Wednesday Jan 26, 2022 21:49

Perjuangan DJ Muda Asal Surabaya, Pagi Sekolah Malam Manggung

Perjuangan DJ Muda Asal Surabaya, Pagi Sekolah Malam Manggung

MATA LELAKI - Adanya disk jockey (DJ) menjadi nuansa baru dala dunia perkembangan musik EDM yang ada di Surabaya. Sekarang sudah tidak jaman lagi jika profesi menjadi DJ itu dipandang buruk. Dengan memodifikasi, meracik dan memainkan musik biar membuat para pendengarnya bisa mendapatkan hiburan itu bukan hal mudah dan sangat membutuhkan skill.

Gairah dari kalangan anak muda dalam musik EDM semakin lama semakin besar. Bukan hanya dimainkan pada sebuah klub saja, musik ini juga sudah masuk di beberapa acara kekinian bahkan menjadi sebuah festival.

YouTube
YouTube

 

Walaupun usianya masih belasan tahun, para DJ muda dari Surabaya di bawah ini menunjukkan skillnya. Mulai dari DJ Natabel dan Djaya Vanedo Leeuwrik. Dua DJ ini unjuk gigi pada acara Penthouse International Business Club.

Natanel sebagai sapaannya merupakan seorang siswa dari SMA Nation Star Academy. Usianya masih belasan tahun dan sudah mempunyai jadwal manggung sangat padat. Bakatnya ini sudah diturunkan dari ayahnya yaitu Joseph Humphrey. Dulu saat masih muda ayah natan merupakan DJ. Alatnya masih ada di rumahnya dan sangat kuno.

Kursus DJ Surabaya - WordPress.com
Kursus DJ Surabaya - WordPress.com

 

Di bangku SMP dia sudan memiliki hobi dalam dunia musik. Dia sering sekali mengulik beragam penampilan di Tomorrowland yaitu festival musi yang diadakan di negara Belgia. Dari penelusurunnya, dia memperoleh banyak sekali referensi.

Kemudian Natan pun belajar drum dan membuat sebuah band. Sense of musik dalam dirinya pun selalu terlatih. Kemudian Natan pun masuk pada DSX DJ Course dan bertemu langsung dengan Djaya. Dia merupakan lulusan SMA Santa Maria Surabaya.

Untuk usianya terpaut hanya satu tahun dengan Natan sehingga membuat selera musik mereka berdua mudah sekali nyambung. Sehingga menjalin keakraban dan tidak heran jika dua DJ ini selalu berkolaborasi.

Sebagai DJ otomatis dia pun masuk di dunia malam dan banyak sekali tantangan yang wajib dihadapi. Tantangan itu yang sangat terlihat adalah harus bisa melawan rasa kantuk. Sebab mereka pagi siang harus sekolah, lalu malamnya nge-DJ.

Sekolah DJ
Sekolah DJ

 

Tidak tanggung-tanggung, apabila mendapatkan job manggung Djaya dan Natan selalu tampil tercepat yaitu pukul 12 malam. Sering juga pukul 3 pagi setelah artis atau bintang tamu turun.

Selain itu, mereka juga harus bisa menahan godaan dari minuman keras. Dua DJ ini dilarang mabuk kalau manggung. Mereka berdua hanya menggunkan trik seolah-olah mabuk untuk mendapatkan kesan yang terbaik saat manggung. Memang disodori gelas namun semuanya hanya pura-pura lalu disingkarkan gelas itu ketika penonton lengah.

Memang menjadi DJ itu bukan sekedar memutarkan musik saja. Tantangannya adalah bagaimana bisa membuat penonton itu enjoy ketika lagu itu dimainkan. Ada tiga hal yang harus diperhatikan bagi anda yang ingin menjadi DJ yaitu mixing, beat dan mengelola lagu.

wruv.org
wruv.org

 

Untuk dua DJ ini bukan hanya mendapatkan job di klub malam. Sekarang banyak sekali pesta dengan konsep unik seperti adanya sweet seventeen yang tentu semua tamunya anak muda. Djaya dan Natan selalu mengisi event di acara kampus. Dia memiliki fans kalangan anak muda baik cewek maupun cowok.

Memang belum lama mendalami hobi ini, Natan dan Djaya sudah masuk di Persatuan Disc Jockey Indonesia di kota Surabaya. Mereka bisa melebarkan sayap termasuk untuk menambah pengetahuan serta unjuk gigi dalam beberapa kompetisi DJ. Salah satunya Djaya mampu masuk di lima besar dalam kompetisi PDJI yang bertajuk Indonesia DJ Championship tahun 2016.

Selain dua DJ di atas, ada juga profile DJ muda lainnya yaitu DJ Ozzy yang memiliki nama lengkap Ozzy Fadilah. Dia selalu melatih kemampuannya di Studio Max Industrial. Dalam sehari Ozzy pun selalu mengahbiskan waktu untuk berlatih atau persiapan manggung selama dua jam.

Indoclubbing
Indoclubbing

 

Dia sudah ada gurunya yaitu Maxx VB untuk meningkatkan kemampuannya. Latihan rutin tersebut membuat dirinya selalu siap untuk tampil kapanpun. Jika memang dia mendapatkan job mendadak, dijamin Ozzy tidak kaget atau grogi lagi.

Sudah menekuni dunia DJ cukup lama, DJ Ozzy ini sering sekali tampil di beragam event yang ada di luar kota yaitu di kota Cirebon, Semarang, Bandung, Mojokerto dan Tasikmalaya.

Itulah geliat dan perjuangan dari dj muda asal Surabaya yang selalu mengasah kemampuannya dalam dunia musik EDM.

You may also like

Leave a comment