Wednesday Jul 24, 2024 12:12
Featured

Perkembangan Gitar dari Dulu Hingga Kini

Perkembangan Gitar dari Dulu Hingga Kini

MATA LELAKI - Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari. Pada awalnya nama gitar ini lebih dikenal sebagai citar atau sehtar di wilayah Persia pada tahun 1500-an SM. Seiring berjalannya waktu, perkembangan gitar menjadi berbagai macam yang pada saat itu dikenal dengan istilah tanbur.

Perkembangan Gitar dari Dulu Hingga KiniSource: classicalguitarmagazine.com

Gitar awalnya hanya memiliki 4 senar membentang dari pegbox yang mirip biola menuju jembatan tegangan yang berada di papan suara. Kemudian pada abad ke-16 hingga abad ke-19 terdapat beberapa penambahan yang dilakukan pada alat musik tersebut, seperti senar kelima yang ditambahkan sebelum tahun 1600 dan senar keenam yang ditambahkan pada akhir abad ke-18.

Perubahan juga terlihat pada sekrup logam yang diganti dengan pin penyetel dan fret knotted awal yang digantikan oleh fret gading atau logam bawaan pada abad ke-18.

Perkembangan Gitar dari Dulu Hingga KiniSource: pexels.com

Saat ini gitar memiliki 2 jenis yaitu gitar akustik dan gitar eletrik. Lantas apa perbedaan dari kedua jenis tersebut?

  • Genre, gitar akustik digunakan untuk musik akustik yang mana bunyi petikan dalam sebuah musik tersebut biasanya lebih dominan. Sementara gitar elektrik banyak digunakan untuk bermain musik dengan genre metal, pop, blues, dan masih banyak lagi.
  • Ukuran, perbedaan selanjutnya terlihat jelas dari fisiknya. Gitar akustik memiliki body yang lumayan besar, berbeda dengan gitar elektrik yang memiliki body ramping.

Perkembangan Gitar dari Dulu Hingga KiniSource: pexels.com

  • Harga, Alat musik elektrik cenderung lebih mahal daripada alat musik akustik. Hal tersebut dikarenakan alat musik elektrik memerlukan lebih banyak komponen yang menunjang kelistrikannya.

Itulah tadi asal-usul dan perbedaan antara gitar akustik dan elektrik. Kalian sendiri tim akustik atau tim elektrik?

You may also like

Leave a comment