Sejarah Munculnya Musik House

Sejarah Munculnya Musik House Sumber: Music 4 Plays

MATA LELAKI - Musik EDM adalah salah satu musik yang memiliki banyak aliran di mana setiap alirannya tersebut memiliki kisah dan juga sejarah yang berbeda. Ada banyak kisah unik dan juga menarik yang menjadi awal mula terbentuknya aliran musik EDM, salah satunya adalah House. Musik House sendiri awalnya lahir di Chicago, Amerika Serikat.

Berawal dari Peristiwa Disco Sucks

#
Foto: Scroll In

 

Saat musik disko sedang mencapai puncak kejayaan, musik House mulai lahir pada era tahun 80-an. Saat itu memang musik disko sedang naik daun karena memiliki terobosan baru dalam dunia musik. Kata House sendiri lahir dari kelab yang bernama The Warehouse. Sejak saat itulah aliran musik yang baru ini dikenal dengan nama House.

Lalu siapa yang mencetuskan permainan musik House ini? Menurut sejarahnya, dipelopori oleh salah satu DJ yang bernama Frankie Knuckles. Saat itu isu SARA memang menjadi hal yang sensitif, dan puncaknya terjadi pada kampanye Disco Sucks. Di mana saat itu orang-orang membawa disco record dan membakarnya di sebuah pertandingan Baseball di Chicago.

Kejadian Disco Sucks itu juga yang kemudian mengakhiri era kejayaan musik Disco di Amerika Serikat. Kelanjutan dari kejadian tersebut, orang-orang mulai membuat sendiri rekaman disco mereka. Saat itu proses rekaman musik disko terhenti karena kejadian Disco Sucks tersebut. Para DJ yang saat itu eksis mencoba menghidupkan kembali musik disco.

Mereka membuat rekaman disko dengan cara membuat sebuah program mesin drum dan menambahkan rekaman musik disco secara terus menerus atau looping. Di sebuah kelab malam itulah para DJ tersebut membuat rekaman musik disko yang saat itu mulai dikenal dengan nama House Music. Kreativitas merekalah yang menciptakan aliran musik baru dalam dunia musik EDM.

House adalah Musik “Hijau”

#
Foto: LocProduction

 

Kelahiran musik House ini juga pernah disebutkan oleh David Guetta di dalam film dokumenternya yang berjudul Nothing But The Beat. David Guetta mengatakan bahwa musik House lahir dari hasil penggubahan ulang dari musik Disko yang sudah didaur ulang. Dan juga kreativitas serta keterbatasan yang membuat lagu House ini lahir.

Ditambahkannya lagi, musik House bisa sangat populer di kalangan anak-anak muda, tidak hanya pada saat awal mula kemunculannya saja, namun juga sampai saat ini. David Guetta juga berpendapat bahwa musik House adalah salah satu Musik Hijau. Musik hijau yang dimaksud bukannya menanam pohon, merawat air atau menjaga lingkungan.

Namun hijau di sini memiliki arti siapa saja bisa bebas berekspresi baik itu bisa lewat musik atau lewat busana. Kebebasan ekspresi lewat musik bisa dilakukan dengan menggunakan alat elektronik bekas untuk bisa menghasilkan suara musik yang enak untuk didengar. Nantinya mereka bisa berekspresi sesuai dengan kehendak hari mereka.

Karakteristik Musik House

#
Foto: Tribun News

 

Dari segi karakteristik, musik House memiliki struktur yang melibatkan intro, kemudian chorus, dan juga outro. Dalam beberapa lagu, terkadang sang DJ menambahkan versi bagian tengah sebelum masuk ke dalam penutup atau outro. Untuk ketukan drum yang ada pada musik House memiliki pola Four On The Floor yang memiliki drum bass pada setiap ketukannya.

Sedangkan untuk tempo yang digunakan dalam musik House antara 118 hingga 135 ketukan per menitnya. Ketukan drum yang ada dalam musik House ini adalah elemen yang dihasilkan dari mesin drum elektronik dan bukan dari drumkit yang dimainkan oleh manusia.

Musik House ini juga menyebar dengan cepat ke beberapa kota besar di Eropa mulai dari kota Manchester, Paris, dan juga London. Keberadaan aliran musik ini juga mempengaruhi musik di Eropa sampai pertengahan tahun 1990.

Leave a Comment