Monday Jul 26, 2021 07:22

Restoran Txoko, Sensasi Kuliner Mediterania Modern

Restoran Txoko, Sensasi Kuliner Mediterania Modern

MATA LELAKI - Bagi kebanyakan orang Indonesia mungkin masih asing dengan kuliner dari Mediterania, khususnya wilayah Basque. Hal tersebut tidak mengherankan karena wilayah itu merupakan kota kecil yang statusnya masih otonom di bawah pemerintahan Spanyol.

Namun, siapa sangka kuliner dari negara tersebut sangat menggugah selera? Salah satu restoran di Jakarta yang menyajikan kuliner khas mediterania adalah Txoko (dibaca 'coko'), yang berlokasi di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Travel Kompas

 

Dari segi penampilannya, restoran ini memang sangat kental dengan nuansa Mediterania modern. Bentuk bangunannya didominasi oleh kurva dari mulai pilar sampai plafon, seperti halnya bangunan-bangunan yang berada di pesisir laut Mediterania. Nuansa tradisional tersebut berkenaan dengan interior chic yang modern, dan menimbulkan kesan unik saat mengunjunginya.

Restoran ini sendiri dibagi menjadi dua lantai. Masing-masing mempunyai seating yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan customer yang berkunjung. Konsep open kitchen ada pada lantai dasar dan membuat para tamu bisa melihat aktivitas chef yang sedang memasak. Pada bagian lantai atas akan tersedia pada yang berisi aneka minuman.

Tripadvisor
Tripadvisor

 

Dengan konsep ruangan yang cukup nyaman sebanding dengan hidangan yang disajikan. Sebagai menu pembuka ada pilihan Gilda, The King Pinxtos, yang merupakan salah satu menu yang cukup difavoritkan para tamu restoran. Bahannya sendiri terbuat dari paprika, buah zaitun, serta ikan teri (anxhovies). Gilda merupakan camilan ciri khas Basque yang memiliki rasa seperti acar serta penyajiannya sendiri hampir mirip seperti sate.

Appetizer lainnya yang dapat dinikmati adalah Garlic Prawns Pret-a-Porter yang dapat menjadi menu pembuka. Proses penyajian hidangan ini cukup unik di mana sang koki akan membakar dengan penyemprotan asli udang di depan tamu yang memesan. Hal ini tentunya membuat kunjungan anda ke restoran jadi unik yang bisa dijadikan foto yang instagramable.

Traveltext.id
Traveltext.id

 

Menu utama yang cukup difavoritkan di restoran ini antara lain Grilled Tuna Belly. Menu ini dihidangkan dengan marmitako sauce serta onion panna cotta yang juga menjadi menu andalan. Daging tuna yang tebal, apalagi dipadu dengan kentang sebagai side dish dijamin akan mengenyangkan perut Anda.

Industry.co.id
Industry.co.id

 

Selain itu, ada menu lain yang cukup unik yaitu Beetroot Mellow Rice dan dessert menarik yaitu Idiazabal Cake. Semua hidangan tersebut pastinya akan memberikan pengalaman baru bagi anda yang belum pernah mencicipi hidangan khas Mediterania.

You may also like

Leave a comment