Mitos atau Fakta, Minum Wine Sebelum Minum Bir Bisa Cegah Mabuk

Mitos atau Fakta, Minum Wine Sebelum Minum Bir Bisa Cegah Mabuk Sumber: independent.co.uk

MATA LELAKI - Memang di dunia sekarang ini, sudah banyak muncul mitos yang berhubungan dengan yang namanya minuman beralkohol. Salah satunya, adalah tentang meminum wine yang ternyata bisa mencegah mabuk sebelum lanjut minum bir. Apakah pernyataan tersebut mitos atau fakta? Benarkah ketika minum wine, maka akan mencegah mabuk ketika minum bir? Fakta sebenarnya, ternyata tidak ada bedanya antara mengkonsumsi minuman alkohol, karena kemungkinan anda tetap saja bisa mabuk.

Kalau kita tarik benang merahnya, ternyata kalimat dan ungkapan tersebut berasal dari pepatah kuno di Inggris. Nyatanya pepatah tersebut ternyata sangat dipercaya oleh orang Inggris, bahkan sampai ke luar inggris di berbagai masyarakat Eropa lainnya. Kalau kita bicara dan bahas hal itu dari sisi ilmiah, beberapa ilmuwan dari Jerman dan Inggris juga sudah menetapkan bahwa urutan untuk mengkonsumsi alkohol tidaklah begitu penting. Jadi baik itu wine atau bir, tentu saja urutan minumnya bukanlah suatu ukuran yang bisa membuat kita mabuk atau tidak.

#
Sumber: Male Indonesia

 

Bahkan, Universitas Wilten dan juga Universitas Cambridge yang ada di Inggris, sudah mempelajari 90 sukarelawan yang telah dibagi menjadi tiga kelompok. Mulai dari kelompok pertama, mereka mengkonsumsi dua setengah liter bir, lalu juga diikuti oleh empat gelas besar wine putih. Lalu berikutnya untuk kelompok kedua minum dengan jumlah yang sama, tapi dengan jumlah dan urutan yang terbalik. Kelompok ketiga, hanya minum bir atau wine saja, dan akhirnya nanti para peserta akan disuruh mencatat pada skala 0 - 10, di angka berapa mereka mabuk.

Hasilnya, seperti yang sudah ditulis dan bisa ditebak, para peserta tetap mabuk, baik hanya yang minum wine dulu baru bir, ataupun sebaliknya yang minum bir dulu baru wine. Para peneliti juga menemukan, tidak ada satupun dari ketiga kelompok yang mempunyai skor mabuk yang berbeda secara signifikan. Artinya, para peserta tes dan uji coba ini, tetap mabuk ketika lebih dahulu meminum wine dan juga tetap mabuk ketika lebih dahulu meminum bir.

Intinya, terlepas dari urutannya, minuman beralkohol tetaplah minuman yang bisa memabukkan siapa saja. Jadi, jangan percaya lagi dengan mitos yang mengatakan bahwa minum wine sebelum bir bisa cegah mabuk.

Leave a Comment