Unik, Pria Ini Bikin Vespa Antik dari Kaleng Bir Bekas

Unik, Pria Ini Bikin Vespa Antik dari Kaleng Bir Bekas Sumber: beergembira.com

MATA LELAKI - Ada kalimat yang mengatakan, di tangan orang kreatif sampah bisa menjadi emas. Tampaknya kalimat tersebut cocok diberikan kepada seorang pria bernama Ogifson Harianja ini. Dengan kreativitasnya, ia berhasil mengubah kaleng bir bekas menjadi miniature vespa yang bisa dijual. Ogifson sendiri, berasal dari Tapanuli Utara dan sudah menekuni usaha industri ini selama 10 tahun dari tahun 2009.

Dimulainya usaha ini, juga dari peluang yang ada di lingkungan Ogifson. Kala itu, ia melihat banyak sampah kaleng bir bekas yang berantakan di sekitar tempat tinggalnya. Dari sampah-sampah itu, ia melihat peluang bagaimana memanfaatkan barang bekas dan sampah menjadi barang yang punya nilai jual.

#
Sumber : Beergembira

 

Saat itu, ia memikirkan bagaimana kalau kaleng bir ini diubah menjadi miniatur pajangan saja. Akhirnya dia memutuskan, untuk membuat usaha pembuatan miniatur dengan kaleng bir bekas. Usahanya tidak berjalan mulus pada awalnya, ada saja kegagalan dan hambatan yang harus dilalui oleh Ogifson. Tapi Ogif tidak putus asa, dia tetap maju dan berhasil membuat miniatur vespa pertamanya.

Untuk membuat miniatur ini, diperlukan 15 kaleng bekas untuk membuat model vespa. Sedangkan untuk membuat motor gede seperti Harley atau BSA, dibutuhkan 30 kaleng bekas. Dari miniaturnya buatannya ini, ia menjualnya dengan harga IDR 100.000 per miniatur. Hasilnya, buatannya langsung laris diberi oleh para kolektor ataupun wisatawan yang berkunjung ke Tapanuli Utara.

Selain berhasil menambah pendapatan, Ogifson juga berhasil membantu mengurangi sampah di bumi tercinta ini. Usahanya ini, ternyata memiliki dampak jangka panjang, terhadap permasalahan sampah di lingkungan tercinta ini. Dari kaleng-kaleng bekas, ia berhasil melihat peluang dan memanfaatkannya menjadi karya yang sangat unik.

Ogifson pantas menjadi panutan bagi para entrepreneur lainnya yang baru ataupun sedang merintis usaha. Kerja keras dan tidak pernah putus asa, serta mampu melihat peluang di sekitar merupakan kunci pengusaha sukses. Selain itu, usahanya itu berhasil memberi dampak bagi pelestarian lingkungan sekitarnya.

Leave a Comment