Profil DJ Duke Dumont, DJ Asal Inggris Nominator Grammy

Profil DJ Duke Dumont, DJ Asal Inggris Nominator Grammy Sumber: Instagram @dukedumont

MATA LELAKI - Adam George Dyment a.k.a. Duke Dumont yang lahir pada 27 Agustus 1982, adalah seorang musisi, DJ, penulis lagu, dan produser rekaman. Ia terkenal dengan single “Need U (100%)”, “I Got U”, “Ocean Drive”, dan “Won’t Look Back”. Dua single miliknya pernah berada di posisi pertama dan kedua UK Singles Chart.

#

Dumont memiliki label rekaman “Blasé Boys Club”, serta membuatnya sebagai tempat produksi musiknya. Ia memiliki sejumlah remix lagu, beberapa di antaranya masuk dalam chart lagu di UK. Tahun 2014, single “Need U (100%), dinominasikan sebagai “Best Dance Recording” pada Grammy Award ke-56. Tahun berikutnya, hasil kolaborasi dengan Jax Jones, “I Got U”, dinominasikan dengan kategori yang sama.

Awal Karier Musik Duke Dumont

#

Awal karier bermusik Duke berada di bawah bimbingan Switch, sosok yang juga membimbing Beyoncé, M.I.A., Santigold. Ia juga membuat remix miliknya sendiri. Sejumlah kolaborasi dilakukan, di antaranya dengan Lily Allen pada lagu “The Fear”, Mystery Jets “Two Doors down”, dan Bat for Lashes “Daniel”.

Tahun 2012, Duke merilis dua album mini milik DJ Tiga, yaitu For Club Play Only Volume 1 dan Volume 2. Kedua lagu itu dimainkan di radio oleh Annie Mad dan Fearne Cotton untuk Radio BBC, dan juga dengan Trevor Nelson pada BBC Radio 1Xtra. Pada tahun yang sama, ia meremix lagu milik Aluna George, “Your Drums, Your Love” dan milik Santigold, “The Keepers”.

Perjalanan Bermusik Tahun 2013

Maret 2013, Dumont merilis single, “Need U (100%)”. Dalam lagu ini, Dumont berkolaborasi dengan A*M*E, penyanyi asal Inggris kelahiran Sierra Leonean. Lagu tersebut sempat merajai UK Singles Chart, Belgia, dan Belanda. Video klip lagu itu disutradarai oleh Ian Robertson dengan model Rique, dan mencapai 32 juta viewer di Youtube. Juli 2013, Duke Dumont meluncurkan track album barunya berkolaborasi dengan penyanyi Inggris MNEK, berjudul “Hold On”, melalui majalah online Pitchfork.

6 Desember 2013, Annie Mac, DJ sekaligus presenter asal Irlandia, melalui radio BBC, ikut merilis single Duke Dumont featuring Jax Jones, berjudul “I Got U”. Lagu ini merupakan single kedua dari album debut tahun 2014. Lagu ini mampu mencapai posisi teratas pada UK Singles Chart.

Single ini merupakan sampel dari lagu “My Live Is Your Love” milik Whitney Houston. Penyanyi Kelli-Leigh ada pada single ini. Dumont terinspirasi dari rekaman asli lagu milik Whitney Houston. Dumont mengatakan bahwa lagu Whitney tersebut merupakan salah satu favoritnya. Selama rekaman, ia berpikir mungkin lebih baik lagu tersebut dinyanyikan oleh seorang penyanyi, namun tanpa mengurangi original lagu yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi legend.

Puncak Karier: Grammy Awards (2014-2015)

Agustus 2014, Duke Dumont merilis lagu berjudul “Won’t Look Back”. Lagu itu mampu mencapai peringkat kedua pada UK Singles Chart. Pada Februari 2015, single “I Got U” dinominasikan sebagai “Best Dance Recoding” pada Grammy Award ke-57. Akhir Juli 2015, ia merilis lagu “Ocean Drive”, dari mini Album Blasé Boys Club Pt. 1.

Pada Juli 2015, selama melakukan wawancara dengan Annie Mac, pada Radio BBC 1, Duke Dumont mengatakan bahwa ia akan merilis dua single baru, “Be Here” dan “Worship” dari album mini, For Club Play Only Pt. 4. Akhirnya, keduanya dirilis oleh Defected Records, perusahaan rekaman Inggris pada 1 Agustus 2016.

Selama berkarier di musik, Duke Dumont telah membuktikan eksistensinya dengan mendapatkan nominasi di ajang bergengsi Grammy Award.

Leave a Comment