Pengetahuan Basic Tentang Parfum untuk Pria - Bag 2

Pengetahuan Basic Tentang Parfum untuk Pria - Bag 2 Sumber: kumparan.com

MATA LELAKI - Selain perubahan tingkat aroma yang disebutkan di bagian 1 artikel ini, dalam deskripsi parfum terkadang disampaikan juga mengenai wangi khas (note) yang terkandung. Beberapa istilah ini akan sering ditemui dalam berbagai penjelasan atau deskripsi yang umumnya terdapat dalam lembar promo atau lampiran deskripsi tentang produk.

  1. Ocean Note: Aroma bernuansa ‘laut’. Diharapkan membawa kesan kesegaran. Untuk yang mencari wangi yang ringan namun fresh, bisa memilih parfum dengan komposisi ocean note.
  2. Woody Note: Sandalwood dan Cedarwood biasa menjadi wangi yang mewakili kesan woody note. Sesuai namanya, kesan yang diusung adalah aroma pepohonan (bayangkan hutan berkayu)
  3. Citrus Note: Umum dihasilkan oleh campuran Lemon atau Orange (citrit yang berarti asam). Bisa digambarkan sebagai wangi dari sebuah jeruk yang baru dikupas, demikian kesan aroma dari istilah citrus note.
  4. Green Note: Aroma tumbuhan segar. Bisa digambarkan berdiri dalam lingkungan rerumputan yang baru saja terpotong segar di pagi hari. Kurang lebih itu gambaran yang ingin ditimbulkan oleh wewangian green note. Wangi ini juga rekomen untuk yang membutuhkan wangi segar namun tidak terlalu mencolok.
  5. Floral Note: Seperti namanya, kesan yang dihasilkan dari berbagai campuran floral dengan bau khas seperti bunga melati atau mawar, dan sebagainya. Untuk pria, perlu berhati-hati dalam memilih floral note karena beberapa jenis malah terlalu ‘manis’ sehingga tidak bisa mengangkat sisi maskulin Anda.
  6. Musk Note: Aroma sensual yang diharapkan menjadi tiruan dari hormon alami feromon sebagai penarik lawan jenis. Untuk yang muda dan ingin mendapatkan respon positif dari lawan jenis, silakan dilirik parfum dengan kesan musk note.
  7. Oriental Note: Biasa dihasilkan oleh beberapa bahan rempah-rempah yang berbaur dengan orange scent untuk menyatukan keseluruhan aroma. Agak berkesan menonjol, disarankan mencoba parfum dengan deskripsi oriental note sebelum membeli.

Mari kita ingat kembali tentang middle note.Tadi sempat ditekankan bahwa untuk membeli parfum, fase inilah yang menjadi prioritas dan faktor penentu. Hal ini karena, seperti yang sudah disampaikan di awal, essensi penggunaan parfum adalah untuk menyatukan wangi tubuh dengan wewangian tambahan agar meningkatkan kenyamanan.

Pengetahuan Basic Tentang Parfum untuk Pria - Bag 2
Pic Source : timbangharga.com

 

Proses penyatuan ini terjadi pada fase tengah, karena itu ketika memilih atau mencoba parfum, sangat disarankan untuk mengoleskan/spray terlebih dahulu di lengan dalam, area dekat dengan telapak tangan. Titik area ini memiliki suhu yang relatif lebih tinggi sehingga cepat ‘menyingkirkan’ top note dan kita bisa segera menilai seberapa cocok middle note dengan ekspektasi. Gosok-gosok tempat tadi selama beberapa menit, kemudian hirup aroma yang ditimbulkan. Seharusnya, pada fase ini, wangi harum yang dihasilkan oleh parfum sudah lebih soft dan kita bisa menilai dengan tepat.

Pengetahuan Basic Tentang Parfum untuk Pria - Bag 2 1
Pic Source : dewatagadget.com

 

Parfum yang kita pakai adalah perwakilan karakter dan pribadi kita. Pernyataan tersebut sah adanya.

Pemilihan aroma parfum secara tepat guna bisa mendukung ‘tampilan’ diri yang kita secara tidak langsung. Atau menjatuhkan bila salah. Remeh tapi cukup menganggu bukan?

Untuk pemililhan parfum dalam tujuan ini, yang harus diperhatikan adalah momen apa dan dimana kita ingin mengenakan parfum tersebut. Apakah untuk bekerja di  kantor sehari-hari, untuk bertemu kekasih, atau menghadapi presentasi penting dengan klien utama?

Berbagai momen tadi bisa menentukan wangi yang harus kita pilih dan produsen parfum sudah memberikan petunjuk mengenai ini. Kita diharapkan sudah mengerti petunjuk/istilah tersebut dalam deskripsi produk yang mewakili karakter yang ingin kita tampilkan.

Dibawah ini beberapa karakter yang ingin ditonjolkan dan mana ‘kesan’ yang seharusnya dipilih untuk tujuan tersebut.

  • Sporty, Aktif: diwakili oleh parfum dengan rujukan ocean note dan citrus note
  • Tenang, Kalem: pilih green atau oriental note
  • Sensual, Maskulin: untuk kesan ini gunakan woody note dan tentu saja musk note
  • Karisma, Elegan: pilihan woody note dan oriental note bisa menghasilkan karakter ini
  • Romantis: diwakili floral note dan musk note

Perlu diingat, sifat pengklasifikasian ini hanya bersifat acuan semata. Sistem indera penciuman kita sangat terbatas dan kadang ‘menipu’. Aroma  yang paling sesuai dan menggambarkan karakter diri selalu adalah pilihan yang terbaik. Sesuaikan dengan momen yang akan dihadapi dan gunakan acuan di atas sebagai preferensi pemilihan aroma dan wangi yang diharapkan. Jangan ragu untuk meminta pandangan pihak lain untuk memberikan gambaran lebih luas sehingga lebih obyektif dalam memilih.

Pengetahuan Basic Tentang Parfum untuk Pria - Bag 2 3
Pic Source : lifestyle.kompas.com

 

Faktor dasar yang kadang terlupa adalah ukuran kemasan. Hampir semua produsen parfum, baik untuk pria maupun wanita, selalu mengeluarkan berbagai varian ukuran untuk mempermudah pemilihan. Tujuannya, selain faktor ekonomi tentu saja kepraktisan.

Membawa-bawa botol parfum berukuran besar hanya untuk menghadiri acara di luar kota, misalnya, tentu sangatlah tidak praktis dan hal ini sebenarnya bisa diminimalisir dengan pemilihan kemasan lebih kecil. Atau sebaliknya, parfum yang ingin dipakai sebagai aroma sehari-hari tapi malah membeli kemasan kecil, tentu saja akan memboroskan bujet yang tidak perlu. Cermat dalam penentuan kegunaan wewangian kemudian tentukan ukuran yang perlu dibeli. Hal ini sebenarnya cukup remeh tapi terbukti berpengaruh dalam pemakaian rutin jangka panjang yang bisa menghabiskan berbagai ukuran parfum.

Demikian beberapa pengenalan dasar untuk istilah-istilah yang sering tercantum dalam deskripsi kemasan produk parfum, semoga dengan mengenal pengertian istilah tadi bisa memantapkan pilihan parfum yang akan dibeli.

Leave a Comment