Saturday Jan 29, 2022 17:12

Melepaskan Diri dari Jerat Hubungan FWB yang Rumit

Melepaskan Diri dari Jerat Hubungan FWB yang Rumit

MATA LELAKI - Masih menyambung topik bahasan mengenai FWB, dalam artikel yang satu ini kita akan membicarakan soal melepaskan diri dari jerat FWB (friends with benefits) yang sifatnya sangat complicated. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, FWB hanyalah hubungan yang didasari rasa ingin untuk mendapatkan kesenangan dalam rangka hubungan pertemanan, dimana didalamnya terdapat seks sebagai ‘gula’ dari pertemanan tersebut.

Hubungan pertemanan ini memang terlihat atau terdengar sangat umum dan biasa saja di era sekarang ini, namun FWB dapat memicu masalah di kemudian hari, berupa jerat pada kondisi yang sangat complicated, sebab keseringan berduaan dalam hubungan FWB dapat memupuk rasa cinta dan perasaan memiliki (baper), sehingga hal ini jelas berdampak pada masalah perasaan dan mempengaruhi pola pikir di kemudian hari.

Untuk itu, bagi anda yang merasa tertarik untuk menjalani FWB, anda harus mampu mengantisipasi kondisi buruk yang dapat ditimbulkan dan berikut ini kita akan mengulas mengenai langkah yang dapat dilakukan untuk melepaskan diri dari jerat hubungan FWB yang sifatnya complicated. Langsung saja kita simak di bawah ini.

Kesepakatan Sejak Awal

Jerat Hubungan FWB
Sumber Gambar : pinrest.com

 

Hal pertama yang harus dilakukan sejak awal adalah membuat kesepakatan. FWB biasanya dilakukan oleh dua orang yang sudah saling mengenal bahkan perkenalanannya tersebut bersifat mendalam, bisa sebagai sahabat ataupun teman yang memang sangat dekat, namun berasal dari lawan jenis.

Bersama dengan si dia, buatlah kesepakatan sejak awal bahkan sebelum anda menjalani FWB, untuk saling mengetahui dan sepakat bahwa FWB hanya dilakukan untuk sekedar mencari kesenangan semata dan tidak ada ekspektasi lebih di atas hubungan FWB tersebut. Kesepakatan ini akan menjadi pagar yang membatasi anda dan si dia untuk memahami bahwa FWB hanya dijalani karena ketertarikan dan kebutuhan akan aktivitas seksual, bukan mengenai perasaan atau hati.

Jangan Sampai Ada yang Mengetahui

Jerat Hubungan FWB
Sumber Gambar : 123rf.com

 

Ketika anda sudah atau sedang memulai FWB bersama si dia, jangan sampai ada orang lain yang mengetahui, bahkan untuk teman dekat sekalipun. FWB menjadi privasi antara anda dan si dia. Demikian juga ketika anda dan teman FWB anda berada dalam satu lingkup interaksi, misalnya nongkrong bareng atau sedang berada di kampus bersama rekan lainnya, jangan perlihatkan gerak-gerik yang menunjukkan bahwa anda sedang memiliki hubungan spesial dengan pasangan FWB anda.

Hal ini harus anda lakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, sebab FWB akan berhenti di kemudian hari dan ada kemungkinan pengkhianatan dari pasangan FWB ataupun rekan lainnya. Jangan sampai kisah cerita FWB yang dijalani, menjadi senjata ampuh untuk merusak hubungan asmara anda dengan pasangan nantinya.

MIliki Batasan

Batasan dalam konteks ini juga termasuk dalam kesepakatan seperti poin di atas, namun lebih mengarah pada waktu serta pola hubungan FWB yang dijalani. Misalnya anda dan si dia sepakat bahwa FWB akan stop bila salah satu dari anda dan si dia, telah menikah atau memiliki pasangan resmi ataupun hal-hal lainnya. Batasan ini akan menjaga anda untuk tetap berada pada zona aman dan kembali kepada kesepakatan yang anda bangun sejak awal, sebelum hubungan FWB ini dijalani.

Keterbukaan dengan FWB

Keterbukaan juga menjadi salah satu kunci yang dapat menghindarkan anda dari situasi yang complicated dalam hubungan FWB. Dalam konteks ini, keterbukaan yang dimaksud mengarah pada kondisi situasional, misalnya anda sedang bosan melakukan seks dengannya ataupun ada suatu hal yang mengganggu perasaan nyaman anda atau bahkan anda harus berterus terang untuk mengatakan dengan jujur ketika anda sedang mendekati wanita lainnya.

Hal-hal seperti ini akan mematahkan ‘perasaan memiliki’ yang perlahan-lahan pasti akan timbul dalam hubungan FWB yang dijalani. Jadi bukan keterbukaan yang mengacu pada pemikiran masa depan, keterbukaan atas dasar perhatian dan sejenisnya, keterbukaan macam ini dilakukan pada hubungan asmara yang memang berdasarkan pada kasih sayang atau hati, bukan pada FWB.

Buang Perasaan Memiliki

Jerat Hubungan FWB
Sumber Gambar : 123rf.com

 

Perasaan memiliki adalah suatu hal yang pasti akan timbul seiring berjalannya FWB. Ketika anda marah atau merasa cemburu ketika si dia berkencan dengan lelaki lain atau bahkan anda mengetahui adanya aktivitas seksual yang dilakukan si dia dengan lelaki lain, maka anda sudah memiliki perasaan memiliki atas diri pasangan FWB anda. Hal ini menjadi suatu kesalahan besar dan harus anda buang jauh-jauh, anda harus tetap mengingat bahwa FWB dilakukan hanya sebatas untuk mencari kesenangan semata.

Demikian juga dari pihak si wanita, jangan sampai dirinya memiliki perasaan memiliki atas diri anda sehingga memungkinkan dirinya merasa cemburu dengan pasangan anda secara resmi dan justru memupuk keinginannya untuk merusak hubungan anda dengan pasangan resmi anda. Kondisi semacam ini akan merusak masa depan serta mengganggu kondisi mentalitas.

Baca SItuasi dengan Akurat

Poin terakhir adalah membaca situasi dengan akurat. Menjalani hubungan FWB artinya secara sadar anda menghadirkan potensi masalah besar yang akan terjadi di kemudian hari. Maka dari itu, lambat laun, pasti ada masanya dimana kondisi yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan atau inginkan, apalagi jika wanita teman FWB anda sudah memiliki ‘rasa’ dengan anda.

Anda harus pandai membaca situasi yang demikian untuk mengindari konflik dan permasalahan yang besar. Tidak hanya membaca kondisi yang disebabkan dari teman FWB saja, tetapi juga pada lingkup sekitar yang sifatnya mengancam ketenangan anda, terutama jika anda dan teman FWB anda sudah memiliki pasangan secara resmi.

You may also like

Leave a comment