Wednesday Jan 26, 2022 21:33

Yuk Cek MacBook Pro Anda Dulu, Takut Meledak!

Yuk Cek MacBook Pro Anda Dulu, Takut Meledak!

MATA LELAKI - Berita pencekalan MacBook Pro sudah diketahui umum karena sempat viral dengan berita yang sedikit berlebihan. Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan terbesar Indonesia, yang banyak melayani rute internasional, telah mengklarifikasikan pelarangan bagi penumpang untuk membawa unit MacBook Pro (Retina Display) 15 Inci ke dalam badan pesawat. Larangan ini berlaku untuk carry-on kabin, bagasi maupun kargo pesawat.

Yuk Cek MacBook Pro Anda Dulu, Takut Meledak!
Pic Source : ibox.co.id

 

Seperti yang diungkapkan dengan gamblang oleh M. Ikhsan Rosan yang menjabat sebagai VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, dalam keterangan tertulis yang mewakili maskapai Garuda Indonesia, M. Ikhsan memberikan pernyataan maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah mengeluarkan larangan resmi untuk membawa produk tersebut (MacBook Pro Retina Display) ke dalam pesawat, baik di kabin, bagasi maupun layangan kargo. Secara spesifik produk yang dimaksud adalah MacBook Pro Retina Display 15 Inci yang dikeluarkan oleh Apple sejak pertengahan 2015 secara global.

Ditengarai dalam kurun waktu 2015 sampai dengan 2017, produk Apple tersebut ada yang memiliki cacat pada baterai sehingga mudah terbakar. Secara keseluruhan, sesuai rilis resmi dalam website Apple, diperkirakan ada 432.000 unit MacBook Pro dalam kondisi cacat baterai tersebut disebar di Amerika Serikat. Jumlah itu bertambah 26.000 unit lagi bila disertakan dengan penjualan di negara Kanada.

Yuk Cek MacBook Pro Anda Dulu, Takut Meledak!
Pic Source : support.apple.com

 

Dengan resiko terbakar hingga meledak, wajar saja regulasi dari IATA Dangerous Goods Regulations (Special Provisions A154) dan European Union Aviation Safety Agency (EASA) mencekal MacBook Pro Retina Display 2015 ikut dalam penerbangan apapun. Hal ini kemudian diikuti dengan gesit oleh maskapai tanah air, Garuda Indonesia.

Untuk menyesuaikan dengan kondisi di Indonesia, pihak management Garuda berjanji untuk selalu berkoordinasi dengan stakeholder maupun pihak regulator dalam menindaklanjuti perkembangan tentang pelarangan tersebut.

Mungkin sisi yang membuat berita ini viral adalah meski jumlah unit cacat yang dipasarkan cukup besar, tidak semua MacBook Pro Retina Display 15 Inci ini mengalami cacat produksi. Pihak Apple telah memberikan akses untuk melakukan pengecekan secara mandiri terhadap unit MacBook Pro yang dimiliki konsumen.

Dengan mengakses halaman situs resmi Apple di:

15-inch MacBook Pro Battery Recall Program

setiap konsumen hanya perlu memasukan serial number produk mereka dan melihat apakah produk tersebut tercatat sebagai unit yang terpasang baterai yang cacat. Apabila ternyata serial number yang diinput adalah benar unit yang tergolong rusak, halaman selanjutnya akan menawarkan servis pergantian baterai gratis yang umumnya menghabiskan waktu 1-2 minggu saja.

Sedangkan untuk yang tidak tercantum sebagai unit yang beresiko terbakar, Apple menjelaskan bahwa unit tersebut tidak terpasang baterai cacat atau sudah pernah diganti dengan baterai yang benar.

Merujuk dari halaman tadi, artinya tidak semua MacBook Pro seharusnya dilarang masuk dalam penerbangan.

Yuk Cek MacBook Pro Anda Dulu, Takut Meledak!
Pic Source : selular.id

 

Bahkan untuk menentukan tipe dan jenis dari MacBook Pro yang tiap serinya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, ditakutkan para petugas bandara yang bertugas sulit melakukan klasifikasi mana MacBook yang benar-benar beresiko. Itulah yang sedikit banyak menyebabkan banyak anggapan miring bahwa kelak seluruh unit MacBook Pro akan dilarang sama sekali ikut dalam penerbangan.

Apakah Anda pemilik dari salah satu unit MacBook Pro yang diduga bermasalah? Jangan takut dulu. Silakan cari serial number unit Anda yang terlihat di sisi bawah laptop atau bisa juga dengan melihat sisi samping bawah dus kemasan laptop Anda. Seharusnya serial number Anda tercantum disini.

Langkah berikutnya adalah mengunjungi halaman resmi Apple ini :

15-inch MacBook Pro Battery Recall Program

kemudian ikuti langkah selanjutnya. Apabila perlu melakukan pergantian baterai, ikuti proses dan petunjuk untuk melakukan klaim pergantian baterai yang cukup sederhana.

Sepertinya, lebih baik kita menggunakan sedikit waktu untuk waspada daripada melihat unit MacBook Pro kita mendadak terbakar, atau parahnya meledak.

You may also like

Leave a comment