Pecel Ayam Vs Nasi Bebek, Siapa Juaranya di Jakarta?

Pecel Ayam Vs Nasi Bebek, Siapa Juaranya di Jakarta? Sumber: Google

MATA LELAKI - Pecel ayam dan nasi bebek, bisa dibilang kedua kuliner tersebut hampir menguasai makanan kaki lima di Jakarta. Anda akan mudah sekali menemukan warung tenda, yang menjual kedua makanan tersebut. Harganya juga murah, rasanya juga enak dan punyan kelebihan rasa masing-masing. Pecel ayam di Jakarta, lebih akrab disebut warung pecel lele, karena dijual sekaligus dengan pecel lele. 

#
Sumber: Google



Pecel ayam sendiri merupakan makanan yang dibawa oleh perantau dari Lamongan, Jawa Timur. Awalnya menu pecel ayam ini lahir, karena semua orang tidak begitu suka dengan ikan lele, sehingga dipilihlah ayam, bagi orang-orang yang tidak suka ikan lele. Bahkan warung pecel lele, memberikan berbagai ragam pilihan, dari ayam goreng/bakar, ikan nila, ikan bawal dan ikan gurame. Akhirnya warung berkembang pesat, dari tahun 90-an sampai sekarang. Warung pecel lele begitu terkenal dan menjadi tujuan untuk orang-orang makan malam.

Sedangkan untuk nasi bebek sendiri dibawa oleh pendatang Madura yang menjual nasi bebek. Beberapa pedagang inilah, yang mempopulerkan nasi bebek kepada orang Jakarta. Walaupun pada awal tahun 90-an, nasi bebek masih kalah pamor dengan pecel ayam. Tapi waktu silih berganti, nasi bebek mulai diterima dan menjadi favorit sendiri dari orang Jakarta yang menyukai bebek. 

#
Sumber: Google

 

Sampai saat ini saja, total sudah ada 25.000 warung pecel lele se-Jabodetabek. Jumlah yang fantastis ini, membuat yakin kalau pecel lele memang banyak peminatnya. Sedangkan nasi bebek, bisa anda jumpai lewat gerobak-gerobak yang biasanya banyak kita jumpai di sekitar perkantoran. Orang-orang yang makan siang atau pulang kantor, biasanya akan menyantap nasi bebek untuk makan malamnya. 

Sambal

Sambal menjadi sebuah element penting, dari kedua menu ini. Pecel ayam khas dengan sambal terasinya, sedangkan nasi bebek dengan sambal yang pedas dengan sambal hitam khas Madura. Dua-duanya sama-sama pedas dan enak, bisa membuat tubuh kita berkeringat ketika menyantapnya dengan nasi putih hangat. 

Jadi, anda lebih suka mana? Apakah pecel ayam, atau nasi bebek?

Leave a Comment