Friday Aug 12, 2022 09:09

Perjalanan Karier Youtuber Michelle Saragih

Perjalanan Karier Youtuber Michelle Saragih

MATA LELAKI - Kemajuan teknologi yang terjadi seperti sekarang ini seolah memberikan angin segar bagi anak muda di Indonesia. Bagaimana tidak, para generasi Y ini memanfaatkan gawai yang mereka miliki untuk bisa mengakses informasi dengan sangat mudah dan juga tanpa batas. Salah satu yang kini menjadi profesi baru dalam pemanfaatan teknologi ini adalah Youtuber.

Profesi ini sedang banyak digemari oleh para generasi muda khususnya di Indonesia, dan banyak Youtuber berbakat senantiasa memberikan konten-konten menarik dan juga unik. Kali ini, kami akan membawa anda untuk berkenalan dengan salah satu Youtuber cantik bernama Michelle Saragih yang memiliki kisah inspiratif, dan juga memiliki cerita unik dalam dunia Youtube.

Siapa sangka, hanya dengan bermodalkan sebuah ponsel pintar, dirinya saat ini mejadi salah satu Youtuber terkenal di Indonesia. Karena dirinya sudah sukses di tanah air, bahkan Michelle bisa bertemu dengan salah satu aktor legendaris asal Amerika Serikat yakni Tom Hanks. Saat itu Michelle berkesempatan mengunjungi Negara Paman Sam.

Dalam dunia Youtube sendiri, Michelle mulai mengawali kariernya pada tahun 2017 yang lalu di mana saat itu tepatnya bulan Januari. Sejak saat itu, dirinya mulai rutin mengisi konten di kanal Youtube miliknya. Seperti kebanyakan Youtuber lainnya, Michelle memilih konten seputar tips kecantikan dalam akun Youtubenya. Tercatat, setidaknya Michelle sudah memiliki pelanggan sebanyak 115 ribu.

Michelle awalnya bukanlah selebritis atau orang yang berkecimpung di dunia hiburan sebelum menjadi seorang Youtuber. Dirinya bekerja sebagai staff keuangan dari salah satu perusahaan rokok yang ada di Indonesia. Dirinya sempat merasa stres karena pekerjaan yang dilakoninya tersebut bertolak belakang dengan pendidikan yang dia ambil sebelumnya.

Perjalanan Karier Youtuber Michelle Saragih
Foto: News Corner

 

Michelle sendiri merupakan alumni dari salah satu universitas yang ada di Hamburg, Jerman dan dirinya mengambil pendidikan ilmu komunikasi. Pekerjaan Michelle sebagai staff keuangan di perusahaan rokok tersebut hanya bertahan selama satu tahun. Dirinya kemudian memutuskan untuk resign dan memulai kariernya sebagai seorang Youtuber, yang juga mengikuti jejak sang kakak bernama Eva.

Michelle mengaku dirinya awalnya hanya iseng saja mengunggah konten ke akun Youtube miliknya. Hal itu lantaran Michelle memiliki insomnia berat di mana ketika malam hari tiba, terkadang dirinya susah untuk memejamkan mata dan beristirahat. Wanita yang kini berusia 27 tahun itu berpendapat bahwa daripada sepi, lebih baik mengisi waktu tersebut dengan hal yang positif.

Jika kebanyakan Youtuber mengawali kariernya dengan mengunggah konten ke kanal mereka menggunakan peralatan yang lengkap, maka lain halnya dengan Michelle. Dirinya hanya bermodalkan ponsel berkamera saja ketika merekam soal tips kecantikan. Michelle mengatakan bhawa dirinya mendapatkan banyak tips tersebut dari sang ibunda, salah satunya cara membersihkan wajah.

Melalui kanal Youtube miliknya tersebut, Michelle juga ikut berpesan bahwa semua perempuan khususnya perempuan di Indonesia harus bangga dengan jati dirinya. Menurutnya, parameter kecantikan seorang wanita tidak melulu diukur dari bentuk tubuh yang langsing dan juga kulit mulus bersih. Jadi diri sendiri, dan jangan ikut terbebani dengan perkataan seseorang.

Perjalanan Karier Youtuber Michelle Saragih
Foto: News Corner

 

Wanita yang mengidolakan Youtuber Jovie Adhiguna ini mendapatkan respon positif dari pemirsa yang menyaksikan konten Youtube miliknya. Semua konten yang dia unggah tersebut mendapatkan pujian serta komentar-komentar yang membangun. Hal itu membuat Michelle lebih semangat lagi dalam membuat konten yang lebih baik. Tentunya, dirinya mendapatkan keuntungan dari setiap video yang diunggahnya.

Beberapa ajang dan juga penghargaan sudah pernah didapatkan oleh seorang Michelle, salah satunya adalah Youtube Next Up Indonesia, di mana dirinya mendapatkan prestasi dalam masuk 12 besar. Ajang itu adalah sebuah penghargaan untuk kreator muda yang dianggap memiliki konten yang insporatif dan juga kreatif untuk penonton di Youtube.

Dari ajang tersebut, Michelle mendapatkan jalannya untuk bisa membuat konten yang lebih baik lagi dan menggunakan peralatan lengkap Youtuber. Michelle menggunakan kamera dan juga komputer jinjing yang baik untuk membuat kontennya. Selain itu, dirinya juga membuka sebuah usaha mobile-spa yang dijalaninya bersama sang kakak yang juga berprofesi sebagai Youtuber.

Seperti yang disebutkan di atas, Michelle bertemu dengan salah satu aktor ternama Hollywood yakni Tom Hanks di Amerika Serikat. Dirinya berkesempatan mengunjungi Amerika Serikat dengan mewakili Indonesia dalam Youtube Next Up Indonesia. Saat itu ajang bergengsi tersebut diadakan di California, dan di sana selain bertemu Tom Hanks, dirinya juga bertemu dengan Youtuber dunia lainnya.

Michelle sempat bercerita bahwa sang ibu, awalnya sepat menolak plilhannya menjadi seorang Youtuber. Akan tetapi, Michelle tetap ke pilihannya tersebut dengan menunjukkan berbagai macam prestasi yang membanggakan. Lambat laun, sang ibu mulai lunak hatinya dan mengizinkan anaknya untuk memilih jalannya sendiri selama hal tersebut membawa hasil positif.

Perjalanan Karier Youtuber Michelle Saragih
Foto: News Corner

 

Michelle menambahkan bahwa profesi yang awalnya dijalani karena iseng dan akhirnya bisa menghasilkan ini merupakan sebuah yang sangat tepat untuk mendeskripsikan dirinya. Dirinya menyukai apapun yang dia kerjakan selama hal tersebut bisa memberikan dampak yang positif kepadanya. Dan, dengan menjadi seorang Youtuber ini adalah jalan hidupnya yang dia lakoni selama ini.

Awalnya, Michelle bukanlah seorang Youtuber kecantikan yang senantiasa memberika tips serta informasi seputar kecantikan. Dirinya adalah youtuber yang mengulas dunia travelling dan juga liburan. Akan tetapi, para pemirsa lebih menyukai konten miliknya yang berisikan tips mengenai kecantikan, dan sejak itu diirnya mulai banyak mengunggah tips kecantikan di akun Youtubenya.

Salah satu hal yang bisa memotivasi dirinya untuk lebih baik lagi adalah dengan mendapatkan komentar positif yang didapatkan dari para penonton di akun Youtube miliknya. Sikap baik yang selalu ditunjukkan oleh Michelle menjadi salah satu faktor mengapa ia mendapatkan banyak pemirsa di akun Youtube miliknya tersebut. Sampai saat ini dirinya sudah mendapatkan hampir satu juta pemirsa di akun Youtubenya.

You may also like

Leave a comment