Pemerintah Jepang Khawatirkan Virus Corona dari Klub Malam

Pemerintah Jepang Khawatirkan Virus Corona dari Klub Malam Sumber: Travellience

MATA LELAKI - Gelombang kedua virus corona di Jepang, tampaknya memang sudah datang. Beberapa hari yang lalu, pemerintah Jepang sudah mengkonfirmasi penambahan korban baru sebanyak 47 orang. Dari 47 orang tersebut. 18 orang di antaranya terkait dengan kluster klub malam yang ada di kawasan Shinjuku.

Dari sisa 29 orang, 14 orang sisanya juga terkena virus ketika pergi ke tempat club malam di daerah lain. Pemerintah kota Tokyo sendiri, sudah meminta kepada warganya untuk menjauhi tempat-tempat yang bisa mengundang keramaian. Apalagi di distrik-distrik yang memang khusus untuk hiburan malam, seperti di distrik Kabukicho, Shinjuku yang penyebaran Covid-19 terbilang sulit sekali untuk dibendung.

#
Sumber: Travellience

 

Gubernur Tokyo sendiri, Yuriko Koike, mengatakan kalau dirinya sudah memberikan peringatan dari berbagai medium, Dari mulai secara online, lewat device sampai selebaran di tempat umum. Menurut dirinya, sangat penting sekali untuk orang Jepang bisa menjaga dirinya sendiri, terutama di masa-masa seperti sekarang ini. Orang harus sadar, dirinya atau orang lain bisa menularkan penyakit virus ini.

Dari 18 orang yang terkena virus, mereka semua sudah ditest secara berkelompok. Akibat dari itu, pemerintah Jepang juga membuat kebijakan di tengah new normal di negaranya. Kebijakan itu mengatur setiap klub malam yang buka, harus bisa mencatat semua pelanggan yang masuk ke dalam klub malam tersebut. Informasi diri dan kontak, akan memastikan kalau diri mereka memang sehat dan bebas dari virus Corona. Hal ini sendiri, tidak hanya berlaku di club malam saja, tapi di tempat hiburan lain, seperti hotel sampai pertunjukan musik.

Jepan sendiri sudah mencabut keadaan darurat dari tanggal 25 Mei yang lalu. Kini pihak pemerintah Jepang mau mencegah gelombang kedua di tempat-tempat hiburan seperti hiburan malam. Tidak hanya Jepang saja yang memperingati warganya, karena penyebaran virus melalui klub malam sudah terjadi di Korea. Di Korea diketahui sekitar 7.000 orang yang mendatangi klub malam, berpotensi positif Covid-19 yang ditularkan dari satu pria yang sudah berpindah-pindah masuk klub malam di Seoul.

Leave a Comment