Pilih DJ atau Produser? Kenali Perbedaannya

Pilih DJ atau Produser? Kenali Perbedaannya Sumber: BCCRWP

MATA LELAKI - Dunia musik EDM merupakan dunia musik yang sangat menarik untuk diulas dari berbagai macam sisi dan juga sudut pandang. Dalam musik EDM tersebut, kita mengenal dengan namanya Produser dan juga DJ. Akan tetapi, meskipun ruang lingkup pekerjaannya sama, terdapat beberapa perbedaan anatara DJ dan juga seorang produser musik EDM ini.

Bagi sebagian orang, mungkin masih menganggap produser musik adalah seorang DJ. Namun pada kenyataannya, produser musik belum tentu menjadi seorang DJ, begitu juga sebaliknya seorang DJ belum tentu bisa merangkap sebagai seorang produser musik. Meskipun ada beberapa yang memiliki profesi DJ sekaligus sebagai produser musik. Artikel berikut mungkin akan membuka wawasan anda.

#
Foto: Loan Collective

 

Dari deskripsi pekerjaannya saja sudah berbeda di mana seorang DJ adalah memainkan musik dan juga membuat pertunjukan yang sangat memukau ketika berada di atas panggung. Dari sini, seorang DJ juga dituntut harus bisa menguasai alat dan juga menguasai area panggung pertunjukan DJ ketika dia beraksi di sebuah pentas.

Berbeda dengan seorang produser, di mana tugas mereka hanyalah memproduksi lagu. Produser memang tidak dituntut untuk bisa menguasai alat, namun harus mengetahui apa saja kegunaan alat itu. Produser musik hanya akan duduk di depan Digital Audio Workstation dan meracik lagu tersebut supaya lebih enak didengar atau bisa dipublikasikan kepada publik.

Seorang DJ juga disewa untuk sebuah pertunjukkan atau dikontrak untuk menjadi seorang residen. Di mana dalam hal ini dirinya harus tampil di depan umum dengan memainkan alat-alat DJ. Seorang DJ juga memiliki audiens atau penontonnya sendiri sehingga mereka disewa untuk menghibur penonton dengan kemampuan bermain DJ-nya tersebut sambil membuat aksi memukau.

Sementara itu, seorang produser musik hanya bekerja di balik layar saja, dan mereka meracik musik untk kemudian dilepaskan melalui saluran Youtube atau media sosial mereka. Dalam hal ini, meskipun seorang produser memiliki penggemar, namun dia tidak bisa secara langsung bertatapan muka dengan para pendengarnya. Hasilnya itu untuk dinikmati oleh banyak orang.

#
Foto: Digital DJ tips

 

Ketika akan beraksi di atas panggung atau akan melakukan pertunjukan, seorang DJ akan terlebih dahulu menyusun dan juga meilih lagu-lagu yang akan dimainkan dan dimasukkan ke dalam daftar lagu. Lagu yang dimasukkan juga harus sesuai dengan aliran dan juga suasana hati si pemain DJ tersebut agar irama yang dimainkan sesuai.

Dalam hal ini, seorang DJ adalah mengubah ulang atau meremix lagu-lagu yang sudah ada sehingga bisa didengar dengan baik dalam aliran EDM. Di sinilah kemampuan mengubah lagu atau mracik berbagai macam aliran menjadi satu yang harus dimiliki oleh seorang DJ. Karena hasil ubahan lagu merekalah yang menentukan respon dari pendengar.

#
Foto: Currenrt Sound

 

Lain halnya dengan seorang produser musik, di mana dirinya harus membuat sendiri lagu baru dengan aliran musik EDM. Dalam hal ini, seorang produser musik dibantu dengan DAW atau Digital Audiowork Station. Secara harfiah, DAW berarti “ruang kerja” dari para produser musik dalam menciptakan sebuah lagu.

DAW sendiri berisikan perangkat lunak yang bisa merekam, kemudian mengubah dan juga memproduksi hasil suara tersebut. Sudah pasti, karena DAW ini bersifat digital, maka harus terhubung dengan perangkat keras berupa PC atau Laptop. Produser hanya menentukan konfigurasi musik yang pas, kemudian dia tinggal menentukan irama untuk lagunya tersebut.

Dalam hal ini, seorang produser hanya fokus dalam pembuatan lagu untuk genre tertentu. Sedangkan sang DJ fokus untuk kebrlangsungan karir dan juga eksistensi mereka di dunia musik EDM.

Leave a Comment