Sunday Jan 29, 2023 03:14
Featured

Profile DJ Tiesto, DJ Terhebat Sepanjang Masa

Profile DJ Tiesto, DJ Terhebat Sepanjang Masa

Matalelaki.com - Mulai terkenal dengan 6 seri Albumnya yang legendaris, Tiësto menjadi salah satu DJ terkemuka di dunia yang secara terjadwal tampil untuk ribuan penggemarnya di seluruh dunia.  Selain itu, dirinya juga sering muncul di sampul majalah musik elektronik. Dirinya tampil menggunakan dan memainkan EDM yang lebih berorientasi pada perpaduan lagu pop.  Berkat skillnya itu, ia masuk dalam nominasi platinum produser Grammy Awards. Beberapa album hits yang pernah dibuatnya yaitu In My Memory (2001), Just Be (2004), dan Elements of Life (2007), bersama dengan CD remix seperti Nyana (2003), telah mendapatkan sertifikat emas, khususnya di negara asalnya, Belanda.

Profile DJ Tiesto, DJ Terhebat Sepanjang Masa
Sumber: @tiesto

DJ Tiësto juga masuk dalam 10 besar tangga lagu pop Belanda dengan beberapa single populernya, diantaranya yaitu "Lethal Industry" (2001) dan berlanjut hingga akhir dekade berikutnya dengan single berjudul "Jackie Chan" (2018). Dirinya telah menerima banyak penghargaan dan nominasi dari polling DJ, dan telah terpilih sebagai DJ terhebat sepanjang masa versi MixMag dan DJ Magazine. Tiësto adalah DJ superstar klasik dan merupakan salah satu figur paling dikenal di dunia musik elektronik.

Profile DJ Tiesto, DJ Terhebat Sepanjang Masa
Sumber: @tiesto

Berasal dari Breda, Belanda, Tiësto lahir di Tijs Verwest pada 17 Januari 1969, dan pertama kali mulai menjadi DJ di sebuah klub di kota kelahirannya yang bernama the Sprock. Mulai saat itu, ia bekerja sama dengan label rekaman Basic Beat Recordings yang berbasis di Rotterdam, Tiësto merilis CD remix pertamanya dari lima seri EP yang diberi nama Forbidden Paradise. Dengan keberhasilan yang cepat dan semangat kerja yang tinggi, ia diundang berkerja sama dengan Arny Bink pada tahun 1997 untuk membentuk Black Hole Recordings, label pribadi yang menjadi tempat naungan bagi artis dan musisi Belanda saat itu.

Profile DJ Tiesto, DJ Terhebat Sepanjang Masa
Sumber: @tiesto

Berbagai konser pribadi pun diadakan oleh Tiësto dan dalam tiga tahun singkat, dunia musik internasional mulai memperhatikan bakatnya.  Bersama dengan Nettwerk, Tiësto menandatangi kontrak sebagai DJ di Amerika Serikat. Di bawah naungan label yang sama, ia mulai membuat sebuah album remix yang memamerkan skill remixnya dari Delerium's "Silence" (berkolaborasi dengan Sarah McLachlan), trek yang berdurasi 11 setengah menit dari ketukan full bass dan synthesizer yang berpadu dengan suara McLachlan semakin membuat Tiësto menjadi terkenal.  Selain terkenal di seluruh klub dance di dunia, remix itu juga sukses secara komersial, berada di chart UK Top Ten selama empat minggu, berada di urutan nomor tiga di chart Billboard, dan menjadi salah satu trek paling berpengaruh di era dance progresif.  Berkat remix itu juga, Tiësto diakui sebagai salah satu produser dan remixer yang paling dicari.

Profile DJ Tiesto, DJ Terhebat Sepanjang Masa
Sumber: @tiesto

Dalam album pertamanya yang berjudul My Memory, DJ Tiësto membuat remix original yang membuat album tersebut laris manis di dunia permusikan. "Lethal Industry," single pertamanya, berada di urutan enam di chart lagu pop Belanda. Tahun berikutnya, ia merilis volume ketiga kompilasi remixnya yang dengan sangat unik dengan judul In Search of Sunrise. Album keduanya, Just Be, mulai dirilis pada pertengahan tahun 2004.  Sama halnya dengan album pertama, album keduanya juga laris dan menjadi pusat perhatian dunia musik elektronik saat itu. 

Profile DJ Tiesto, DJ Terhebat Sepanjang Masa
Sumber: @tiesto

Selang tiga tahun kemudian, Tiësto merilis album ketiganya, Elements of Life.  Berbeda dengan dua album sebelumnya, Tiësto menambahkan musik rock dan pop ke dalam repertoarnya di album ketiganya ini.  Dengan kreativitasnya itu, DJ Tiësto mendapatkan nominasi Grammy pertamanya, untuk Best Electronic / Dance Album. Pada tahun 2009, Tiësto mendirikan label Musical Freedom, yang turut berpatisipasi menciptakan bakat muda musisi yang berpengaruh di dunia, mulai dari vokalis Sigur Rós Jónsi hingga penyanyi pop Nelly Furtado. Setahun kemudian, ia merilis album studio baru, Kiss from the Past, dengan nama alias. Tiësto juga melanjutkan seri EPnya yang berjudul Club Life, Vol. 2: Miami.  Pada tahun 2012, Tiësto berkolaborasi dengan band pop terkenal Coldplay dan merilis single berjudul "Paradise".  Masih di tahun yang sama, ia juga berkolaborasi dengan Gotye dan merilis single hit berjudul Somebody That I Used to Know.

Profile DJ Tiesto, DJ Terhebat Sepanjang Masa
Sumber: @tiesto

Selang beberapa bulan kemudian, DJ Tiësto melanjutkan seri EPnya dan merilis Club Life, Vol. 2013 3: Stockholm yang turut menampilkan remix musisi seperti Icona Pop ("I Love It") dan Passion Pit ("Carried Away").  Album studio Tiësto kelima, A Town Called Paradise, muncul pada tahun 2014 di bawah label rekaman Casablanca. Album ini menampilkan produksi musik yang paling berorientasi dengan genre pop dalam karirnya. Dua singel terbesarnya, "Red Lights" dan "Wasted" berhasil memuncak dalam daftar Top Ten Billboard dan mendapatkan sertifikat emas dan platinum di beberapa negara.

Profile DJ Tiesto, DJ Terhebat Sepanjang Masa
Sumber: @tiesto

Selama pertengahan tahun 2015 sampai 2016, Tiësto terus bergulir dalam dunia musik elektronik. Dia merilis lebih dari selusin single selama 2 tahun ini, termasuk kolaborasi dengan Martin Garrix ("The Only Way Is Up"), Chainsmokers ("Split [Only U]"), "On My Way" (turut menampilkan Bright Sparks), dan Oliver Heldens feat Natalie La Rose ("The Right Song") yang berhasil mendapat sertifikat perak dari British Phonographic Industry.

Profile DJ Tiesto, DJ Terhebat Sepanjang Masa
Sumber: @tiesto

Diskografi remix Tiësto semakin berkembang dan mendunia, terutama saat dirinya berhasil membuat remix lagu John Legend yang berjudul "All of Me”.  Remix tersebut memenangkan Grammy dengan kategori Best Remixed Recording, Non-Classic. Pada tahun 2018, ia kembali masuk Top Ten chart lagu pop Belanda dengan lagu "Jackie Chan," sebuah kolaborasi dengan Dzeko, Preme, dan Post Malone. Sementara itu, Tiësto tetap berinvestasi dalam banyak aspek industri musik dance sebagai DJ Professional, Globar Performer, tech up advisor, dan radio DJ. Setelah sekumpulan single di awal tahun 2019, Tiësto mengeluarkan EP barunya yang berjudul Together.

You may also like

Leave a comment