Nikmatnya Bar dan Klub Malam Kathmandu

Nikmatnya Bar dan Klub Malam Kathmandu Sumber: Wisata Di Nepal

MATA LELAKI - Kathmandu yang merupakan ibukota Nepal ini memiliki kehidupan malam yang terbaik di Asia Selatan dan memiliki banyak sekali bar ataupun klub malam. Budaya pesta di sana jauh lebih terbuka dan liberal dibandingkan dengan negara tetangganya, yaitu India. Bagi Anda yang ingin mencoba kehidupan malam di sana, berikut ini adalah beberapa saran dan informasi yang akan sangat berguna yang bisa anda pakai.

Rekomendasi Tempat Tinggal

Wisata Di Nepal

 

Jika kehidupan malam Kathmandu cukup menarik bagi Anda, maka disarankan untuk memilih hotel atau tempat tinggal di sekitar Thamel. Thamel adalah tempat wisata paling populer di Kathmandu dan dijadikan pintu masuk bagi kaum Hippie ataupun pengguna narkoba pada tahun 1970-an.

Tapi saat ini, Thamel menjadi tempat yang paling banyak disambangi oleh para turis maupun backpacker dari seluruh dunia. Kebanyakan dari turis tersebut memilih untuk tinggal di hotel kelas menengah dan hotel-hotel murah. Daerah ini dikenal dengan lingkungannya yang indah dan sangat berwarna, tapi bisa juga menjadi sangat sibuk.

Wisata Di Nepal

 

Jika Anda ingin berpesta, persimpangan antara Jl. Chaksibari Marg dengan Jl. Paryatan Marg menjadi lokasi terbaik. Anda bisa menyusurinya dengan berjalan kaki dan dengan mudah menemukan berbagai restaurant, bar ataupun klub malam. Bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi Kathmandu, mulailah dengan pergi ke area tersebut.

Di sana juga tersedia banyak hotel, mulai dari hotel murah hingga hotel berbintang. Beberapa di antaranya yang bisa direkomendasikan adalah Hotel Kathmandu Merry, Milestone Hotel dan Ambassador Garden Home.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi wilayah Durbar Marg yang berada di jalan besar menuju Istana Kerajaan. Wilayah ini tidak terlalu banyak didatangi turis karena lingkungannya didominasi oleh pemukiman penduduk, meskipun tidak sulit menemukan restaurant, café ataupun toko-toko. Bagi Anda yang lebih suka tinggal di apartemen, wilayah ini bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Berbeda lagi jika Anda ingin tinggal di Kathmandu dalam waktu yang cukup lama, maka disarankan untuk mencari tempat tinggal di wilayah Lazimpat atau Lalitpur yang merupakan wilayah kelas atas. Wilayah ini lebih tenang dan hanya memiliki sedikit kehidupan malam. Cocok bagi Anda yang tidak ingin berada di lingkungan yang sibuk.

Tips Kehidupan Malam di Kathmandu

Tripadvisor
Tripadvisor

 

Mata uang yang berlaku di Kathmandu adalah Rupee Nepal dengan kurs USD 1 = Ns. 115. Untuk menikmati kehidupan malam di Kathmandu, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk masuk klub berkisar antara Ns. 500 hingga Ns. 2000. Sedangkan harga minuman di klub tersebut berkisar antara Ns. 300 hingga Ns. 600.

Bagi Anda yang gemar dengan bir, di sana tersedia bir internasional (Carlsberg atau Tuborg) dengan harga berkisar antara Ns. 400 hingga Ns. 500. Sedangkan untuk bir lokal (Nepal Ice, Everest atau Arna Beer) memiliki harga yang tidak jauh berbeda dengan bir internasional, yaitu antara Ns. 350 hingga Ns. 450. Selain bir, Anda juga bisa mencicipi rum khas Nepal, yaitu Khukuri Rum dengan harga Ns. 2000 untuk 750 ml. Mencapai lokasi ini tidak terlalu sulit, karena Anda bisa mencapainya hanya dengan jalan kaki jika Anda tinggal di Thamel.

Wisata Di Nepal

 

Pada klub kelas atas mengharuskan Anda mengenakan sepatu dan celana tertutup, sedangkan untuk klub kelas menengah, Anda bisa mengenakan busana yang lebih santai atau casual. Pada musim dingin, mungkin Anda perlu mengenakan jaket atau pakaian hangat meskipun berada di dalam ruangan.

Meskipun sepanjang tahun klub tetap beroperasi, tapi ada waktu tertentu yang merupakan waktu pesta paling ramai, yaitu pada bulan Mei hingga September karena di bulan ini cuaca yang paling hangat. Setelah perayaan Diwali juga menjadi waktu pesta termeriah, yaitu di akhir bulan Oktober atau awal November.

Dalam peraturan ditetapkan bahwa klub harus tutup pukul 12 siang, tetapi Anda masih bisa menemukan banyak bar atau klub yang tetap buka sepanjang hari. Hari Jumat dan Sabtu merupakan hari-hari dengan pesta paling meriah.

Hingga tahun 1973, Kathmandu dikenal sebagai tempat yang sangat bebas perihal narkoba, lebih tepatnya ganja. Di tahun-tahun sebelumnya, kaum Hippie dari seluruh dunia berbondong-bondong pergi ke Kathmandu untuk menikmati kebebasan serta vibe di sana.

Wisata Di Nepal

 

Meskipun saat ini peraturan perihal narkoba sudah jauh lebih ketat, Anda masih bisa menemukan pedagang kaki lima yang menjual ganja. Mereka menjualnya dengan cukup agresif kepada para wisatawan sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Tapi lebih disarankan untuk membeli ganja dari orang yang Anda kenal untuk alasan privacy.

Selain ganja, salah satu yang juga illegal adalah aktivitas prostitusi. Meskipun dilarang, kegiatan ini masih bisa Anda temukan dengan mudah di Thamel. Beberapa orang di jalan akan sangat terbuka memberikan brosur panti pijat ataupun menawarkan jasa untuk menghubungkan Anda dengan perempuan pekerja seks. Kegiatan ini juga berlangsung secara online melalui aplikasi maupun situs tertentu.

Klub Malam dan Bar Terbaik di Kathmandu

Dengan banyaknya bar dan klub malam yang tersedia di sana, kami merekomendasikan beberapa di antaranya yang layak untuk Anda kunjungi karena tempat, pelayanan, harga dan juga vibe yang terbaik.

Lord of the Drink (LOD)

TripAdvisor

 

Klub yang pertama adalah Lord of the Drink (LOD). Klub ini banyak menarik pengunjung dari kelas sosial atas serta wisatawan asing. Teknologi pencahayaan dan kualitas sound system yang sangat baik menjadi salah satu keunggulan dari klub malam ini. Klub ini memiliki daya tampung mencapai 1000 orang dengan area VIP yang terpisah (lantai lebih tinggi).

Untuk masuk ke sana, Anda akan dikenakan biaya sebesar Ns. 2500 (setara dengan USD 20). Sedangkan untuk bir, LOD mematok harga berkisar antara Ns. 800 hingga Ns. 1000 (setara dengan USD 7 sampai USD 9).

Senate Club

TripAdvisor

 

Tidak kalah menarik dengan LOD, Senate Club juga menawarkan pertunjukan musik Techno hingga Rock. Tarif yang ditetapkan oleh klub ini lebih murah dibandingkan dengan LOD, sehingga menjadi pilihan terbaik untuk berpesta dengan penduduk lokal ataupun wisatawan tanpa membuat dompet Anda terkuras.

Purple Haze

Colosseum.id
Colosseum.id

 

Bagi Anda yang menyukai musik aliran rock, metal dan soft rock mungkin akan menyukai Purple Haze. Purple Haze bisa dikatakan sebagai rock bar terbaik di Kathmandu. Pada hari Sabtu dan Minggu, biaya masuknya adalah Ns. 500 dan sudah mendapat satu gelas minuman gratis.

Sam’s Bar

The Dawson Hotel
The Dawson Hotel

 

Rekomendasi selanjutnya adalah Sam’s Bar. Bar ini mungkin akan cocok bagi Anda yang tidak terlalu menyukai kebisingan dan riuh dari pesta. Bar ini terletak di lantai dua dari sebuah toko souvenir dan merupakan salah satu bar tertua di Kathmandu. Pengunjung yang datang ke sini biasanya adalah penduduk lokal dan juga turis yang tinggal dalam jangka waktu lama di Kathmandu.

Club 25 Hours

Pinterest
Pinterest

 

Klub yang terakhir adalah Club 25 Hours. Klub ini berukuran tidak terlalu besar dengan genre musik lebih underground atau tidak komersil seperti Trance atau Band Rock. Club 25 Hours hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu dengan tarif masuk sebesar Ns.1000 (sudah termasuk minuman).

Leave a Comment