Osvaldo Rio, Male DJ Yogyakarta yang Dikontrak Label Amerika Serikat

Osvaldo Rio, Male DJ Yogyakarta yang Dikontrak Label Amerika Serikat Sumber: Kapanlagi

MATA LELAKI - Yogyakarta dikenal sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang mencetak banyak musisi tanah air berbakat. Tidak hanya musisi saja namun juga seniman yang berbakat sering lahir dari kota yang berjulukan Kota Pendidikan ini. Pun demikian dengan musik EDMnya, di Yogyakarta banyak lahir DJ berbakat salah satunya adalah DJ Osvaldo Rio.

Sekilas Tentang Osvaldo Rio

#
Foto: Nusakini

 

Osvaldo Rio selain memiliki profesi sebagai seorang DJ, dia juga adalah seorang produser musik. Lahir dan tumbuh kembang di Yogyakarta membuat dirinya merasa termotivasi untuk mengangkat wilayahnya agar bisa dikenal luas oleh masyarakat. Osvaldo Rio sendiri tercatat sebagai salah satu alumni Universitas Gajah Mada yang mengambil jurusan di Fakultas Hukum.

Sederet prestasi berhasil ditorehkan oleh anak pasangan Ambarwati dan juga Poltak Diapari Aritonang ini. Dirinya banyak menghasilkan musik-musik EDM lewat kombinasi dan juga komposer instrumen-instrumen musik elektronik. Tentunya bagi para pendengar musik EDM akan terasa enak untuk didengarkan. Itulah yang menjadi salah satu kelebihan dari Osvaldo Rio ini yakni kemampuannya mengkompos lagu.

Sosoknya sendiri baru dikenal di tanah air setelah dirinya mengikuti ajang the Remix yang diadakan oleh stasiun TV NET pada tahun 2015 yang lalu. Dirinya berkolaborasi dengan salah satu vokalis Band SHE yakni Melly. Sebelumnya, Osvaldo Rio memang sering tampil di berbagai macam bar dan juga diskotik yang ada di Yogyakarta.

Salah satu hal yang membanggakan dalam perjalanan karier dari DJ Osvaldo Rio ini adalah ketika dirinya dikontrak oleh salah satu label rekaman musik EDM ternama asal Amerika Serikat yakni EDM.com. Saat itu dirinya bahkan masih berusia 20 tahun dan sangat jarang ditemukan orang dikontrak dengan usia yang masih muda tersebut.

Salah satu ciri khas yang membuat DJ Osvaldo Rio unik adalah dengan memadukan unsur budaya lokal dalam setiap penciptaan musiknya. Tujuannya supaya mengajak anak muda yang menyukai musik EDM bangga dengan budaya lokal yang ada tanpa harus mengabaikan keinginan mereka dengan mendengarkan musik-musik dari luar negeri atau mancanegara.

Dikontrak Label Ternama EDM.Com

#
Foto: Tribun Jogja

 

Album yang berjudul Bondowoso yang sudah dia rilis membuat perusahaan label asal amerika Serikat EDM.com mengontaknya untuk kemudian bergabung bersama dengan manajemen tersebut. Di album perdana miliknya tersebut, dirinya langsung mendapatkan kontrak eksklusif dari EDM.com untuk beberapa waktu. Hal tersebut merupakan pencapaian tertingginya dalam kiprahnya menjadi seorang Disc Jockey.

Osvaldo bercerita bahwa label rekaman EDM.com tersebut tidak memandang suku atau ras ketika mereka mengontrak DJ untuk bekerja sama. Kreativitas adalah salah satu pertimbangan utama dari label ternama Amerika Serikat tersebut dalam mencari DJ-DJ yang mumpuni untuk bergabung dengan mereka. Dan Osvaldo Rio menjadi salah satu yang beruntung bisa bekerja sama.

Dalam album Bondowoso itu dirinya memasukkan unsur-unsur musik lokal seperti misalnya gamelan. Hal itulah yang membuat musiknya berbeda dengan kebanyakan DJ yang lebih mengutamakan alat musik konvensional. Menurut Osvaldo, dengan menambah unsur budaya lokal, maka hal itu akan menambah nilai jual dari musik-musik yang diproduksi dan juga memiliki keunikannya tersendiri.

Osvaldo menolak jika memasukkan unsur budaya lokal adalah sebuah ketertinggalan, justru baginya hal tersebut adalah sebuah kemajuan. Tinggal bagaimana orang tersebut bisa memadukan kedua budaya tersebut menjadi satu karya yang menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Kreativitas juga sangat berperan penting dalam penciptaan musik-musik yang sangat enak untuk didengar ini.

Jika di luar negeri sana ada Yellow Claw yang membuat lagu dengan judul Barong, yang notabene hal tersebut dilakukan oleh musisi luar negeri yang memasukkan unsur budaya Indonesia. Jika musisi luar negeri saja bisa, mengapa kita sebagai anak bangsa tidak mencoba untuk menambahkan unsur-unsur budaya lokal dalam lagu yang dicptakannya.

Berkah Menjadi DJ

#
Foto: Youtube

 

Menjadi seorang DJ ternyata membawa berkah tersendiri bagi Osvaldo Rio. Bagaimana tidak, selain dirinya mendapatkan kontrak eksklusif dengan salah satu label EDM besar, dirinya juga mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan musik di Berklee College of Music yang ada di Boston, Amerika Serikat. Dengan mendapatkan beasiswa tersebut, dirinya harus tinggal di Negeri Paman Sam.

Dengan pindah ke Amerika Serikat untuk sementara, dirinya bisa lebih mendapatkan kesempatan untuk melebarkan karirnya dalam dunia musik. Kemudian dia juga bisa serius untuk bisa menjalani profesinya dan mendalami ilmu dalam musik EDM. Apa yang diraihnya selama ini bukanlah tanpa perjuangan dan juga bakat terpendam dalam dirinya.

Untuk menjadi orang sukses seperti ini, tidak membutuhkan sesuatu yang instan. Dirinya memang memiliki bakat sejak kecil dan hal itu terus diasah dirinya hingga beranjak dewasa. Osvaldo Rio memang sudah diperkenalkan dengan alat musik drum oleh pamannya ketika dirinya berusia 4 tahun. Diperkenalkan alat musik sejak kecil membuat bakatnya sudah terasah.

Sukses di Berbagai Ajang dan Album

Untuk kiprahnya sendiri sebagai seorang produser musik, dirinya sudah memulai kiprah tersebut sejak tahun 2003. Selain itu pengalaman serta prestasi yang sangat memukau juga pernah diraih olehnya seperti misalnya menjadi seorang residen di salah satu kelab malam di Beijing. Osvaldo Rio saat itu mengusung aliran musik Trance sampai saat ini.

Tidak hanya itu, dirinya sudah menelurkan banyak album sejak tahun 2008 yang lalu. Album yang diberi nama Escapade001 bisa dikatakan salah satu album sukses yang pernah dia rilis selain Bondowoso. Album keduanya diberi nama Escapade002 juga mengikuti jejak album pertamanya yang juga sama-sama meraih kesuksesan dalam dunia musik EDM.

Penghargaan juga sudah banyak dia raih seperti misalnya Paranoia Award yang diadakan oleh Hard Rock FM, kemudian Producer Of The Year di tahun 2012. Selain itu juga dirinya mendapatkan penghargaan REDMA Awards pada tahuyn 2011 dan juga Remix Of The Year yang diadakan oleh DTX.

Leave a Comment