Tuesday Dec 07, 2021 00:15

Perjalanan Karier Penuh Rintangan Male DJ Hi Five

Perjalanan Karier Penuh Rintangan Male DJ Hi Five

MATA LELAKI - Memiliki talenta yang bagus dalam sebuah bidang merupakan sesuatu yang tidak banyak orang bisa dapatkan. Ada yang harus dikorbankan yakni waktu untuk mengasah talenta tersebut dan juga kemampuan secara finansialnya. Namun tidak sedikit dari mereka yang mampu terkenal karena memiliki kedua hal tersebut dalam dirinya. Kali ini kami akan mengajak anda berkenalan dengan DJ Hi Five.

Perjalanan Karier Penuh Rintangan Male DJ Hi Five
Foto: Suara Kalbar

 

Berasal dari Pontianak

Lelaki berbakat yang satu ini lahir di kota Pontianak pada tanggal 23 Maret tahun 1999 yang lalu. Dirinya memang memiliki kemampuan yang tinggi terhadap dunia musik sehingga memutuskan untuk menjadi seorang DJ. Musik seolah-olah sudah seperti menjadi bagian hidupnya dan juga dunia yang dia jalani.

Di Kalimantan Barat, terutama di Pontianak dirinya merupakan salah satu dari sekian banyak Male DJ berbakat. Sudah banyak pertunjukan lokal di Pontianak sana yang dia ikuti sehingga jam terbangnya dalam dunia musik EDM ini. Dirinya mencatatkan diri sebagai salah satu Male DJ berbakat yang dimiliki oleh negara Indonesia ini.

Jalan Terjal Menuju Kesuksesan

Mencapai posisi seperti sekarang ini bukan dilalui dengan jalan yang mudah. Ada banyak hal pahit dan juga manis yang harus dijalani oleh DJ Hi Five ini sebelum akhirnya dia meraih kesuksesan. Seperti yang disebutkan di atas, kemampuan seseorang bisa terasah salah satunya jika dia memiliki kemampuan finansial yang sangat kuat.

DJ Hi Five pernah mengalami yang namanya kesulitan biaya untuk masuk ke sekolah DJ. Dirinya sangat ingin mengasah kemampuan DJ-nya tersebut di sebuah sekolah DJ Pontianak namun harus gigit jari karena tidak punya biaya. Dirinya hanya memerlukan belajar yang tekun selama 6 bulan dan bermain di kafe-kafe lokal kota Pontianak.

DJ Hi Five mengaku dirinya memang memiliki minat yang sangat tinggi dalam dunia musik, namun untuk musik EDM ini dirinya sama sekali tidak memiliki kemampuan apa-apa. Namun, karena rasa penasarannya yang tinggi dan juga diiringi oleh minatnya yang sangat tinggi dalam dunia musik akhirnya dia mulai belajar bermain alat DJ.

Dirinya belajar mempelajari alat-alat turntable ini dari nol sampai bisa menguasai semuanya. Dengan ketekunan yang tinggi, DJ Hi Five bisa menunjukkan bahwa kesuksesan dimulai dari nol, dan tidak ada segala sesuatu yang instan. Bahkan untuk yang instan juga, perlu proses agar bisa menjadi matang dan siap untuk dipersembahkan kepada khalayak.

Tidak hanya mengalami kesulitan dalam hal biaya untuk belajar menjadi seorang DJ, dirinya juga sempat merasakan yang namanya perundungan. Menjadi seorang DJ harus siap dalam menghadapi kehidupan yang keras, karena selain harus berjibaku dengan dunia malam mereka juga harus bertemu dengan orang-orang banyak yang memberikan berbagai macam komentar terhadap penampilannya.

Tidak jarang dirinya harus mendapatkan hinaan dari para DJ-DJ yang juga ikut tampil di ajang dan juga lokasi yang sama dengan dirinya tampil. DJ Hi Five direndahkan karena dirinya adalah DJ yang baru naik ke permukaan. Dia dianggap masih belum memiliki kemampuan yang mumpuni untuk memainkan alat-alat DJ di depan penonton.

Dirinya sempat merasa putus asa, namun dengan dimotivasi oleh keinginan dan juga minatnya di dunia musik yang tinggi, dirinya akhirnya bisa bangkit. Rintangan yang dihadapi bukan hanya dari kendala biaya dan juga dari orang-orang sekitar. DJ Hi Five juga sempat mengutarakan bahwa dirinya memiliki kendala dari mentor yang mengajarinya.

DJ Dubstuck yang saat itu menjadi mentor dirinya ternyata tidak bisa memberikan banyak waktu untuk mengajari dirinya berlatih DJ. Dubstuck memiliki kesibukan sehingga saat DJ Dubstuck sibuk dengan pekerjaannya tersebut, DJ Hi Five belajar secara mandiri sambil menunggu mentornya tersebut selesai. Namun dirinya sudah memaklumi kondisi demikian sehingga tidak patah arang.

Julukan “DJ Thank You” pernah disematkan kepada DJ Hi Five, pasalnya dirinya sering tampil di atas panggung hanya dengan dibayar ucapan terima kasih. Dia mengaku berat menerima stigma negatif tersebut, padahal sebenarnya urusan pembayaran atau honor penampilannya tersebut sebenarnya adalah urusan dirinya. Orang lain tidak perlu tahu berapa besar bayaran dan juga fasilitas selama ajang.

2017: Titik Balik DJ Hi Five

Tahun 2017 menjadi titik balik dari serangkaian perjalanan DJ HI Five. Dirinya berhasil mencapai puncak kesuksesan dalam menjalani profesinya tersebut pada tahun 2017. Selama kurun waktu dua tahun hingga tahun 2019 dirinya sudah banyak tampil di ajang nasional dan juga internasional. Tidak jarang juga dirinya berbagi panggung dengan DJ mancanegara.

Beberapa lokasi seperti Raja Ampat, Papua kemudian dirinya juga pernah tampil di Malaysia merupakan salah satu bukti dirinya kini diakui sebagai salah satu DJ berbakat nasional. Salah satu yang menurutnya paling berkesan adalah ketika dirinya tampil dalam ajang tahun baru di Pahauman. Saat itu dirinya mendapatkan kehormatan langsung dari Bupati Landak untuk membuka acara tahun baru tersebut.

DJ Hi Five mengaku saat ini menerima banyak tawaran untuk tampil di berbagai ajang. Bahkan tawaran untuk tampil bersama musisi-musisi terkenal di tanah air juga sudah dia terima. Dirinya hanya tinggal memastikan jadwal tampil yang sesuai. Dalam satu minggu, DJ Hi Five bisa tampil sebanyak 2 kali. Sedangkan dalam sebulan, dirinya setidaknya tampil di 3 ajang musik lokal maupun nasional.

Tentunya dirinya memiliki harapan ke depannya sebagai seorang DJ yang merintis kariernya dari nol. DJ Hi FIve memiliki harapan yaitu banyak DJ-DJ berbakat yang tampil ke publik dan mampu bersaing secara sehat untuk merebut posisi puncak.

Dirinya juga menekankan kepada mereka untuk bersaing secara sehat dan tidak perlu saling sikut karena hanya akan menambah persaingan buruk. Bukan tanpa sebab, karena dirinya pernah mengalami masa-masa tersebut sebelum akhirnya diakui oleh publik bahwa DJ Hi Five ini adalah salah satu DJ berbakat tanah air.

You may also like

Leave a comment