Memahami Wanita Introvert dan Extrovert

Memahami Wanita Introvert dan Extrovert Sumber: Instagram @carollynedewi

MATA LELAKI - Secara mendasar ada dua tipe kepribadian yang dimiliki wanita-wanita di sekeliling kita. Masing-masing tipe kepribadian tersebut tentu memiliki pesonanya masing-masing. Demikian juga dari sisi pergaulan dan kecenderungan minat, tentu keduanya memiliki hal yang berbeda. Keadaan ini membuat para lelaki harus memahami pendekatan yang tepat, untuk mendekati mereka dalam upaya menaklukan hatinya. Dan berikut ini, kita akan mencoba memahami diri mereka secara singkat.

Wanita Introvert Dan Extrovert
Sumber : Instagram @dindamaulinaaa

 

Kepribadian

Wanita introvert memiliki kecenderungan untuk menutup diri terhadap lingkup sosial. Mereka lebih suka menyendiri, ketimbang aktif dalam lingkup sosialnya. Wanita introvert memiliki tingkatan interaksi yang sangat minimalis. Sebaliknya, wanita extrovert memiliki kecenderungan untuk aktif dalam lingkup sosial, mereka bergaul secara lepas kendati ada batasan yang mereka terapkan. Sedikit lebih mendalam, para wanita introvert adalah sosok wanita yang sangat pandai menganalisis setiap orang di sekitarnya dari sisi psikologi. Mereka mampu memahami orang lain dengan sangat baik dan sangat jarang salah menilai orang. Keadaan ini menjadi salah satu faktor utama, mengapa para wanita introvert memiliki teman yang sedikit atau itu-itu saja. Berbeda dengan wanita ekstrovert, yang bergaul secara lepas dan cenderung terbuka terhadap lingkup sosial. Wanita ekstrovert biasanya akan mengenai atau memahami orang dari kesan pertama, ketika mereka berjumpa dengan orang tersebut. Selama orang yang berada di sekelilingnya memiliki kesan baik atau “orangnya asyik”, maka wanita ekstrovert akan langsung memberikan penilaian positif terhadap mereka. Inilah faktor yang membuat para wanita ekstrovert seringkali merasa kecewa ketika ada orang di sekelilingnya yang pada akhirnya berbeda dari penilaiannya. Yakni, orang-orang yang memiliki kemampuan manipulative, yang biasanya memiliki maksud dan tujuan tertentu dari pergaulannya di lingkup sosial tersebut.

Wanita Introvert Dan Extrovert
Sumber : Instagram @dindamaulinaaa

 

Asmara

Tipe wanita introvert adalah tipe wanita yang sangat sulit untuk ditaklukkan, sebab memang mereka cenderung tertutup. Tentunya laki-laki yang berusaha untuk mendekat kepadanya, memiliki kecenderungan untuk mengalami penolakan secara mentah-mentah, apalagi lewat pendekatan yang salah. Akan tetapi, ketika wanita introvert sudah jatuh hati atau merasa sayang pada seorang pria dalam hidupnya, mereka tidak akan pernah melepasnya ataupun beralih ke lain hati. Sebab secara otomatis, wanita introvert akan cenderung semakin menutup diri kepada pria lain, ketika dirinya sudah memiliki sosok pria yang “spesial” dalam hidup mereka. Intinya, wanita introvert sangat sulit untuk didekati, namun ketika predikat “orang asing” yang ada di benak mereka terhadap pria yang datang mendekat sudah hilang, maka wanita introvert akan sangat mudah ditaklukkan. Wanita introvert adalah tipe wanita yang sangat setia. Wanita introvert juga akan lebih memilih untuk mencoba mempertahankan hubungannya, kendati ia mendapatkan fakta bahwa kekasihnya bermain hati.

Sedangkan tipe wanita ekstrovert, berada pada sisi yang bertolak belakang. Wanita ekstrovert akan cenderung sangat mudah untuk didekati dan diajak berinteraksi secara langsung. Sebab, memang mereka memiliki kecenderungan “open” kepada orang lain, termasuk juga kaum pria. Namun, menaklukkan hati wanita ekstrovert tidak akan mudah, kendati sudah kenal sejak lama, atau memiliki ikatan interaksi yang mendalam. Pasalnya, ada banyak pria atau lawan jenis yang mereka kenal dalam lingkup mereka, akibat pergaulan yang sangat luas yang mereka miliki. Hal ini akan membuat dirinya menilai para pria dalam lingkup sosial mereka secara merata, atau dalam kata lain tidak ada yang “spesial”. Untuk mendapatkan hati seorang wanita ekstrovert, membutuhkan pengorbanan yang sangat besar. Dengan pengorbanan inilah, mereka akan menilai pria tersebut lebih “spesial”. Ekstrovert akan menjadi pribadi yang sangat setia ketika sosok pria yang menjadi kekasihnya selalu memberikan dukungan dan sangat menghargainya, serta memberikan perhatian secara tepat. Wanita ekstrovert sangat membenci sosok pria yang gampang merasa cemburu terhadap laki-laki yang berada di sekeliling mereka, karena hal ini akan dinilai sebagai sesuatu yang berlebihan. Jika ada suatu masalah terjadi dalam hal percintaan, wanita ekstrovert akan lebih memilih untuk berpaling daripada mempertahankan hubungan tersebut.

Wanita Introvert Dan Extrovert
Sumber : Instagram @chefitacarollina

 

Cara Berinteraksi Dengan Mereka

Cara memulai interaksi yang tepat dengan seorang wanita introvert, adalah dengan menggunakan komunikasi sederhana, yang sifatnya formal. Contohnya seperti menanyakan masalah pelajaran di kampus, ataupun pekerjaan di kantor. Mengkomunikasikan topik pembicaraan yang memaksa mereka untuk memberikan jawab secara tidak langsung dan tidak memberikan kesan apapun di awal. Bentuk interaksi lanjutan juga masih melalui komunikasi, baik secara langsung ataupun menggunakan media sosial, dimana dalam fase ini topik pembicaraan mengarah pada kesamaan hobi atau minat atau ketertarikan. Interaksi awal ini akan menghilangkan predikat “orang asing” yang ada dalam benak mereka, terhadap si pria yang mendekatinya. Setelah predikat tersebut hilang, barulah mereka akan mudah untuk berinteraksi lebih dekat lain, seperti diajak hang out. Ingat, dekatilah wanita introvert secara perlahan dan jangan terlalu cepat merasa dekat dengannya.

Tipe wanita ekstrovert lebih menyukai bentuk interaksi secara langsung, dalam konteks untuk mendekatinya. Bentuk interaksinya adalah dengan berkomunikasi atau berbincang secara langsung, dalam lingkup pergaulan mereka dengan menghilangkan semua rasa canggung yang ada. Tunjukanlah rasa nyaman dalam berbincang dengan mereka, dan pembicaraan dapat dimulai dari topik yang ringan seputar aktivitas sehari-hari ataupun kesamaan minat atau ketertarikan. Semakin sering anda berinteraksi secara langsung atau bahkan hang out bareng, maka akan semakin bagus dan hal ini akan membuat mereka nyaman untuk didekati. Wanita ekstrovert akan sangat menyukai sosok pria yang sangat “nyambung” ketika diajak berbincang, serta memiliki wawasan yang luas dan mampu memotivasi atau mengayomi.

Bagaimana menurut anda? Pilih wanita introvert, atau ekstrovert?

Leave a Comment