Sekelompok Ilmuwan Ingin Hidupkan Kembali Bir dari Mesir Kuno

Sekelompok Ilmuwan Ingin Hidupkan Kembali Bir dari Mesir Kuno Sumber: beergembira.com

MATA LELAKI - Jika ditanya apa saja kebudayaan Mesir, mungkin kita akan menjawab Piramida dan Sphinx yang terkenal itu. Belum lagi kisah tentang mahkluk mitologi mesir yang banyak dijadikan video game. Walaupun keberadaan kerajaan Mesir kuno telah tiada di muka bumi, namun keunikan dan sejarahnya terus menjadi misteri dan mengundang daya pikat dari ilmuwan dan arkeolog untuk menelitinya.

#
Beergembira

 

Salah satu bahan penelitian ilmuwan baru-baru ini, mengungkapkan kalau bir adalah minuman favorit orang Mesir Kuno. Dengan berkembangnya teknologi dan sains, berbagai misteri bangsa Mesir Kuno mulai terungkap. Uniknya, dengan rasa penasaran para ilmuwan ingin menciptakan bir yang berasal dari Mesir Kuno. Tampaknya para ilmuwan penasaran, seperti apa rasa dari bir pada masa itu.

Menurut para ilmuwan itu, cara membuat bir pada masa itu terbilang cukup unik. Dengan menggunakan sampel keramik yang digunakan dalam pembuatan bir di era Mesir Kuno, para ilmuwan akan mampu menghidupkan kembali bir kuno yang pada zaman dulu dinikmati oleh Raja Mesir alias Firaun.

Para ilmuwan akan mengisolasi koloni ragi yang tersimpan dalam pori-pori skala nano pada keramik tersebut, dan dari situlah bir bisa diciptakan. Uniknya, keramik tersebut bukan ditemukan di Mesir, melainkan di Israel. Para ilmuwan menduga bahwa keramik itu sudah tak aktif selama ribuan tahun, dan berpindah dari Mesir ke Israel, entah bagaimana caranya. Tak hanya diisolasi, uji DNA dari ragi tersebu pun turut dilakukan, dan diketahui bangsa Mesir Kuno menggunakan ragi yang sama dengan ragi yang digunakan kebudayaan lain, misalnya seperti ragi di Ethiopia.

Bir ini rencananya akan dibuat oleh peneliti dan juga penghasil bir lokal untuk bisa menghasilkan bir berkualitas tinggi dan aman untuk dikonsumsi. Jadi semoga saja ya, para ilmuwan ini bisa membuat bir dengan rasa Mesir Kuno. DIjamin birnya akan menjadi viral dan banyak pembelinya. Bisa jadi bir ini juga akan laku di Indonesia, mengingat di Indonesia juga banyak pengkonsumsi bir.

Leave a Comment