Mengenang Tempat Hiburan Malam di Jakarta Era 1960-an

Mengenang Tempat Hiburan Malam di Jakarta Era 1960-an Sumber: kompas.com

MATA LELAKI - Saat ini di Jakarta, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai tempat hiburan malam seperti club malam, bar, pub sampai tempat karaoke. Selain itu, tempat hiburan malam modern, juga dilengkapi dengan desain interior yang bagus dan bisa banyak menarik perhatian pengunjung. Sebut saja club malam seperti Fable, Dragonfly sampai Colosseum yang punya desain interior yang begitu menawan dan selalu ramai. Namun tidak seperti sekarang, pada era 60-an, tempat-tempat hiburan malam biasanya hanya tersedia di dalam hotel.

Hal ini diakui oleh pengelola Jaya Pub, sekaligus putra pasangan artis senior Rima Melati dan Frans Tumbuan, Ardianto Airlangga. Ia mengatakan sampai masuk tahun 70-an tak banyak tempat hiburan malam yang dibangun di luar hotel. Sebut saja, ada diskotek Musro yang berada di dalam Hotel Borobudur dekat Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, sampai Nirwana Supperclub yang berlokasi di lantai puncak Hotel Indonesia.

#
Sumber : Kompas

 

Barulah ketika Jaya Pub dibangun, saat itu pub-pub, restoran sampai bar mulai hadir di luar hotel. Jika biasanya hanya di dalam hotel, pada tahun 70-an sampai 80-an ke atas, mulai banyak club malam yang berdiri di pinggir jalan atau di pusat keramaian. Misalnya saja Diskotek Tanah Abang Timur (Tanamur), merupakan salah satu tempat hiburan malam yang pertama kali membuka usahanya di luar hotel. Tanamur sendiri, didirikan pada tanggal 12 November 1970, oleh seorang pengusaha muda keturunan Arab sekaligus mantan suami Ratna Sarumpaet, Ahmad Fahmy Alhady.

Namun kini Tanamur hanya tinggal kenangan, karena sudah tidak beroperasi lagi pada tahun 2005. Lalu juga ada mini disco yang zaman dulu juga ada beberapa di luar. Setelah Jaya Pub berdiri, muncullah beragam tempat hiburan malam lainnya, di antaranya Green Pub yang dulu berada di bawah Gedung Djakarta Theater. Tapi sama seperti Tanamur, nasib Green Pub sekaran juga sudah gulung tikar. Otomatis, hanya Jaya Pub-lah yang masih beroperasi untuk Pub yang berdiri dari tahun 1970-an. Jaya Pub masih menampilkan suasana dan penampilan live music yang menggambarkan era 70-an.

#
Sumber : AIrbnb

 

Menurut anda, anda lebih suka dengan pub atau bar zaman dulu, yang hanya ada di hotel, atau bar yang sudah modern seperti sekarang ini, yang dibangun di luar hotel?

Leave a Comment