Wednesday May 25, 2022 22:57

Suzuki GSX150R, Si Bandit Gagah Untuk Diajak Touring

Suzuki GSX150R, Si Bandit Gagah Untuk Diajak Touring

Suzuki kembali mengeluarkan varian sepeda motor dengan tipe GSX150 Bandit. Sensasi berkendara yang berbeda diberikan kepada GSX 150 Bandit ini meskipun dari segi mesin serupa dengan varian kakaknya yakni GSX R150 dan GSX S150. Suzuki nampak nya ingin melanjutkan eksistensinya dari nama besar “Bandit” yang sudah memiliki nama di kelas 150cc. Suzuki melihat peluang gaya hidup saat ini yang menggunakan sepeda motor lebih dari sekedar alat transportasi saja, namun juga sudah menjadi gaya hidup kebanyakan kaum pria saat ini. Performa mesin yang sangat baik ditambah kenyamanan saat berkendara dipadukan dengan tampilan yang terlihat garang menjadikan andalan dari Suzuki GSX 150 Bandit ini.

Jok dari sepeda motor dibuat berbentuk seperti tandem yang tentunya sangat nyaman jika digunakan saat berkendara. Dari segi spesifikasi, Suzuki merancang GSX 150 bandit ini tidak hanya untuk aktivitas sehari – hari namun juga untuk perjalanan jarak jauh atau touring. Desain lampu pada bagian depan mengingatkan anda pada sepeda motor yang laris yakni Satria FI F150, namun perbedaannya pada Suzuki GSX 150 bandit ini tidak terdapat Visor pada bagian Headlampnya. Speedometer yang digunakan sudah berbentuk digital sehingga mudah dipantau dan pastinya akan terlihat lebih modern. Begitu juga dengan indikator penunjuk pada kapasitas bahan bakar yang sudah dibuat full digital dan mudah dipahami.

Suzuki GSX150R, Si Bandit Gagah Untuk Diajak Touring
Foto: Youtube

 

Bagian lampu belakangnya juga masih di desain dengan model Satria F150 yang masih menggunakan jenis lampu bulb. Namun perbedaannya, lampu sein pada Suzuki GSX 150 Bandit ini dibuat terpisah layaknya sepeda motor jenis sport pada umumnya. Tinggi jok pada sepeda motor mencapai 790 milimeter membuat pengendara  yang memiliki tinggi 160 cm harus agak dinaikkan kakinya ketika ingin naik motor tersebut. Dengan bobot mencapai 135 kilogram, membuat pengendara yang memiliki tinggi badan pas – pasan, tidak akan kerepotan ketika meluncur di atas aspal meskipun kaki dari pengendara tersebut tidak secara sempurna menapak pada bagian aspal.

Akan tetapi, dari bagian stang motor, pengendara yang terbiasa menggunakan motor sport akan lebih terasa nyaman jika menggunakan sepeda motor Honda CB150R yang didesain lebih tinggi. Untuk Suzuki GSX 150 bandit ini memiliki posisi footpeg yang agak menuju belakang, namun tidak menghilangkan kesan nyaman dalam mengendarai GSX 150 bandit ini. Sepeda motor ini menggunakan sistem injeksi, sehingga ketika kunci sepeda motor diputar, maka akan terdengar suara dari pompa injeksi dan juga kipas radiator. Sedikit yang terasa mengganggu adalah suara kipas radiator yang agak nyaring dibandingkan dengan suara kipas radiator pada sepeda motor injeksi jenis lainnya. Suzuki menerapkan sistem Easy Start System di mana hanya cukup menekan tombol starter sekali saja untuk menghidupkan sepeda motor ini.

Ketika berkendara, sepeda motor akan berjalan saat gear memasuki nomor satu. Perpindahan kopling saat masuk ke gear 2 akan terasa sangat halus dan tidak ditemui gejala selip atau menyangkut. Konfigurasi mesin overbore yang memiliki diameter piston 62 mm dan juga langkah sebesar 48,8 mm memberikan nafas yang panjang. Hal tersebut wajar karena mesin dari varian GSX R150 ini memiliki tenaga terbesar di kelasnya yakni 14,1 kw atau setara dengan 19,3 tenaga kuda yang mulai bekerja pada putaran mesin 10,500 rpm dan saat memasuki putaran 9.000 rpm, torsi akan menunjukkan 14 Nm.

Test ride pada jalanan di seputaran kawasan Ancol, pengendara bisa membejek gas pada mesin sepeda motor ini dan tidak akan habis meskipun sudah mencapai kecepatan 80 kilometer per jam. Akan tetapi jika diadu dengan sepeda motor kompetitor seperti misalnya Honda CB 150R dan jyga Yamaha Vixion, maka Suzuki GSX 150 Bandit ini akan kalah. Karena dibandingkan dengan Suzuki GSX 150 Bandit, kedua sepeda motor kompetitor tersebut memang memiliki konfigurasi overstroke yang sangat baik dan juga lebih nyaman terlebih ketika sedang menghadapi kemacetan di jalan raya. Situasi jalan juga berpengaruh dalam percobaan untuk mencapai kecepatan maksimum.

Suzuki GSX150R, Si Bandit Gagah Untuk Diajak Touring
Foto: Roda2Makassar

Sistem mesin overbore yang dimiliki oleh Suzuki GSX150 bandit juga tetap nyaman meskipun digunakan untuk kondisi jalanan yang memiliki kemacetan yang tinggi. Ditunjang juga dengan panjang sepeda motor 2000 mm dengan lebar 745 mm dan tinggi 1035 mm, membuat sepeda motor ini mampu bersaing dengan kompetitor lain dalam hal konfigurasi mesin. Jarak sumbu yang dimiliki Suzuki GSX 150 Bandit ini sama dengan Yamaha Vixion yakni sepanjang 1300 mm, sedangkan untuk kompetitor seperti Honda CB150R jarak sumbunya lebih pendek yakni hanya 1293 mm. Jarak ke tanah sepeda motor ini lebih rendah dari Honda  CB150R dan Yamaha Vixion yakni hanya sekitar 150 mm saja.

Sistem pengereman yang disematkan dalam sepeda motor ini dibuat untuk mengehentikan kendaraan tersebut secara mudah karena sudah dipasang pedal disk brake pada bagian depan dan juga bagian belakangnya. Meskipun sepeda motor kompetitor memiliki sistem pengereman yang sama, namun pada Suzuki GSX150R ini akan terasa lebih nyaman terutama ketika tuas yang empuk pada saat ditekan. Dari segi penumpang sendiri, posisi duduk untuk jok bagian belakang Suzuki GSX150 Bandit ini dibuat lebih nyaman dan juga lebih ramah. Posisinya didesain tidak terlalu menunduk akan tetapi masih terasa agak tinggi jika ingin memeluk si pengemudi. Dengan desain seperti ini, kedua pengendara akan terasa nyaman jika mengendarai sepeda motor ini untuk jarak jauh.

Untuk harga yang ditawarkan untuk OTR di DKI Jakarta adalah 26 juta rupiah yang memiliki harga di bawah Yamaha Vixion dan juga Honda CB150R. Varian warna yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan warna – wara ekspresif seperti metal Matte Silver, Brilliant White, Stronger Red Titanium Black, dan juga warna Titanium Black. Perpaduan warna tersebut pastinya terlihat gagah dipakai untuk berkendara.

You may also like

Leave a comment