Perjalanan Karier DJ Wikarma, Mampu Hilangkan Dunia Hitam

Perjalanan Karier DJ Wikarma, Mampu Hilangkan Dunia Hitam Sumber: Bali Express

MATA LELAKI - Tidak bisa dipungkiri jika kita berbicara tentang DJ atau disc jockey tidak lepas dari yang namanya dunia malam. Bahkan sering dikait-kaitkan dengan yang namanya seks bebas, narkoba, alkohol dan sebagainya. Namun ternyata anggapan ini dipatahkan oleh DJ Edi Wikarma.

DJ yang satu ini tidak ingin semakin merusak citra dari profesi seorang DJ. Itu sebabnya DJ yang bernama lengkap Kadek Edi Wikarma Putra ini pelan-pelan ingin mengubah pandangan negatif tersebut dengan lebih mengutamakan sebuah sikap atau etika ketika perform di atas panggung.

Pria asal Desa Bungkulan ini menegaskan, bahwa dia sudah tujuh tahun menekuni dunia ini. Ada banyak pengalaman yang dia rasakan selama bekerja di dunia malam. Lalu seperti apakah karir DJ Wikarma ini? Dan bagaimana stigmanya mengenai profesi nge-DJ?

Inilah Karier dan Pandangan DJ Wikarma Terhadap Profesi Nge-DJ

YouTube
sumber: YouTube

 

Semakin berkembangnya dunia hiburan saat ini pasti Anda mengenal yang namanya profesi disc jockey atau biasa disebut DJ. Dulu dan sekarang sangat jauh berbeda. Kalau dulu kita cuma mengetahui DJ yang memutar musik di radio-radio, namun sekarang sudah ada banyak tipe-tipe DJ yang bermunculan.

Misalnya sudah banyak DJ yang hadir untuk menghibur di klub malam. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang tertarik dengan profesi ini baik itu orang biasa bahkan sampai selebritas pun banyak yang mencoba peruntungannya menjadi seorang DJ.

Edi mengaku jika menjadi seorang DJ merupakan hobi yang dia senangi sampai saat ini. Dia bangga dengan pekerjaan ini karena bisa menghibur banyak orang tanpa mengenal usia khususnya para anak millenial. Dan pastinya ini adalah kebanggaan tersendiri. DJ ini juga menuturkan bahwa hobi ini muncul sejak tahun 2014 lalu.

YouTube

 

Semua berawal ketika dirinya sering mendengarkan lagu-lagu DJ yang ternyata bisa mengubah suasana menjadi berbeda. Dulu, berdasarkan pengalamannya ketika suasana hati sedang tidak mood, lalu saat mendengar lagu DJ malah mengubah suasana hati menjadi semangat dati sebelumnya.

Mengapa? Dia berpendapat karena beatnya begitu keras jadi cukup untuk membuat suasana berubah. Meskipun demikian, pria kelahiran 1987 ini menegaskan bahwa dia tetap mengutamakan yang namanya etika ketika tampil menghibur pengunjung. Dia mengaku menolak yang namanya terlibat dengan minum alkohol ketika nge-DJ.

Facebook
sumber: Facebook

 

Dia berusaha semampunya untuk menghindari seks bebas, alkohol, apalagi narkoba seperti yang biasa dilakukan para-DJ lainnya. Perjalanan kariernya ini bukanlah mudah. Karena profesi yang diawali dari hobi bermain turning table DJ itu ternyata dia pelajari secara otodidak. Dia mengaku jika awalnya dia belajar pertama itu dari temannya yang sudah profesional menjadi seorang DJ di Buleleng.

Namun secara keseluruhan proses belajar dilakukannya dari nol. Bagi Anda yang suka dengan lagu-lagu nge-beat dengan gaya yang berbeda, maka DJ yang satu ini sering memainkannya. Dia mengungkapkannya jika lahu yang biasa dia bawa mengarah kebarat-baratan. Dalam arti genrenya lebih ke Electro House. Jika berbicara tentang warna musik yang biasa dia bawa, maka selama lagu-lagunya banyak terinspirasi oleh DJ Carlo Atendido yang berasal dari Filipina.

Bahkan belajarnya dilakukan melalui Youtube saja. DJ yang satu ini juga menambahkan jika dia tidak ingin sebagai DJ dia mendapat citra negatif karena profesinya ini.  Itulah mengapa dia menghindari mabuk-mabukan, obat terlarang dan sebagainya seusai tampil. Sangat penting buatnya untuk tetap menjaga etika.

Perjalanan karier DJ Wikarma memang pantas diacungi jempol. Selain memulainya dari nol hanya menggunakan Youtube, juga karena mampu menghindari maupun melawan godaan selama bekerja di dunia malam mulai dari tahun pertama sampai saat ini. Dia berhasil menjaga citranya sebagai seorang DJ yang tidak sama seperti DJ lainnya yang mudah terlena dengan gemerlapnya dunia malam.

Leave a Comment