Wednesday Oct 20, 2021 05:28

Samsung Galaxy Watch Active, Pilihan Yang Sempurna

Samsung Galaxy Watch Active, Pilihan Yang Sempurna

MATA LELAKI - Samsung Galaxy Watch Active sebuah smartwatch yang bagus untuk dimiliki, dengan mengambil desain  yang lebih kecil dari yang lain dan membawa beberapa fitur kelas atas. Smartwatch yang pastinya disukai banyak pengguna. Galaxy Watch Active dinilai jauh lebih murah dibandingkan smartwatch lain, dan desainnya sangat cocok untuk dibawa berolahraga dan digunakan dalam aktifitas sehari-hari Anda.

Samsung Galaxy Watch Active

Samsung Galaxy Watch adalah perangkat premium, dan termasuk sebagai smartwatch terbaik yang dapat Anda beli saat ini. Tidak dapat disangkal bahwa dari segi desain adalah versi generik dari Galaxy Watch, namun kali ini memiliki desain yang lebih kecil dan harga yang lebih terjangkau, yang pasti akan membuatnya menjadi pilihan yang lebih menarik bagi sebagian orang.

Galaxy Watch Active dengan harga Rp 3,5 juta ini hanya ada satu ukuran (diameter 4cm), sehingga Anda hanya perlu memilih warna saat memilih varian mana yang akan dibeli.

Ini adalah smartwatch bundar. Tidak seperti Galaxy Watch lain tipe ini, tidak ada bezel atau cincin bingkai yang dapat diputar pada layar, sehingga  desainnya lebih sporty untuk dipakai. Beratnya pun jauh lebih ringan di pergelangan tangan, daripada perangkat yang lebih besar. Terasa lebih tipis di pergelangan tangan tanpa kehilangan tampilan premium dari Galaxy Watch.

Tanpa bezel yang dapat diputar untuk bernavigasi di menu, tampilan smartwatch ini juga pada awalnya akan membingungkan. Tetapi setelah beberapa saat Anda akan terbiasa. Bodi smartwatch ini sendiri terbuat dari logam dan terlihat mewah, dengan layar utama berpusat di tengah dan dua tombol di posisi jam dua dan jam empat di tepi kanannya.

Samsung Galaxy Watch Active

Tombol-tombol ini tidak selalu mudah diraba tetapi mudah ditekan dengan jari. Anda dapat bernavigasi atau berpindah tampilan dan menu pada layar sentuhnya. Layarnya terbukti cerah, dan tampil penuh warna, sehingga tampak jelas dan keren. Terkadang layarnya sulit dibaca dari sudut tertentu, tetapi itu tidak terlalu mengganggu.

Smartwatch ini juga kedap air hingga kedalaman 5 meter (serta diberi nilai IP68), yang berarti Anda akan bisa mengenakan ini ketika Anda pergi berenang, dan ada opsi sensor data untuk olahraga berenang yang disertakan juga untuk memonitor kegiatan Anda.

Dengan memiliki Galaxy Watch Active ini,  Anda akan mendapatkan smartwatch kelas atas dengan chipset Exynos 9110 yang merupakan prosesor dual-core yang memiliki clock 1.15GHz. Teknologi ini adalah teknologi yang sama dengan yang ada di dalam Galaxy Watch lain, dan dipasangkan dengan RAM 750MB.

Samsung Galaxy Watch Active

Sistem Pengaturan smartwatch berjalan dengan lancar dan sangat cepat ketika Anda membandingkannya dengan beberapa jam tangan lain, yang hanya mendukung chipset Qualcomm Snapdragon Wear 2100 yang sudah kuno.

Aplikasi apa pun yang ingin Anda gunakan pada smartwatch akan dimuat dengan cepat seperti pada arloji pintar lainnya, dan kami tidak pernah menemukan permasalahan lambatnya aplikasi yang dipakai.

Ada 4GB penyimpanan di arloji, tetapi itu akan cukup cepat habis. Setelah menginstal perangkat lunak dasar, hanya memiliki sisa ruang 1,5GB. Itu bukan ruang yang cukup besar untuk aplikasi dan game tambahan. Sangat merepotkan jika  Anda mengunduh musik ke smartwatch ini. Semua Itu mungkin berarti Anda harus cukup sering mengubah daftar putar yang diunduh. Anda dapat mendengarkan musik dengan headphone Bluetooth, sehingga Anda dapat berolahraga tanpa harus membawa ponsel.

Perlu dicatat bahwa tidak ada varian Galaxy Watch Active yang didukung LTE, sehingga Anda tidak akan bisa mendapatkan panggilan telepon atau internet. Jika Anda menginginkannya, ada versi yang kompatibel dengan LTE di Galaxy Watch standar.

Samsung Galaxy Watch Active hadir dengan versi terbaru software Tizen. Memang masih tidak sesempurna watchOS  (yang digunakan Apple Watch) atau Wear OS (itu yang sebelumnya disebut Android Wear) tetapi software-nya cukup baik dan lebih matang. Menggunakan smartwatch ini adalah pengalaman yang menyenangkan dan pengaturannya mudah dipahami. Mengetuk tampilan atau menekan tombol kanan atas akan memunculkan tampilan jam digital dan dari sini Anda dapat melihat notifikasi sebelumnya dengan menggulir ke kiri atau masuk ke widget jika Anda menggulir ke kanan.

Semua pemberitahuan yang masuk ke smartphone anda akan muncul dengan lancar tetapi tidak ada banyak fungsi selain dari membaca notifikasi saja. Anda dapat menyesuaikan widget yang Anda lihat di arloji dan urutannya. Pilihan lain termasuk menu cepat aplikasi yang berbeda, detak jantung Anda, cuaca, latihan pernapasan, dan berbagai widget lainnya.

Untuk melihat sebagian besar aplikasi yang ada di perangkat Anda, Anda dapat menekan tombol bawah saat berada di layar beranda. Ini akan memunculkan menu bundar dari semua aplikasi yang Anda punya. Ini tidak berfungsi seperti halnya pada jam tangan Samsung sebelumnya dengan bezel yang bisa diputar.  Anda harus  menggunakan jari Anda untuk memilih masing-masing aplikasi, tetapi itu masih cukup mudah untuk dilakukan.

Samsung juga mengalami peningkatan jumlah opsi aplikasi pihak ketiga. Misalnya, Spotify yang sekarang menjadi andalan keluarga Samsung Galaxy Watch, sehingga Anda dapat mengunduh daftar putar dan mendengarkan musik langsung dari jam tangan di layanan streaming. Meskipun jumlah aplikasi pihak ketiga tidak terlalu banyak, ada opsi seperti Uber, Map My Run, Flipboard, dan lainnya.

Smartwatch ini akan bekerja dengan semua perangkat Android dengan perangkat lunak Android 5 atau lebih tinggi,  setidaknya dengan RAM minimal  1,5GB RAM. Jika Anda memiliki iPhone, Anda membutuhkan iPhone 5 atau lebih. Anda harus memiliki iOS 9 atau perangkat lunak yang lebih tinggi juga. Galaxy Watch Active hadir dengan monitor detak jantung seperti smartwatch rata-rata Anda, tetapi juga mampu mengukur tingkat stres Anda.

Samsung Galaxy Watch Active

Ini akan menampilkan peringatan ketika detak jantung Anda tinggi, dan dari smartwatch akan memberitahu Anda agar meluangkan waktu untuk memantau stres Anda, dan bahkan merekomendasikan latihan pernapasan untuk Anda lakukan. Anda akan kehilangan beberapa fitur utama dengan memilih Samsung Galaxy Watch Active dibanding Samsung Galaxy Watch lain, tetapi itu tidak berarti tipe ini adalah perangkat yang buruk.

Samsung pada smartwatch tipe ini telah berhasil membuat perangkat premium yang ada dalam paket yang lebih kecil,  tetapi tidak kehilangan semua fitur utama yang orang harapkan dari jam tangan pintar. Jika Anda mencari alternatif yang terjangkau dari banyak jam tangan kelas atas, Galaxy Watch Active adalah pilihan yang bagus. Ini jelas karena smartwatch  ini memang ditujukan bagi siapapun yang mencari jam tangan pintar yang lebih terjangkau.

Tidak cukup murah mungkin, tetapi masih lebih murah daripada banyak jam tangan canggih lainnya yang menawarkan fitur yang sama. Dengan harga Rp 3,5 juta, ini adalah smartwatch untuk Anda, jika anda mencari smartwatch yang tampak keren dan hebat di pergelangan tangan Anda, serta nyaman dipakai saat berolahraga. Ini bukan perangkat terkecil, tetapi smartwatch ini memiliki tampilan penuh warna dan desain berbahan logam yang sangat ringan dan dibuat dengan indah.

Masa pakai cukup baik untuk membuat Anda melewati beberapa hari dan pengisian nirkabel berarti cukup mudah untuk mengisi ulang baterainya. Jika Anda ingin dapat menggunakan smartwatch ini sebagai ponsel, ini bukan untuk Anda karena tidak ada versi LTE yang tersedia. Tetapi jika Anda hanya ingin beberapa fitur yang penting seperti pelacakan lokasi dan musik offline, semuanya lengkap.

Tersedia software pelatihan bawaan yang bermanfaat bagi mereka yang ingin memantau kesehatan mereka secara keseluruhan, tidak hanya dari kebugaran. Dilengkapi dengan monitor tekanan darah, yang mampu memantau tekanan darah Anda melalui layanan yang disebut “My BP Lab” . Dilengkapi dengan pelacak GPS yang dapat terhubung dengan mudah dan cepat. Ada mode pelacak otomatis untuk 39 aktivitas berbeda -yang meliputi berlari dan bersepeda atau yang lainnya- serta dukungan untuk aplikasi pihak ketiga seperti Strava. Setelah latihan Anda, semua statistik akan ditampilkan dengan melihat pada layar arloji ini dan juga di aplikasi smartphone Android atau iOS setelah Anda menyinkronkan perangkat Anda.

Jam tangan ini juga mampu melacak tidur. Ini akan memberi Anda statistik seperti durasi dan REM. Fitur ini berfungsi dengan baik untuk secara otomatis mulai melacak ketika Anda tertidur. Daya tahan baterainya lebih dari 45 jam. Anda mungkin bisa mendapatkannya bertahan 72 jam penuh dengan penggunaan fungsi terbatas. Tetapi Anda harus mengharapkan dua hari menjadi jumlah rata-rata waktu daya tahannya.

Samsung Galaxy Watch Active, Pilihan Yang Sempurna

Ada mode low battery yang dapat Anda aktifkan kapan saja atau memberikan notifikasi untuk diaktifkan ketika baterai menyentuh 20%  sisa daya.  Ada pad pengisian daya nirkabel yang disiapkan, yang dapat Anda gunakan untuk mengisi ulang. Butuh sekitar dua jam untuk mengisi dari nol menjadi 100% daya baterai. Smartwatch ini juga akan berfungsi dengan semua pengisi daya nirkabel lainnya, termasuk ponsel yang menyertakan fitur berbagi daya. Itu berarti Samsung Galaxy S10 Plus pun dapat mengisi daya arloji ini.

Smartwatch ini bisa Anda jadikan pilihan yang baik dan andal, layak dijadikan koleksi dan mendampingi aktivitas olahraga Anda, dengan berbagai fitur canggih dan harga yang sepadan dengan yang kita dapatkan. Intinya, smartwatch ini layak untuk dimiliki.

 

Sumber foto : https://www.samsung.com

You may also like

Leave a comment