Thursday May 26, 2022 00:13

Profile DJ Alok, DJ Muda Tersohor di Dunia asal Brazil

Profile DJ Alok, DJ Muda Tersohor di Dunia asal Brazil

MATA LELAKI - Alok Achkar Peres Petrillo adalah seorang DJ sekaligus produser rekaman asal Brazil. Terkenal dengan hit single berjudul “Hear Me Now”. Pada tahun 2018, Alok mendapatkan posisi #13 DJ terbaik dunia menurut majalah DJ magazine.

Profile DJ Alok, DJ Muda Tersohor di Dunia asal Brazil

Biografi Singkat: Alok Achkar Peres Petrillo

Petrillo lahir pada 26 Agustus 1991di Goiânia, Brazil, putra dari DJ Ekanta and Swarup, yaitu pelopor genre musik psytrance di negara tersebut, serta pemrakarsa Universo Paralello, festival electronic music, di Bahia. Selain itu, Alok merupakan sosok dengan akar musik yang kuat.

Profile DJ Alok, DJ Muda Tersohor di Dunia asal Brazil

Dibesarkan oleh kedua orang tua, Swarup dan Ekanta, dan besar bersama saudara kembarnya, Bhaskar. Mereka sama-sama terjun di genre music electo. Sejak usia 10 tahun telah berkarir di musik dengan ikut di dalam festival Universo Paralello, festival music alternative terbesar ketiga di dunia, diproduseri oleh keluarganya. Alok merupakan keturunan Italia, Portugis, dan Lebanon.

Pada tahun 2004, Alok bersama saudaranya menghadiri rehearsal band ayahnya. Menurut Ekanta, ibunda Alok, buah hatinya tertarik dengan bagaimana kinerja meremix lagu. Dengan bantuan Zumbi and Pedrão, teman baik keluarganya, mengajari Alok meremix lagu. Tiap anak belajar sesuai minatnya, satu keyboard, yang lain gitar.

Tidak lama berselang,  Dick Trevor menginstal Logic Pro, sebuah program editing lagu pada computer Swarup. Hal ini semakin mendekatkan keduanya memproduksi music. Keduanya kemudian menghadiri pertunjukan orang tuanya dalam sebuah pesta dengan genre music psy trance. Setelah itu, keduanya terlibat pembuatan project "Logica".

Karir Musik Petrillo

Alok memulai karir bermusik di usia yang sangat muda, yakni 12 tahun, dengan saudara kembarnya Bhaskar Petrillo. Di usia 19 tahun, ia memutuskan bersolo karir dan menjadi salah satu icon genre music elektronik dan paling berpengaruh di Brazil. Dibuktikan dengan mendapatkan penghargaan “Best DJ in Brazil”, oleh House Mag dua tahun berturut-turut, yaitu tahun 2014 dan 2015. 

Profile DJ Alok, DJ Muda Tersohor di Dunia asal Brazil

Alok merupakan satu-satunya orang Brazil yang ikut daftar Billboard sebagai 100 DJ terbaik di dunia, #72 the Billboard Dance 100, satu-satunya orang Brazil yang telah mencapai 320 juta dimainkan di Spotify, music platform dunia.Ia juga menjadi orang Brazil pertama yang tercatat dalam TOP 100 Global, dengan singlenya berjudul,  ‘Hear Me Now’, ‘Never Let Me Go’ , ‘Big Jet Plane’, dan “Ocean”. Setelah pencapaian ini, Alok terkenal sebagai DJ terkemuka. Ia juga merupakan pemiliki dari label rekaman UP Club, sebuah label khusus menangani penemuan bakat baru pada genre electronic music.

Pada tahun 2016, Alok mengadakan tur ke sejumlah negara mengelilingi berbagai benua, hadir dalam berbagai festival terbesar dan panggung, menyebarkan style-nya yang terkenal, “Brazilian Bass”. Di tahun yang sama, ia mendapatkan hasil atas kerja samanya, berakhir dengan sejumlah pencapaian penting, diantaranya menandatangani kontrak dengan label Spinning Record Belanda dan William Morris (WME), dikenal sebagai salah satu agensi terbesar di dunia yang membawahi sejumlah artis kenamaan. Di tahun ini, berada pada #25 DJ ranking menurut DJ Magazine.

Profile DJ Alok, DJ Muda Tersohor di Dunia asal Brazil

Awal tahun 2017, mampu menembus pasar China dan sangat berpengaruh di kawasan tersebut. Selain itu, namanya juga terkenal di Amerika dan Eropa. Telah melakukan tur ke empat benua, dengan total 15 pertunjukan di kota-kota besar. Ia juga menandatangani kontrak dengan Warner Music, salah satu pelopor label rekaman dunia. Masih di tahun 2017, terpilih oleh majalah Forbes Brazil, sebagai 30 orang paling berpengaruh di Brazil, juga meremix lagu Mick Jagger, “Gotta Get a Grip” sehingga menjadi lagu paling popular oleh penyanyi Inggris di Spotify.

Pertengahan 2018, ikut dalam sejumlah festival penting, mengadakan tur di Amerika dan Asia, dan tampil di Meksiko. Pertama memimpin sebuah trio Electric independent di Karnaval Salvador yang diadakan di Cisrciut Barra Ondina. Dinobatkan sebagai 100 DJ terbaik di dunia oleh Billboard dan #72 Billboard Dance 100. Tampil dalam 36 pertunjukan dalam sebulan.

Profile DJ Alok, DJ Muda Tersohor di Dunia asal Brazil

Akhir April, Alok merilis single “Ocean”, sebuah lagu terinspirasi pada kisah nyata dan berdurasi 8 menit, menampilkan Rodrigo Santoro, Marina Ruy Barbosa, Genésio de Barros dan Maria Manoella. Lagu ini telah mencapai 60 juta kali diputar. Alok sangat menyukai beraksi di depan panggung dan berpendapat bahwa kebahagiaan bergantung dengan kebahagiaan orang lain.

Makna Lagu Hits Alok, “Hear Me Now”

Lagu “Hear Me Now”, memiliki genre pop yang memadukan suara gitar akustik dan siulan dengan lirik suasana bahagia. Dalam lagu ini, Alok berkolaborasi dengan Bruno Martini dan California Marcos Zeeba sebagai vocal, seorang penyanyi kelahiran California.

You may also like

Leave a comment