Wednesday Nov 30, 2022 00:58

Sering Dicuri, Ini Upaya Bar di Belgia untuk Melindungi Gelas Bir Milik Mereka

Sering Dicuri, Ini Upaya Bar di Belgia untuk Melindungi Gelas Bir Milik Mereka

MATA LELAKI - Belgia selain terkenal akan cokelatnya, juga dikenal sebagai salah satu penghasil bir terbaik. Tidak hanya rasanya yang lezat, bir di Belgia juga terkenal akan desain gelas-gelasnya yang untuk dan cantik. Desainnya tersebut, ternyata berhasil menarik perhatian para pengunjung, terutama para turis yang datang liburan ke Belgia.

Namun gara-gara desain yang unik dan cantik, gelas-gelas di bar Belgia banyak yang dicuri oleh para pengunjung dan turis. Alhasil, bar-bar di Belgia telah kehilangan 4.000 gelas bir per tahunnya. Riset ini, didapat dari The Beer Walls yang mengatakan bahwa kerugian yang mereka alami mencapai 50 Euro/hari atau IDR 780.000.

Sering Dicuri, Ini Upaya Bar di Belgia untuk Melindungi Gelas Bir Milik Mereka
Sumber : The Guardian

 

Kerugian tersebut tampaknya membuat para pemilik dan management bar memutar otak dan mencari solusi yang tepat. Mereka harus memutar otak dengan keras, agar gelas yang ada di bar mereka tidak dicuri lagi oleh pengunjung atau turis yang iseng. Akhirnya, The Beer Wall berhasil melakukan inovasi dengan membuat sistem alarm ke masing-masing gelas bir. Ketika gelas tersebut dibawa ke luar bar, maka alarm akan berbunyi. Inovasi membuat produk gelas beralarm tersebut ternyata membutuhkan biaya hingga 5000 Dollar (sekitar Rp 68,7 juta). Akan tetapi, tetap saja ada oknum-oknum yang menemukan cara untuk membawa gelas-gelas itu.

Bagi bar lain yang tidak mempunyai budget banyak, mereka melakukan cara yang lebih murah. Duller Griet, bar yang terletak di Ghent, melakukan inovasi untuk menyerahkan salah satu sepatu pengunjung sebagai jaminan. Nantinya, sepatu tersebut digantung di keranjang khusus yang menjuntai di dekat langit-langit, dan dikembalikan ketika mereka akan pulang.

Walaupun begitu, cara menggantung sepatu ini bisa dibilang masih belum efektif. Karena masih ada saja, oknum pengunjung yang memilih untuk pulang dari bar tanpa menggunakan alas kaki. Jadi bisa dibilang, oknum tersebut lebih memilih gelas bir dibanding alas sepatu mereka.

Semoga saja, kejadian seperti ini tidak terjadi di Indonesia ya. Kita buktikan kalau orang Indonesia itu jujur, beretika dan berintegritas.

You may also like

Leave a comment