Wednesday Aug 10, 2022 09:30

Tradisi Unik Banjarmasin, Dugem di Night Club Sebelum Ramadan

Tradisi Unik Banjarmasin, Dugem di Night Club Sebelum Ramadan

Matalelaki.com - Selama bulan puasa atau bulan Ramadan, wajar jika tempat hiburan malam (THM) seperti diskotik, night club, atau karaoke ditutup sementara, karena memang sudah diatur dalam peraturan daerah atau Perda. Hal ini berlaku di seluruh Indonesia, termasuk Banjarmasin. Namun uniknya, warga Banjarmasin justru ramai berbondong-bondong ke tempat hiburan malam, pada malam sebelum Ramadan. Hal ini sepertinya sudah jadi tradisi di Banjarmasin.

Menurut Ery Sudarisman, Generam Manager Hotel Banjarmasin Internasional, memang biasanya warga akan menyerbu tempat hiburan malam menjelang Ramadan. Tempat tujuan mereka salah satunya adalah diskotik Athena, yang memang berada di dalam hotel tersebut. Menjelang Ramadan, diskotik itu akan ramai oleh pengunjung, yang tentu saja sebagian besar adalah penyuka clubbing.

Tradisi Unik Banjarmasin, Dugem di Night Club Sebelum Ramadan
Ilustrasi dugem (Sumber okami.id)

Meski demikian, beberapa tahun belakangan, pengunjung di diskotik tersebut sempat menurun. Entah apa penyebabnya. Padahal menurut Ery, biasanya diskotik di hotel tempatnya bekerja selalu penuh selama seminggu, kecuali pada malam Jumat, untuk menghormati umat Muslim.

Pengunjung ramai tentu bisa menguntungkan bagi diskotik ini. Lalu, bagaimana saat diskotik ini harus libur selama bulan Ramadan? Apakah karyawan yang bekerja di sana tak mendapatkan gaji? Ternyata, mereka tetap mendapatkan gaji, sama seperti bulan biasa. Dengan demikian tak ada masalah dengan kesejahteraan karyawan di diskotik ini.

Tradisi Unik Banjarmasin, Dugem di Night Club Sebelum Ramadan
Ilustrasi karaoke (Sumber tribunnews.com)

Itu tadi tentang diskotik di Banjarmasin selama Ramadan. Lalu, bagaimana dengan tempat hiburan malam lainnya, yaitu karaoke? Rupanya, tempat karaoke tidak memiliki tradisi layaknya diskotik, karena kebanyakan karaoke sudah libur atau tutup bahkan sebelum Ramadan tiba. Karyawan yang bekerja di karaoke juga biasanya pulang kampung, meskipun ada karyawan karaoke yang tetap bekerja. Karyawan karaoke yang tetap bekerja akan pindah sementara ke tempat karaoke yang tak memiliki aturan harus tutup selama Ramadan, sehingga mereka bisa tetap bekerja.

Ternyata, Banjarmasin memiliki tradisi unik jelang Ramadan. Mungkin saja tradisi seperti ini juga ada di beberapa daerah lain di Indonesia.

You may also like

Leave a comment