Profil DJ ATB, Jatuh Bangun Berkarier Musik Trance

Profil DJ ATB, Jatuh Bangun Berkarier Musik Trance Sumber: Insomniac

MATA LELAKI - André Tanneberger a.k.a ATB (lahir 26 Februari 1973) adalah seorang DJ, musisi, dan produser musik trance dari Jerman. Dia sempat merajai tangga lagu di Inggris dengan single hit miliknya. Sayangnya, dia turun di peringkat ke-11 pada tahun 2009 dan 2010 versi majalah DJ. Pada tahun 2011, dia berada di urutan ke-15. Namun, ia menduduki peringkat teratas versi “The DJ List”. 

#

 

Awal Karier Bermusik: Membentuk Grup Musik Dance Sequential One

André mulai berkarier di musik bersama grup music dance Sequential One. Pada Februari 1993, dia mengeluarkan debut single, “Let Me Hear You”, diikuti dengan “Dance”/”Raving”. Kedua single tersebut tidak terlalu sukses di pasar. Namun, André dan band memilki kesempatan merilis album mini.

Pada tahun 1994, mereka menambah anggota baru, Ulrich Poppelbaum, Woody van Eyden dan Morpha pada vokal. Setahun kemudian, merilis album grup pertama "Dance", di bawah label rekaman House Nation. Setelah sukses di negaranya, Jerman, dia kemudian mulai terkenal di daratan Eropa. Album kedua berjudul "Energy" rilis di Jerman, Belanda, Austria, Swiss, dan Hungaria.

Seiring dengan kesuksesan dan perkembangan karier, dua anggota keluar, yaitu Woody van Eyden dan Morpha pada tahun 1998. Hanya tertinggal André dan Ullrich. Pada tahun 1999, mereka sempat terpuruk. Sebelum akhirnya bubar, André sempat menyusun dan mengeluarkan single terakhir “Angels” dan album kompilasi "Decades".

1998-1999: Formasi ATB dan Movin’ Melodies

Pada tahun 1998, André fokus dengan project solo ATB. Dia mengeluarkan track “9 PM (Till I Come)”, yang terdapat dalam album "Movin’ Melodies". Single ini sempat merajai UK Singles Chart pada tahun 1999. Track menekankan sintesis gitar yang populer dan menjadi ikon. Ciri khas ini kemudian ada dalam setiap album ATB. Style miliknya termasuk pada bagian vokal dan aneka suara disertai dentingan piano.

Meskipun hanya mengeluarkan sejumlah single di Inggris, di antaranya “Don’t Stop!” dan “Killer”, masih secara rutin merilis musik di Jerman dan di sebagian besar Eropa. Dia telah mencetak hit fenomenal yaitu “I Don’t Wanna Stop” dan merilis ulang lagu milik trio Olive yang hit pada tahun 1996, “You’re Not Alone”.

#

 

2000-2001: Two Worlds

Two Worlds rilis pada tahun 2000 dan merupakan album kedua. Terdiri dari dua disc dengan konsep jenis musik dan mood berbeda. Judul CD tersebut, “The World of Movement” dan “The Relaxing World”. Terdapat dua lagu berkolaborasi dengan Heather Nova, “Love Will Find You” dan “Feel You Like a River”. Lagu “Let U Go” ada pada CD “The World of Movement” berkolaborasi dengan vokalis Roberta Carter Harrison (Wild Strawberries). Lagu “Enigmatic Encounter” terdapat musik dari project music Enigma.

2001-2002: Dedicated dan ATC lawsuit

Album ketiga, "Dedicated" rilis pada tahun 2002. Termasuk di dalamnya top hit “Hold You” dan “You’re Not Alone”. Judul tersebut merujuk pada Serangan 11 September. Pada tahun ini pula, ATB membawa label rekaman ATC ke pengadilan dan menuntut berganti nama menjadi ‘A Touch of Class’.

2003-2004: Addicted to Music & No Silence

Pada tahun 2003, ATB merilis "Addicted to Music", termasuk lagu hit “I Don’t Wanna Stop” dan “Long Way Home”. Pada tahun yang sama, ATB merilis DVD dengan nama sama. Terdiri dari video, dokumen tur, dan foto. Hit ATB di antaranya “Ecstasy” dan “Marrakech”, berkolaborasi dengan Tiff Lacey pada vocal. Single “Marrakech” menjadi soundtrack film Mindhunters. Setahun kemudian, merilis album "No Silence". 

2005-2006: Seven Years

Pada tahun 2005, ATB merilis "Seven Years". Sebuah album kompilasi, terdiri dari 20 lagu, termasuk semua single miliknya. Ia menambahkan enam track baru, di antaranya “Humanity” dan “Let U Go”. Kedua lagu tersebut berkolaborasi kembali dengan Tiff Lacey. Banyak album ATB yang rilis kemudian berkolaborasi dengan vokalis Kanada, Roberta Carter Harrison (Wild Strawberries).

2007-2009: Future Memories & Trilogy

"Trilogy" rilis pada 4 Mei 2007. Single berjudul “Justify” merupakan kompilasi "The DJ 4 in the Mix". Single “Renegade” rilis 12 April 2006, menampilkan Heather Nova. Single ketiga “Feel Alive” rilis pada bulan Juli. "Future Memories" rilis pada 5 Mei 2009. “What About Us” dirilis sebagai single utama. Track hit hasil kolaborasi dengan Tiff Lacey di antaranya “My Everything”, “Still Here”, dan “Missing” (cover lagu klasik duo "Everything but the Girl").

#

 

2011-2016: Distant Earth & Contact

Tanggal 29 April 2011 "Distant Earth" rilis. Kemudian, remixnya rilis 16 September 2011. Tanggal 6 Juni 2012, Sunset Beach DJ Session 2 rilis. Pada 24 Maret 2013, ATB mengumumkan pada "A State of Trance 600 Miami" di Festival Ultra Music bahwa akan merilis album pada pertengahan 2013.

Bulan September, André mengatakan fokus dengan album terakhir. Terdapat 24 lagu yang terdiri dari 2 CD. Kesimpulannya, ATB mengadakan serangkaian konser di Amerika di antaranya, Los Angeles, San Fransisco, Chicago, dan New York. Sebelumnya, André telah mengadakan enam konser di Eropa Timur. Album "Contact" rilis pada 24 Januari 2014.

2017-Kini: neXt

Tanggal 10 Januari 2017, Andre mengumumkan melalui akun Facebook tentang album “Next”, ditulis neXt. Akhirnya, album tersebut resmi rilis 21 April di bawah label rekaman Kontor. Tersedia dalam tiga versi: CD standar dua disc, box edisi terbatas, dan paket dobel vinyl 12”. Tersedia dengan sistem PO melalui Amazon.com, dapat dipesan tepat saat perilisan. Album ke-19 ATB berjudul “In Motion”. Pada 6 Juli 2018, ATB menikahi istri keduanya, Laura Gabriela.

Leave a Comment