Nadine Chandrawinata, Berlenggok di Atas Catwalk Hingga Menyusuri Alam

Nadine Chandrawinata, Berlenggok di Atas Catwalk Hingga Menyusuri Alam Sumber: Instagram @nadinelist

MATA LELAKI - Apa yang terbersit dalam pikiran anda ketika mendengar nama Nadine Chandrawinata? Seorang model, puteri Indonesia atau traveler pecinta alam? Ya, Puteri Indonesia 2005 ini rupanya menjadi model yang mencintai dan peduli dengan alam. Meskipun dikenal sebagai model dan aktris, Nadine sepertinya enggan meninggalkan kegemarannya untuk menjelajahi alam. Bahkan, Nadine terkesan mengurangi kegiatannya dalam dunia entertainment yang telah membesarkan namanya. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menjelajahi pelosok Indonesia.

Nama Nadine Chandrawinata mulai dikenal sejak ia memenangkan kontes kecantikan Puteri Indonesia 2005. Saat itu, putri pasangan Andy Chandrawinata dan Elfriede Chandrawinata ini menjadi wakil dari DKI Jakarta. Nadine dibesarkan oleh orang tua yang memiliki perbedaan etnis. Ayahnya merupakan keturunan Tionghoa Indonesia sedangkan ibunya adalah perempuan asal Jerman. Nadine juga merupakan kakak kandung dari saudara kembar Marcel Chandrawinata dan Mischa Chandrawinata. Mereka juga merupakan model sekaligus aktris.

#
Instagram @nadinelist

 

Sepak terjang Nadine Chandrawinata tidak luput dari kritik dan kontroversi. Sejak dinobatkan menjadi Puteri Indonesia 2005, Nadine menjadi wakil Indonesia dalam Miss Universe 2006. Kala itu, Nadine dinilai tidak mahir dalam berbahasa Inggris meskipun berbagai persiapan dan latihan sudah dia lakukan.  Dalam gelaran Miss Universe 2006, istri dari Dimas Anggara ini sepertinya melakukan kesalahan dalam menjawab pertanyaan juri. Nadine pun menyadari kemampuan Bahasa Inggrisnya yang minim sehingga dia lebih memilih menggunakan Bahasa Indonesia dan memakai jasa penerjemah. Meskipun tidak menguasai Bahasa Inggris, namun Nadine sangat menguasai Bahasa Jerman.

Pada tahun yang sama, Nadine sempat dilaporkan oleh pihak FPI ke Polda Metro Jaya atas partisipasinya dalam ajang Miss Universe 2006. Menutut kuasa hukum FPI keikutsertaan Nadine dalam Miss Universe telah melanggar surat keputusan Mendikbud RI Nomor 02/U/1984 tentang kontes pemilihan ratu dan sejenisnya. Oleh karena itu, Sugito menilai bahwa Nadine telah melanggar pasal 281 tentang pelanggaran kesusilaan dan pasal 169 tentang perkumpulan untuk maksud kejahatan. Selain Nadine, FPI juga melaporkan beberapa orang yang terlibat yaitu Mooryati Soedibyo, Mega Angkasa, Kusuma Dewi hingga Puteri Indonesia 2004 yaitu Artika Sari Devi.

Tetap Menjadi Model  

Kecintaan perempuan kelahiran 8 Mei 1984 ini terhadap travelling sepertinya telah mendarah daging. Bukan hanya menjelajahi alam di Indonesia, daratan Eropa juga tidak luput dari jiwa petualangnya. Artis yang membintangi film Realita Cinta Rock n Roll ini sangat menikmati travelling sendirian maupun beramai-ramai.

#
Instagram @nadinelist

 

Nadine selalu berusaha menyampaikan pesan-pesan positif untuk menyelamatkan alam dan lautan. Ia percaya bahwa keseimbangan antara manusia dan alam harus tetap terjaga.  

Sekalipun dikenal sebagai penjelajah alam liar dan hutan, Nadine tetap menjadi perempuan yang mempesona. Dia tetaplah salah satu model papan atas Indonesia. Tidak sedikit desainer yang menggunakan jasa Nadine untuk memperagakan busana-busana rancangan mereka. Salah satunya adalah karya Anne Avantie. Ketika berjalan di catwalk, Nadine menjadi model yang profesional dan anggun. Menjelajahi alam liar tidak serta merta membuat Nadine menjadi orang yang tidak terawat dan kotor. Nadine malah membentuk kecantikannya yang terkesan natural dan sehat.

Dinobatkan Sebagai Duta Lingkungan dan Duta Gajah

Kepedulian Nadine rupanya tidak luput dari perhatian Lembaga Konservasi Eks-Situ Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor. Bersama dengan Maia, Nadine didaulat menjadi Duta Gajah Sumatera. Nadine bertugas melakukan kampanye untuk menyelamatkan gajah Sumatera. Presenter acara My Trip My Adventure ini memang telah lama berkecimpung dalam WWF.  Dia sangat mempedulikan kelestarian satwa laut dan daratan.

#
Instagram @nadinelist

 

Perempuan blasteran ini juga menjadi Duta HAM bidang lingkungan 2015 silam. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia sendiri yang memberikan gelar ini kepada Nadine atas kiprahnya terhadap lingkungan hidup.

Tidak hanya itu, kegemaran Nadine dengan aktivitas diving membuat Yayasan Taman Wisata Dunia menobatkannya sebagai Duta Wisata Bahari  2017. Nadine dinilai cocok mempromosikan wisata bahari Indonesia ke dunia.

Leave a Comment