Penghasilan Model di New York Fashion Week Tidak Sebesar Acaranya

Penghasilan Model di New York Fashion Week Tidak Sebesar Acaranya Sumber: glitzmedia.co

MATA LELAKI - Kota New York, Amerika Serikat, sedang mempersiapkan salah satu ajang fashion terbesar di dunia yaitu New York Fashion Week. Meski kita tahu kalau model-model ini terlihat berpakaian modis dari keluaran rumah mode, dan juga akan runway di salah satu ajang fashion terbesar dan ternama di dunia, namun ternyata, ada berita miris yang dialami para model. Ternyata bayaran mereka tidak seglamor penampilan mereka.

Dilansir dari majalah Forbes, 20 model dengan bayaran tinggi hanya mengumpulkan uang sebesar 154 juta dollar pada tahun 2016. Salah satu model dengan penghasilan terbesar di NYFW, adalah model senior Gisele Bundchen (36), yang mendapat penghasilan 30 juta dollar. Supermodel Kendall Jenner, yang mempunyai follower 83 juta orang di instagram, juga hanya menghasilkan 10 juta dollar. Gigi Hadid sekitar 9 juta dollar. Bagi model-model lain, penghasilan mereka ternyata jauh di bawahnya.

#
Sumber: AM New York

 

Biro tenaga kerja New Yorkpun, mengeluarkan statistik rata-rata penghasilan para model. Hasilnya, para model mendapatkan penghasilan 48.130 dollar pertahun atau sepertiga dari pendapatan karyawan di kota New York yang mencapai 144.716 dollar. Menurut mantan model Sara Ziff dan pendiri model Alliance, para model rata-rata mempunyai daya tawar yang rendah, tidak dibayar sesuai standard upah, pembayaran honor yang terlambat, sampai baru dibayar ketika sang model sudah komplain. Bahkan yang lebih miris, ada model yang hanya dibayar dengan barang, atau tidak dibayar sama sekali.

Mantan model Kelly Mittendorf (23) yang pensiun dari dunia modelling setelah 5 tahun berada di industri ini juga mengungkapkan pengalaman yang sama. "Saya tidak pernah memiliki penghasilan yang cukup sebagai model. Saya juga punya banyak utang pada agensi model. Setiap agensi model membebankan biaya tiket, fotografer, dan cetak foto untuk portfolio. Termasuk juga pakaian untuk casting dan apartemen," kata Mittendorf.

Menurut dirinya sendiri, Kelly harus membayarkan uang kepada agen dan paling tidak butuh setahun untuk melunasi utangnya. Jadi, walaupun honor yang diterima Kelly relatif besar, tetapi itu semua ternyata untuk menutup biaya hidup dan hutang ke agensi. Tidak semua honor tersebut, akan masuk ke rekening si model.

Masih tertarik untuk menjadi model?

Leave a Comment