Menikmati Witbier Belgia yang Segar dalam Reinkarnasi Scattered Sun

Menikmati Witbier Belgia yang Segar dalam Reinkarnasi Scattered Sun Sumber: beergembira.com

MATA LELAKI - Selain Jerman, negara Belgia juga sangat terkenal akan kelezatan birnya. Belgia, merupakan salah satu surga untuk para pecinta bir. Jika Octoberfest tiba, maka Belgia merupakan salah satu negara yang wajib didatangi para pecinta bir di seluruh dunia. Saat ini saja, sudah terdapat 180 pabrik bir di negara Belgia degan berbagai variasi. Mulai dari variasi bir lager, pucat, amber, bir lambic sampai scout yang berwarna hitam. Salah satu bir yang populer adalah bir Witbier.

Style Witbier yang pernah menjadi primadona pada zamannya, kini bagai hilang ditelan bumi dan hampir punah karena kehadiran Pilsner. Tapi pada tahun 1966, Pierre Celis membawa kembali Style Witbier dalam Hoegaardennya. Kepopuleran bir di Belgia khususnya Witbier ini menginspirasi salah satu pembuat bir di Southbound Brewing Company, Smith Mathews untuk menciptakan Scattered Sun, yang merupakan bir inovasi yang menyegarkan. Matthews sendiri, telah beberapa kali melakukan perjalanan ke Belgia. Ia mengaku, ketagihan dengan kelezatan craft beer di Belgia. Hingga akhirnya ia memutuskan Style Witbier dijadikan salah satu bir andalan dari Southbound.

#
Sumber : Beergembira

 

Scattered Sun sendiri, merupakan bir kedua yang dibuat dari tempat pembuatan bir di Amerika Serikat. Bir ini menawarkan Witbier yang begitu seimbang, dan seringkali dianggap sebagai bir impor dari Belgia. Namun, Scattered Sun sendiri tentunya berbeda dari Witbier di Belgia.

Witbier Belgia biasanya dibuat dengan ketumbar dan kulit jeruk, sedangkan untuk bir punya Matthews memanfaatkan sebanyak 10 pon biji ketumbar dalam setuap batch yang dipecah melalui pabrik pembuatan bir. Lalu ada juga kulit jeruk dan juga ketumbar yang ditambahkan bersamaan selama mendidih. Matthews sendiri, mengatakan bahwa Scattered Sun merupakan minuman gandum yang menyegarkan dan sangat cocok dinikmati saat musim panas. Aroma jeruk yang khas dan indah akan langsung tercium saat pertama kali membuka bir ini.

#
Sumber: Beergembira

 

Penasaran dengan rasa dari bir yang satu ini?

Leave a Comment