Pendapat DJ Nickvan Kartosen Mengenai Perkembangan DJ Tanah Air

Pendapat DJ Nickvan Kartosen Mengenai Perkembangan DJ Tanah Air Sumber: Nickvan Kartosen

MATA LELAKI - Memiliki profesi sebagai seorang DJ harus bisa bersaing dengan para DJ lainnya dan juga harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Musik EDM adalah musik yang dinamis sementara para pelaku DJ-nya juga harus bisa menyesuaikan diri dengan zaman yang ada. Begitu pula yang dilakukan oleh salah satu Male DJ bernama Nickvan Kartosen ini.

Dirinya termasuk salah satu DJ dengan pengalaman dan juga jam terbang yang sudah tinggi. DJ Nickvan sudah banyak bermain untuk kota-kota besar di tanah air di berbagai kelab malam. Tidak hanya itu, dirinya juga aktif bermain di beberapa stasiun radio, sebut saja seperti AfterHours FM, kemudian Wave FM, Anthem FM.

DJ Nickvan sendiri sudah mulai berkarier di dunia DJ sejak tahun 2005 yang lalu di mana saat itu dirinya mengikuti ajang REDMA atau Ravelex Electronic Dance Music Award. DJ Rickvan masuk ke dalam nominasi Junior DJ pada tahun 2009 hingga tahun 2010 di ajang yang sama juga seperti yang dia ikuti sebelumnya.

Dua tahun berselang, masih di ajang REDMA, dirinya kembali masuk ke dalam nominasi DJ of The Year By Genre REDMA. Selain masuk ke dalam nominasi tersebut, dalam ajang yang sama juga dirinya masuk ke dalam jajaran REDMA Podcast Of The Year, yang dia raih pada tahun 2011.

#
Foto: Facebook

 

Tidak cukup sampai di situ saja, dua tahun berselang tepatnya pada tahun 2013, DJ Nickvan Kartosen juga meraih penghargaan dalam ajang Hardrock FM Paranoia Award. Dia mendapat predikat sebagai Producer Of The Year pada tahun 2013. Setahun berselang, tepatnya pada tahun 2014, dirinya masuk ke dalam nominasi DJ Of The Year dalam Paranoia Award.

Berkiprah di dunia musik EDM dalam waktu yang lama membuat dirinya harus mau mengupgrade kemampuan untuk bisa bersaing dan juga mengikuti perkembangan zaman. Saat ini musik Trance adalah aliran musik EDM yang sedang populer, namun DJ Nickvan justru berpindah haluan dengan mengganti alirannya menjadi Deep House Music.

Menurut dirinya, musik EDM saat ini sudah dalam masa peralihan, jadi untuk ke depannya musik EDM harus mendewasakan diri dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada. Seperti halnya busana, dalam musik juga ada yang namanya perkembangan dan juga inovasi baru. Dan inilah saat yang tepat untuk berubah menuju masa depan musik EDM yang cerah.

DJ Nickvan memiliki analisanya sendiri mengenai perkembangan musik EDM ini di mana dirinya melihat dalam beberapa tahun ini musik EDM lebih mengutamakan suara noise dalam alunan lagu yang dihasilkan dari sang DJ. Dan hal itulah yang nantinya akan berubah ke jenis musik-musik yang memiliki aliran santai.

Musik yang dimaksud menurut Nickvan adalah musik dengan aliran Child Out, kemudian Tiip House dan juga Take House. Berbicara mengenai potensi DJ-DJ lokal asal Indonesia, Nickvan memiliki pendapatnya sendiri. Menurutnya DJ lokal yang ada di Indonesia saat ini semuanya sudah sangat baik dan sudah bisa bersaing dengan DJ dari mancanegara.

Dirinya menyebutkan dalam beberapa tahun terakhir ini musisi DJ yang muncul naik sebanyak 75 persen dan mereka sudah bisa bersaing dengan DJ asing terutama dari negara Asia. Seperti misalnya Tiongkok, Korea, Jepang, Singapura, dan juga dari negeri tetangga. Dengan persaingan yang ketat tersebut, diharapkan Indonesia menjadi kiblat untuk musik EDM, khususnya di kawasan Asia. Mengingat penduduk Indonesia sangat menyukai yang namanya hal-hal baru yang membanggakan dan musik EDM ini adalah salah satunya.

Leave a Comment