Sunday Sep 25, 2022 18:57

Profile DJ Afrojack, Salah Satu DJ Terlaris di Dunia

Profile DJ Afrojack, Salah Satu DJ Terlaris di Dunia

Matalelaki.com - Nick van de Wall atau lebih dikenal dengan nama panggung DJ Afrojack memulai mengenal dunia musik ketika umurnya masih sangat muda. Dia mulai bermain piano ketika dia baru berusia lima tahun. Ketika mulai beranjak remaja, dia tergolong siswa yang sangat kreatif, Afrojack menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mendengarkan semua jenis musik sambil belajar. Tidak mengherankan jika dirinya tidak membutuhkan waktu lama untuk memulai membuat trek musik, walaupun hanya untuk didengarkan dirinya saja.

Profile DJ Afrojack, Salah Satu DJ Terlaris di Dunia
Sumber: @afrojack

Memasuki usia 11 tahun, Afrojack mulai mengenal sebuah aplikasi komputer yang disebut Fruity loop.  Program ini mampu membuat trek musik elektronik sesuai dengan keinginan dan selera penggunanya. Pada titik ini bakat dan hasratnya untuk menciptakan musik elektronik Afrojack benar-benar muncul ke permukaan. Dengan cepat dirinya mulai belajar menggunakan Fruity Loop dan membeli full version dari aplikasi ini.  Hingga saat ini, Fruity Loop menjadi aplikasi pilihannya dalam membuat maupun mengedit trek musiknya.

Profile DJ Afrojack, Salah Satu DJ Terlaris di Dunia
Sumber: @afrojack

Afrojack menyelesaikan sekolahnya dan memutuskan untuk melanjutkan karir musiknya. Merasa belum bisa mencari nafkah dari hobinya itu, ia mulai bekerja paruh waktu di bar dan katering. Hingga saat ini, Afrojack menjadi DJ ternama yang selalu menjadi bintang tamu di klub yang berada di kota Rotterdam. Awal mula karirnya dimulai dari performa pertamanya di klub lama Las Palmas ketika dia baru berusia 16 tahun. Setelah pertunjukkan pertamanya yang membuat banyak pengunjung terhibur dengan permainannya, dirinya menjadi aktif untuk mengikuti event-event musik elektronik yang tersebar di Belanda.

Profile DJ Afrojack, Salah Satu DJ Terlaris di Dunia
Sumber: @afrojack

Pada tahun 2006 ia berangkat ke Kreta (Yunani) untuk menjadi DJ selama lima bulan penuh berturut-turut di setiap klub yang telah memesannya sebagai DJ bintang tamu.  Selain aktivitasnya sebagai seorang DJ, Afrojack juga mulai mempelajari musik elektronik ke level lebih tinggi dan membuat trek lagu pertamanya. Ketika kembali ke Belanda, dia bersemangat dan mulai memproduksi lebih banyak lagu, serta memiliki keinginan untuk merilis sebuah lagu perdananya di bawah label rekaman ternama. Dengan sedikit bantuan dari Sidney Samson dan Laidback Luke, di bawah label rekaman Digidance, Afrojack berhasil meluncurkan lagu perdananya yang berjudul  In Your Face.  Lagu tersebut berhasil meraih peringkat # 60 di Dutch Top 100 dan # 3 di Dutch dance Top 30. Tidak terlalu buruk untuk lagu perdana seorang anak berusia 18 tahun.

Profile DJ Afrojack, Salah Satu DJ Terlaris di Dunia
Sumber: @afrojack

Pada tahun 2007, Nick van de Wall mulai menggunakan nama alias Afrojack saat berada di panggung. Dirinya bertekad untuk menjadi DJ dan produser populer dalam dunia musik elektronik. Lagu demi lagu telah ia buat, demikian juga berbagai remix telah diciptakannya dan dia bahkan memulai membangun label rekamannya sendiri yang diberi nama Wall Recording. Afrojack jarang terlihat di luar studionya. Ketika dia tidak mendapat jadwal menjadi DJ, dia selalu berada di dalam studionya dan mulai menciptakan karya-karyanya. Jejak permusikan di dunia DJnya mulai mendapat support dari DJ internasional seperti Josh Wink, Dave Clarke, Laidback Luke, Fedde Le Grand, Marco V dan Benny Rodrigues.

Profile DJ Afrojack, Salah Satu DJ Terlaris di Dunia
Sumber: @afrojack

Memasuki tahun 2008, Afrojack mulai membawakan lagu 'Math' dan 'Do My Dance' setiap kali dia diundang untuk menjadi DJ pengisi di klub-klub malam.  Beberapa waktu kemudian, Afrojack bergabung dengan Partysquad untuk menambahkan kualitas bermusiknya dan beberapa minggu kemudian, co-op mix 'Drop Down (Do My Dance)' mulai dirilis. Lagu ini menjadi Top hits 20 besar di Belanda dan dinobatkan "Tune of the Week" oleh stasiun radio terbesar di Belanda. Sejak saat itu, Afrojack mulai muncul di banyak festival besar dan populer, seperti Mystery Land, Tomorrowland (Belgia), Extrema Outdoor and Sensation. Setelah kepopularitasannya di Belanda terdengar sampai dunia internasional, pada tahun 2009, DJ kondang dunia saat itu, David Guetta mulai melihat bakat yang ada dalam diri Afrojack dan bermaksud untuk menghubungi dirinya. Mereka memutuskan untuk bertemu di studio, yang menghasilkan sebuah lagu berjudul 'Toyfriend' yang merupakan kolaborasi antara Afrojack dan David Guetta.

Profile DJ Afrojack, Salah Satu DJ Terlaris di Dunia
Sumber: @afrojack

Sesuai posisinya sebagai figur utama dan ternama di bidang musik elektronik asal Belanda, kesuksesannya membentang jauh melampaui kota asalanya tersebut.  Pada tahun 2010, Afrojack menjadi salah satu DJ / produser musik yang paling laris di dunia.  Dengan reputasi yang cukup terpandang sebagai produser, gaya khasnya dalam menciptakan remix yang unggul membuat para musisi besar di dunia mengajaknya untuk berkolaborasi.  Beberapa lagu populer hasil kolaborasinya dengan musisi dunia yaitu 'Alejandro' yang berkolaborasi dengan Lady Gaga dan 'Revolver' featuring Madonna.

Profile DJ Afrojack, Salah Satu DJ Terlaris di Dunia
Sumber: @afrojack

Perlahan-lahan dia mulai mendapatkan posisi sebagai DJ top dunia dengan mengguncang klub-klub malam dan festival-festival besar di dunia seperti Pacha Ibiza, Miami Ultra Music Festival dan Electric Daisy Carnival di LA.  Sejak saat itu, Afrojack menjadi terkenal sebagai seorang produser yang telah mmengisi daftar top lagu yang dibuatnya maupun kolaborasi dengan DJ ternama dunia mulai dari Pete Tong, David Guetta,Josh Wink, Fedde Le Grand, Steve Aoki, Diplo, Kid Cudi, Pitbull dan Black Eyed Peas. Pada tahun 2011, Afrojack dihadiahi penghargaan Grammy untuk remix dari lagu 'Revolver' Madonna yang bekerja sama dengan David Guetta.  

Profile DJ Afrojack, Salah Satu DJ Terlaris di Dunia
Sumber: @afrojack

Keterampilannya dalam membuat sekaligus memproduksi sebuah lagu layak mendapat penghargaan sekelas Grammy Awards.  Sikapnya yang hangat kepada siapa saja di luar panggung menjadikannya dicintai oleh para clubbers, selain itu efek full bass dan boom dance floor serta pertunjukan yang energik membuat Afrojack layak menjadi DJ sekaligus produser ternama saat ini.

You may also like

Leave a comment