Pasangan Cantik Bisa Meningkatkan Status Pria, Benarkah?

Pasangan Cantik Bisa Meningkatkan Status Pria, Benarkah? Sumber: Instagram @gitasinaga

MATA LELAKI - Anda tentu sering mendengar sebuah pepatah yang mengatakan, kalau status atau derajat pria bisa melambung tinggi kalau ia mempunyai pasangan yang cantik. Ternyata pepatah tersebut rupanya betul-betul terbukti secara ilmiah. Sejak masih kecil, seorang anak tentu saja akan dengan senang memamerkan mainan barunya. Tatapan iri dari orang lain, akan membuat ia merasa penting, bahkan akan menjadi pusat perhatian. Kebiasaan yang sama, akan terus berlanjut sampai menjadi pria dewasa. Perbedaannya adalah, yang dipamerkan bukan lagi mainan, melainkan pasangan yang cantik dan seksi.

Dari studi psikologi terbaru, ditemukan fakta bahwa pria memandang wanita sebagai "sesuatu yang mewah", sama halnya dengan mobil sport, gadget canggih, atau jam tangan branded. Seperti yang sudah diketahui, barang-barang tersebut bisa meningkatkan status sosial, serta memenuhi hasratnya agar mendapat pengakuan dari pria lain.

#
Sumber: Instagram

 

Hal ini merupakan contoh primer dari teori tanda atau signaling, yang menyebutkan kalau tujuan sebagian besar manusia adalah memberi sinyal nilai dan status pada orang lain. Oleh karenanya, pria akan menegaskan posisinya melalui cara menunjukkan pasangan cantik kepada teman-temannya untuk membuat mereka iri. 

Penelitian tentang hal ini sendiri dilakukan dan dimuat dalam Evolutionary Psychological Science yang telah melakukan setidaknya empat eksperimen untuk menilai fungsi pasangan cantik sebagai tanda status dari pria. Mengencani wanita menarik dan disukai menjadi penanda perilaku penting, baik itu mulai dari kecerdasan, kebaikan, ambisi dan lain sebagainya. Karena, hanya pria pintar, baik serta ambisius yang sanggup mengencani wanita cantik.

Pria sendiri menganggap pria dengan pasangan rupawan memiliki status sosial lebih tinggi. Membuatnya tambah lebih menarik, ternyata pria paling peduli terhadap pendapat sesamanya dalam hal kualitas pasangannya. Mereka cenderung bangga, jika pria lain menilai pasangan mereka cantik. Terlepas dari hal itu semua, mempunyai pasangan cantik memang berpotensi untuk meningkatkan kepercayaan diri seorang pria secara signifikan. Jadi, apakah benar mengenai pernyataan bahwa pasangan cantik bisa meningkatkan status seorang pria? Bagaimana menurut anda?

Leave a Comment