Profil Model Clara Tan, Perwakilan Indonesia untuk Asia’s Next Top Model 5

Profil Model Clara Tan, Perwakilan Indonesia untuk Asia’s Next Top Model 5 Clara Tan (Sumber: Instagram @clarasutantio)

Matalelaki.com - Ajang Asia’s Next Top Model merupakan salah satu ajang yang cukup beken, apalagi jika seseorang hendak menjadi model terkenal se-Asia. Ajang tersebut diikuti oleh model-model cantik dari seluruh Asia, termasuk Indonesia. Tahun 2018 lalu, ada satu nama peserta Asia’s Next Top Model yang menarik perhatian, terutama perhatian warga Indonesia, yaitu Clara Tan. Clara Tan menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia dalam ajang tersebut. Lalu, bagaimana perjalanan karier model Clara Tan hingga sampai ke ajang tersebut?

#
Clara Tan (Sumber: Instagram @clarasutantio)

 

Clara Tan, atau nama lengkapnya Clara Sutantio, mengaku bahwa awal dirinya terjun ke dunia model tanpa direncanakan. Kisahnya berawal saat dirinya duduk di bangku SMA. Saat itu Clara suka menjadi model untuk temannya yang gemar foto-foto.

Meski sudah sering berpose di depan kamera, saat itu dia masih belum serius menjadi seorang model, karena saat SMA dia hanya iseng saja membantu temannya, mengingat dulu dia bertubuh paling tinggi di antara teman-temannya.

#
Clara Tan (Sumber: Instagram @clarasutantio)

 

Lebih jauh lagi, ternyata Clara pada saat itu juga sempat menjadi model iklan majalah. Saking sibuknya menjadi model, Clara jadi seperti menomorduakan sekolahnya, sampai akhirnya kena marah dari sang ibu. Saat itu, kedua orangtuanya tak setuju Clara menjadi seorang model, dan ingin Clara fokus pada pendidikannya.

#
Clara Tan (Sumber: Instagram @clarasutantio)

 

Akhirnya, Clara pun menuruti kemauan orangtuanya, dan lebih fokus pada pendidikannya, sampai dia pun lulus SMA dan kuliah di Lasalle College dengan mengambil jurusan Fashion Design. Di kampus inilah Clara bertemu dengan seseorang yang membukakan jalan menjadi seorang model profesional. Seseorang ini sekarang menjadi manajernya.

Kejadian yang sama berulang lagi, di mana Clara lebih sibuk mengurusi profesi modelnya dibandingkan kuliah. Namun kali ini lebih sulit, karena pekerjaan Clara itu jadi terhambat karena jadwal kuliahnya yang cukup padat. Clara pun kesulitan membagi waktu.

#
Clara Tan (Sumber: Instagram @clarasutantio)

 

Akhirnya, Clara pun memutuskan untuk berhenti kuliah di Lasalle, dan pindah ke Bunka dengan jurusan yang sama. Namun, hal ini juga tak berjalan mulus, dan membuat Clara memutuskan untuk berhenti kuliah dan lebih fokus pada pekerjaannya saja sebagai model. Keputusannya ini membuat kedua orangtua Clara marah besar dan hampir diusir dari rumah, namun Clara tetap tak bergeming.

Selang beberapa lama, datanglah kesempatan dia ikut ajang Asia’s Next Top Model, namun saat itu dia masih ragu untuk ikut ajang itu dikarenakan dia harus dikarantina selama 3 bulan, dan selama 3 bulan itu dia tak bisa mendapatkan penghasilan.

#
Clara Tan (Sumber: Instagram @clarasutantio)

 

Clara akhirnya termotivasi untuk ikut ajang itu untuk membuktikan bahwa dirinya bisa, dan menunjukkan pada semua orang, terutama orangtuanya, bahwa dia bisa menjadi seorang model top se-Asia. Meski sempat mengalami kendala, Clara pun berhasil menjadi finalis ajang tersebut.

Sejak itu, nama Clara mulai dikenal di Indonesia, dan banyak tawaran job datang padanya, terutama job sebagai aktris. Namun, Clara lebih memilih fokus untuk bekerja sebagai model, dan dia berharap bisa menjadi model internasional, terutama di Amerika Serikat. Sukses terus untuk Clara.

Leave a Comment