Tuesday Dec 07, 2021 01:45

Profil DJ Amelie Lens, Fokus DJ Tinggalkan Modelling

Profil DJ Amelie Lens, Fokus DJ Tinggalkan Modelling

MATA LELAKI - Amelie Lens lahir pada 31 Mei 1990 di Vilvoorde, Belgia. Sejak usia belia, Lens memiliki rasa ingin tahu tinggi pada musik. Musisi favoritnya antara lain Boys Noize, Nine Inch Nails, Ellen Allien, Underworld, dan lainnya. Memiliki hobi menghadiri tur dan festival musik, pada tahun 2006, di usia 15 tahun, terdapat satu event yang merubah perjalanan hidupnya, yaitu Festival Dour, Belgia.

Setibanya di rumah, setelah melihat pertunjukan tersebut, Lens mulai membaca sejarah tentang musik elektro dan menemukan sejumlah artis serta label rekaman. Hal ini seperti sebuah dunia baru yang terbuka untuknya. Ia bahkan membuat playlist di iTunes, menyusun track yang disukai, semacam podcast, namun tidak digabungkan. Selain itu, menghabiskan seluruh kehidupan remajanya bepergian menjelajahi pertunjukan musik techno di seluruh penjuru negara.

Profil DJ Amelie Lens, Fokus DJ Tinggalkan Modelling

 

Masa Kecil: Hidup Tanpa Orang Tua di Usia 5 Tahun

Lens berada di bawah asuhan neneknya hingga dewasa. Ia dilahirkan dan diasuh oleh ibu tunggalnya, Rene. Ketika berumur 5 tahun, ibunya meninggal pada usia 32 tahun karena serangan jantung. Kemudian, dia tinggal dari satu bibi ke bibi lainnya selama enam tahun. Akhirnya, dia berakhir tinggal dengan neneknya pada usia 11 tahun.

Kematian ibunya di usia muda, membuat Amelie takut memilki anak. Ketakutan mengalami nasib yang sama, tanpa orang tua sejak kecil. Namun, ia kemudian menyadari bahwa hidup hanya masalah waktu. Dia pun membangkitkan motivasi diri dengan membuat setiap detik hidupnya menjadi berarti.

Mengawali Karier di Dunia Modelling

Sebelum Amelie memutuskan berkarier sebagai DJ, dia pernah melakoni sejumlah pekerjaan, termasuk cleaning service. Kemudian, dia tergabung dalam agensi dan menjadi model foto untuk berbagai brand fashion terkenal, Tim Walker, Levi’s, Harrods, dan Jean Paul Gaultier.

Setelah mengakhiri karier sebagai model, dia beralih menjadi DJ secara serius dan tekun belajar, hingga tampil dalam pertunjukan kecil lokal. Bahkan, dia juga membuat soundtrack untuk pertunjukan fashion. Di saat yang sama, Lens dan pacarnya, Sam, tinggal di sebuah rumah lantai tiga di Antwerp. Di sinilah mereka berdua menjalankan bisnis perusahaan oatmeal, Baerbar, sekaligus sebagai studio musik dan apartemen.

Pada masa ini juga, Amelie Lens dikontrak perusahaan rekaman Italia, Lyase dan bekerja sama memproduksi musik pertamanya, Exhale. Kemudian, dia bekerja sama dengan label Pan-Pot untuk album mini kedua dan memulai bermain di pertunjukan yang lebih besar.

Profil DJ Amelie Lens, Fokus DJ Tinggalkan Modelling

 

Fokus pada DJ

Faktanya, terlalu sulit bertanggung jawab pada pekerjaan lebih dari satu, CEO, model, dan DJ. Sehingga, dia menghentikan dua pekerjaan dan memutuskan fokus pada karier musik. Lens menyerah bekerja di industri fashion pada tahun 2014. Kemudian, dia pun menjadi DJ dengan nama Renée. Sebagian besar ia memainkan minimal techno bass-heavy.

Keputusan yang diambil sangat tepat. Karier Lens melambung tinggi, hingga go international. Bahkan, dia memiliki fan base yang memberikan dirinya penghargaan dan hadiah kemanapun ia pergi. Hingga Maret 2019, DJ asal Belgia ini telah merilis enam album mini. Pada tahun 2017, Ultra-successful Contradiction EP, tahun 2019 EP Basiel, diproduksi di bawah label rekaman Lenske, label miliknya sendiri.

Musik, Band, dan Lens

Tempatkan Amelie Lens dan music techno di ruangan yang sama, hasilnya adalah ledakan. Lens membangun dirinya sendiri dengan peralatan paling menakjubkan dalam genre electro musik. Ia sering bermain dalam pertunjukan langsungnya menggunakan kotak efek Pioneer. Serta menggunakan tambahan lapisan sebagai campuran. Hal ini membangun efek sendiri di seluruh track yang dibangun kembali untuk dimainkan.

Segala peralatan miliknya digunakan sesuai situasi. Kadang, jarang disentuh. Namun, ketika bermain di waktu senggang, tetap bersinar. Lens khususnya mencari dan membeli track yang bekerja baik dengan alat. Sering ada perkusi minimal mengunci groove. Ketika rekaman, Lens sering menggunakan Ableton Live music sequencer dan digital audio workstation, seperti juga Elektron Analog Four synth dan sequencer.

Profil DJ Amelie Lens, Fokus DJ Tinggalkan Modelling

 

Kesuksesan Amelie Lens

DJ asal Belgia ini secara jelas telah mendunia hampir di seluruh daratan Amerika Utara dan Eropa. Pertunjukan miliknya selalu penuh, ramai, dan riuh tepukan tangan. Kehadiran Lens membawa kebanggaan dan rasa cemburu dari para penggemar dan para DJ terdahulu.

5 Fakta Amelie Lens

  1. Kebiasaan Lens pulang larut malam untuk menonton pertunjukan, membuat khawatir neneknya.
  2. Profesi model membuatnya menghadiri festival, membuatnya jatuh cinta dengan music techno.
  3. Lens bertemu dengan pacar, rekan kerja, sekaligus manajernya, Sam di sebuah club pada malam ulang tahunnya ke-18. Keduanya terhubung karena kecintaan pada music electro. Sam merupakan guru pertama Lens yang mengenalkan pada profesi DJ hingga memproduksi musik.
  4. Amelie Lens memiliki sejumlah nama panggung berbeda ketika melakoni profesi DJ, termasuk nama ibunya Renee.
  5. Pada September 2016, Lens fokus memproduksi musik dengan Pan-Pot. Waktu inilah ketika Lens berhenti sebagai model serta bisnis yang dijalankan dengan Sam.

You may also like

Leave a comment