Tuesday Oct 04, 2022 06:43

Sensasi Menikmati Bir dari Batang Bambu

Sensasi Menikmati Bir dari Batang Bambu

MATA LELAKI - Seperti yang pernah dituliskan di artikel-artikel sebelumnya, bir memang sudah berusia ribuan tahun dan bisa dinikmati dengan berbagai cara. Selain itu proses penyajian bir juga sudah melewati zaman Romawi, Mesir, Viking sampai ke zaman modern. Tidak salah bila bir memang masuk ke dalam minuman bersejarah di dunia.

DI zaman yang serba modern seperti sekarang ini, para produsen bir atau biasa disebut brewing, akan memanfaatkan segala cara, termasuk perkembangan teknologi, agar bisa menciptakan bir yang inovatif. Namun, beda halnya dengan brewing asal China, yang justru lebih tradisional dengan memanfaatkan batang pohon bambu yang masih tumbuh subur, sebagai teknik pembuatan bir. Bahkan tidak hanya bir, wine juga dihasilkan dengan menggunakan batang bambu ini.

Sensasi Menikmati Bir dari Batang Bambu
Sumber : Beerbergembira

 

Sebenarnya, teknik dengan bambu ini sudah lama diterapkan di China. Hasilnya, teknik ini memang mampu menghasilkan bir berkualitas dan tentu saja dapat menarik perhatian dari para wisatawan. Untuk tekniknya sendiri, produsen dari China ini menggunakan teknik injeksi tekanan tinggi. Hal ini dilakukan agar bisa mengisi bagian batang bambu yang masih hidup dengan rice wine atau sorgum. Langkah berikutnya adalah batang pohon dibiarkan matang dalam jangka waktu beberapa bulan, maksimal 1,5 tahun.

Selama jangka waktu tersebut, rice wine dan juga sorgum akan diinfus dengan getah bambu dan sebuah cairan alami dari batang pohon bernama flavore. Nah, cairan inilah yang konon dapat menonjolkan aroma serta rasa enak yang khas dari minuman yang dihasilkan.

Memiliki rasa unik, tentunya para wisatawan juga penasaran mengenai tata cara pembuatannya. Awalnya para brewer akan mengetuk-ngetuk batang bambu untuk mencari pohon yang siap dipanen. Jika pohon siap dipanen, maka brewer tersebut akan melubangi batang pohon tersebut, sehingga airnya keluar, dan bisa ditampung ke dalam gelas.

Jika anda tertarik mencoba bir bambu ini, maka anda bisa datang langsung ke China dan mencobanya. Rasakan sensasi tersendiri mencoba bir yang satu ini.

You may also like

Leave a comment