Wednesday Nov 30, 2022 01:44

Tips Sehat Jajan Kaki Lima Saat Pandemi

Tips Sehat Jajan Kaki Lima Saat Pandemi

MATA LELAKI - Saat ini hampir semua aktivitas sudah kembali normal, namun tentu dengan aturan kesehatan yang diperketat. Seperti penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan lain-lain, pemerintah menyebutnya new normal. Namun meskipun semua pusat perbelanjaan telah dibuka kembali, masih banyak masyarakat yang masih takut untuk berbelanja terutama di kota yang memiliki tingkat tertular tinggi, atau zona merah. Bagi masyarakat juga yang ingin jajan di kaki lima, memiliki kekawatiran yang lebih tinggi. Maka dari itu jika anda ingin jajan di kaki lima, ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Lihat kebersihan makanan

Tips Sehat Jajan Kaki Lima Saat Pandemi

 

Kebersihan sebenarnya tidak hanya jajan kaki lima saja yang harus diperhatikan, namun setiap penjual makanan haruslah demikian. Namun pedagang kaki lima lah yang biasanya kurang dalam menjaga kebersihan. Untuk ini anda bisa memperhatikan dari cara meracik makanannya seperti apa, usahakan juga cari pedagang kaki lima yang mencuci piringnya dengan kondisi air mengalir. Lihat juga tempatnya berjualan apakah bebas dari sampah, jika iya kemungkinan besar mereka juga menjaga kebersihan makanan dan tempat yang akan anda gunakan.

2. Bawa Mangkuk Sendiri

Tips Sehat Jajan Kaki Lima Saat Pandemi

 

Membawa mangkuk sendiri juga bisa menjadi langkah yang cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus. Piring yang digunakan pedagang tentulah sudah dipakai banyak orang. Jika anda memilih makan di tempat ada baiknya membawa mangkuk sendiri. Namun jika dibungkus tidak masalah menggunakan wadah yang disediakannya. Maka dari itu tempat makanan juga menjadi salah satu solusi bagi anda yang masih takut.

3. Jaga jarak aman dengan pembeli lain

Tips Sehat Jajan Kaki Lima Saat Pandemi

 

Bukan hanya ketika bekerja atau berbelanja saja, makan di tempat saat pandemi menjaga jarak juga begitu penting, karena anda tidak tahu mana yang tertular virus Corona atau yang tidak. Untuk itu jagalah jarak dari pembeli lain, usahakan jangan sampai anda melakukan kontak fisik kepada orang yang tidak anda kenal. Setelah menerima makanan langsung cuci tangan atau gunakan hand sanitizer agar kembali higienis.

Itulah tips yang bisa anda lakukan ketika jajan kaki lima. Tetap jalankan aktivitas dengan normal namun jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

You may also like

Leave a comment