Nouf Sufyani, Female DJ Pertama di Arab Saudi

Nouf Sufyani, Female DJ Pertama di Arab Saudi Sumber: Instagram

MATA LELAKI - Kaum wanita dikenal sebagai kaum yang memiliki banyak kemampuan dan juga skill mumpuni yang baik dalam berbagai macam bidang. Tidak sedikit juga dari mereka yang memiliki bakat terpendam, salah satunya sebagai seorang DJ wanita. Berikut ini kami akan mengulas profil mengenai DJ Cosmicat yang merupakan Female DJ asal negara Arab Saudi.

Negara Arab Saudi memang dikenal sebagai negara yang memiliki peraturan khusus terutama kepada wanita. Akan tetapi, seiring perjalanan waktu, peraturan khusus untuk para wanita itu sedikit dilonggarkan. Jika dalam beberapa tahun lalu wanita dilarang menyetir, kini mereka sudah diperbolehkan untuk mengendarai kendaraan. Begitu juga dengan kiprah mereka di dunia hiburan.

#
Foto: instagram DJ Cosmicat

 

DJ Cosmicat memiliki nama asli Nouf Sufyani yang juga seorang mahasiswi kedokteran di salah satu universitas di Arab Saudi. Awal mula dirinya tertarik untuk menggeluti dunia DJ adalah ketika dirinya mengunjungi Dubai tahun 2014 yang lalu saat dirinya menghadiri sebuah konferensi industri. Di situ dirinya mendengarkan alunan musik House.

Setelah terkesan dengan musik House tersebut, mulai timbul keinginan untuk bisa mempelajari musik-musik House tersebut. Dia menghabiskan waktunya bertahun-tahun untuk bisa menemukan tipe musik House ini. Sampai kemudian pada tahun 2019 dirinya menjadi salah satu Female pertama Arab Saudi. Nouf Sufyani tampil dengan nama panggung yaitu DJ Cosmicat.

#
Foto: instagram DJ Cosmicat

 

Pertunjukan yang berkesan adalah pada tanggal 19 Desember 2019 di mana dirinya tampil di Stadion King Fahd di Riyadh. DJ Cosmicat tampil di hadapan 130.000 pecinta musik elektro di stadion tersebut. Saat itu memang ada festival MDL Beats, yang merupakan festival musik bonafide pertama yang diadakan di Arab Saudi saat itu.

Para wanita di Arab Saudi diberikan kelonggaran untuk bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti mengunjungi stadion, kemudian bergabung dengan angkatan bersenjata, dan juga menyetir. Kebijakan ini mulai dikeluarkan setelah Pangeran Muhammad bin Salman memegang mahkota kerajaan Saudi Arabia. Secara otomatis, hal ini membuka peluang bagi wanita Arab Saudi untuk bisa berkembang.

Leave a Comment