gas rumah kaca dan pencegahan pemanasan global melalui beberapa kebijakan yang komprehensif dan efektif. Tidak hanya itu, di negara tersebut juga terlihat adanya hotel-hotel yang ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik.

2. Luksemburg

Polusi Rendah, Ini Negara Paling Bersih SeduniaSource: pexels.com

Di posisi selanjutnya ada negara Luksemburg yang mendapatkan skor 82,3. Meskipun populasi dan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB)-nya cepat, tetapi negara ini berhasil menunjukkan kemampuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungannya.

Meskipun negara ini relatif kecil dan hanya dihuni 600 ribu penduduk saja, tetapi Luksemburg unggul di beberapa aspek seperti polusi yang rendah, serta sanitasi dan air minum yang layak.

3. Swiss

Polusi Rendah, Ini Negara Paling Bersih SeduniaSource: pexels.com

Menjadi negara paling bersih ketiga, Swiss mendapatkan skor EPI keseluruhan 81,5 berkat usaha pemerintah dan kesadaran para masyarakat dalam menggunakan energi panas bumi dan tenaga surya.

Tidak hanya itu, negara ini juga mencetak skor tertinggi untuk air minum dan sanitasi dan menyamai skor sempurna Denmark dalam indeks perlindungan spesies.

4. Britania Raya

Polusi Rendah, Ini Negara Paling Bersih SeduniaSource: pexels.com

Britania Raya memiliki skor EPI 81.3 yang juga memiliki skor sempurna untuk air minum, sanitasi, dan emisi pencemaran. Negara yang memiliki udara dan lingkungan paling bersih di dunia ini menerapkan sejumlah kebijakan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di berbagai sektor.

5. Prancis

Polusi Rendah, Ini Negara Paling Bersih SeduniaSource: pexels.com

Walaupun Prancis merupakan negara terindustrialisasi, namun Prancis mendapatkan skor EPI 80, dan mencapai skor sempurna dalam emisi pencemaran. Sebanyak 80% energinya berasal dari tenaga nuklir, yang secara signifikan mengurangi emisi karbon.

Pencapaian ini juga didasari oleh inisiatif lingkungan Prancis termasuk turbin air di sepanjang sungainya dan melarang supermarket membuang makanan yang tidak terpakai dan masih baik.

Itulah negara paling bersih sedunia dengan tingkat polusi udara yang sangat rendah. Sudah saatnya kita sadar dan menyusul negara-negara maju di atas agar udara Indonesia menjadi lebih baik.

You may also like

Leave a comment