Sunday Jan 29, 2023 03:32
Featured

Profil DJ Dipha Barus yang Sudah Mendunia

Profil DJ Dipha Barus yang Sudah Mendunia

Matalelaki.com - Bagi penggemar musik EDM atau musik dugem, nama salah satu DJ asal Indonesia, yaitu Dipha Barus, mungkin sudah tak asing lagi. Ya, namanya sering terdengar di radio-radio, bahkan namanya juga sudah sampai ke kancah internasional. Tak heran jika dia kerap manggung di event nasional bahkan event di luar Indonesia untuk menghibur penggemarnya. Bagi yang belum mengenal sosok DJ yang satu ini, mari kita kenalan dengannya lebih dekat lagi.

Dipha Barus, atau nama lengkapnya Dipha Kresna Aditya Barus, merupakan seorang DJ kelahiran Jakarta, pada tanggal 4 Januari 1986. Sejak kecil, dia dikenal sudah tertarik dengan musik. Dia pun mulai terjun ke musik sejak dirinya masih SD. Saat itu, dia belum mengenal DJ, dan memilih alat musik bass sebagai alat musik yang pertama dipelajarinya.

Profil DJ Dipha Barus yang Sudah Mendunia
Dipha Barus (Sumber: Instagram @diphabarus)

 

Dipha banyak mendapatkan referensi musik dari sepupunya, David Tarigan, yang merupakan pendiri Irama Nusantara. Referensi musik Dipha semakin banyak saat duduk di bangku SMP, karena dia juga aktif mencari referensi musik lainnya selain yang sudah diberikan dari sepupunya.

Perkenalan Dipha dengan DJ bisa dibilang terjadi secara tak sengaja. Saat itu, dia sedang mengantarkan ayahnya untuk berobat ke Singapura. Di sanalah, dia bertemu dengan seseorang yang mengenalkan Dipha tentang musik drum dan bass. Dipha pun diundang ke sebuah klub. Setelah itu, Dipha mulai tertarik untuk mendalami musik-musik elektronik, dan kemudian membeli Aphex Twin.

Profil DJ Dipha Barus yang Sudah Mendunia
Dipha Barus (Sumber: Instagram @diphabarus)

 

Setelah kembali ke Indonesia, Dipha pun mendalami musik elektronik, sembari belajar untuk menjadi seorang DJ. Saking tertariknya dengan dunia musik elektronik, Dipha sebenarnya ingin mengambil kuliah musik, namun sayangnya ayahnya tidak setuju, sehingga Dipha pun mengambil kuliah jurusan desain grafis.

Meski merupakan lulusan desain grafis dan sempat bekerja sebagai desainer grafis, Dipha mengaku tidak cocok dengan pekerjaannya itu, dan kemudian kembali ke jalur musik. Akhirnya, pada tahun 2010, dia pun memulai debutnya sebagai seorang DJ, dan tetap aktif sampai sekarang.

Profil DJ Dipha Barus yang Sudah Mendunia
Dipha Barus (Sumber: Instagram @diphabarus)

 

Sebagai seorang DJ, dia sudah memiliki banyak karya, baik sebagai musisi pendukung, maupun me-remix lagu orang lain. Sebagai musisi pendukung, dia sudah berkolaborasi dengan Bunga Citra Lestari, Monica Karina, sampai Raisa. Dia pun telah mendapatkan penghargaan berupa Anugerah Musik Indonesia Karya Produksi Dance/Electronic Dance Music Terbaik untuk lagu "No One Can Stop Us" pada tahun 2016.

Beberapa tahun belakangan, Dipha pun memutuskan untuk menjalani hidup sehat. Dia tak lagi merokok, menjadi seorang vegetarian, dan rajib berolahraga. Karena gaya hidupnya itu, dia pun dijuluki sebagai DJ Syariah oleh teman-temannya.

Semoga karier Dipha Barus makin melejit, dan makin mengharumkan nama Indonesia di kancah musik internasional.

You may also like

Leave a comment