Friday Mar 01, 2024 14:18
Featured

Atasi Visceral Fat dengan Cara Ini

Atasi Visceral Fat dengan Cara Ini

MATA LELAKI - Visceral Fat adalah jenis lemak yang terdapat di dalam rongga perut, terutama di sekitar organ-organ dalam. Penumpukan visceral fat dapat terlihat dari perut buncit dan pinggang yang besar. Kelebihan lemak jenis ini berbahaya bagi kesehatan dan dapat membawa pada penyakit serius, seperti risiko diabetes tipe 2, resistensi insulin, penyakit jantung, hingga kanker tertentu.

Walaupun sulit untuk mengetahui seberapa banyak visceral fat yang ada di tubuh kita, tetapi kita bisa menguranginya dengan cara berikut ini.

Atasi Visceral Fat dengan Cara IniSource: pexels.com

Rutin olahraga

Olahraga tentu saja menjadi cara yang wajib dilakukan untuk menurunkan berat badan secara umum. Tetapi di kondisi seperti ini, perlunya mengkombinasikan olahraga kardio dengan latihan kekuatan tubuh seluruh tubuh. Kalian bisa mencoba melakukan kardio kurang lebih 150 menit dalam satu minggu dan menambahkan latihan kekuatan dua hingga tiga hari tiap minggu.

Kurangi konsumsi gula tambahan

Mengonsumsi gula berlebihan sering dikaitkan dengan meningkatkannya berat badan yang juga lemak yang menumpuk pada bagian pinggang. Minuman kemasan atau minuman lainnya yang mengandung gula juga dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Maka dari itu perhatikan lebih baik apa yang kalian konsumsi, jangan tertarik hanya karena embel-embel minuman sehat yang nyatanya belum tentu menyehatkan.

Atasi Visceral Fat dengan Cara IniSource: pexels.com

Kelola stres dengan baik

Saat seseorang merasa stres, tubuh akan melepaskan hormon stres kortisol ke dalam aliran darah, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Hal ini berhubungan kuat antara peningkatan kortisol dan jumlah visceral fat yang lebih tinggi.

Kalian bisa melakukan hal apapun untuk menghilangkan stres seperti yoga, meditasi, terapi atau aktivitas lainnya agar terhindar dari lemak jenis ini.

Atasi Visceral Fat dengan Cara IniSource: pexels.com

Tidur yang cukup

Pola tidur yang sehat dan berkualitas dapat mengoptimalkan sistem kekebalan, meningkatkan suasana hati dan produktivitas. Jam tidur juga dapat memengaruhi ghrelin dan leptin, hormon perangsang nafsu makan. Durasi tidur yang baik untuk orang dewasa minimal 7 jam dengan waktu bangun dan tidur yang konsisten.

Itulah tips yang bisa kalian coba untuk menurunkan visceral fat. Semoga informasi di atas dapat membantu mengatasi masalah berat badan kalian.

You may also like

Leave a comment