Olahraga di Masa Pandemi? Ini Kata Dokter Cantik Reisa

Olahraga di Masa Pandemi? Ini Kata Dokter Cantik Reisa Sumber: Fimela

MATA LELAKI - Antusiasme masyarakat untuk berolahraga bisa dilihat dari ramainya CFD dan Gelora Bung Karno yang baru dibuka beberapa minggu belakangan ini. Masyarakat sangat senang, akhirnya bisa berolahraga lagi, seperti lari pagi, atau sepeda pagi di jalan protokol ibu kota. Olahraga juga membuat tubuh kita tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, sehingga daya tahan tubuh dan imunitas tubuh kita menjadi jauh lebih tinggi. 

Jubir Covid-19 yang baru, Dokter Reisa Bruto, mengatakan kalau masyarakat yang berolahraga di luar rumah, jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan. Jangan sampai niat anda berolahraga ingin sehat, malah pulang membawa penyakit. Celakanya, bukan anda saja yang kena, tapi anda malah menyebarkan ke keluarga anda. Bagaimana kalau ada orang lanjut usia dan anak kecil di tempat tinggal anda?

#
Sumber: Male Indonesia

 

Maka dokter Reisa menyarankan, kalau tempat olahraga itu cukup ramai, anda bisa cari yang spot tidak terlalu ramai orang. Jaga jarak aman, jangan bergerombol atau berkumpul. Selalu pakai masker ketika anda berolahraga, boleh dilepas kalau anda sedang lari atau jogging, tapi setelah selesai bisa anda gunakan kembali.

Di setiap spot, juga sudah disediakan tempat cuci tangan, itu jangan anda sia-siakan. Kalau anda berhenti sejenak, anda bisa cuci tangan anda, agar virus atau kuman di tangan anda bisa segera mati. Selain itu, juga pastikan apakah wilayah tempat anda berolahraga masuk dalam zona merah atau tidak, karena bahaya dan rentan sekali kalau anda berolahraga di zona merah. 

Lalu untuk jenis olahraganya, disarankan WHO untuk olahraga yang ringan dan tidak terlalu berat. Anda bisa jogging santai, bersepeda atau melakukan senam di pagi hari. Pastikan gerak tubuh anda ikut semua, karena pasti juga tidak bohong, badan dan pikiran ini begitu suntuk, sudah 3 bulan di rumah dan tidak ke mana-mana. Bawa botol air sendiri di rumah dan jangan gunakan uang kertas untuk melakukan transaksi di tempat CFD. 

Leave a Comment